5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Swasta dengan Modal Kecil

|

|

|

Peluang Usaha yang Cocok Ditekuni Karyawan Swasta – Bekerja sebagai karyawan swasta tidak selamanya bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Banyak sekali karyawan yang merasakan bahwa gajinya tidak mencukupi, bahkan untuk bertahan sampai akhir bulan. Agar bisa mencukupi kebutuhan dengan layak dan bisa menabung, dibutuhkan sumber penghasilan tambahan.

Money+ merekomendasikan 5 peluang usaha sampingan untuk karyawan swasta yang bisa dijalankan dengan modal kecil:

1. Reseller dan Dropshipper

Ide bisnis pertama yang bisa dijadikan sampingan bagi para karyawan dengan gaji kecil adalah reseller dan dropshipper.

Profesi yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat seiring dengan maraknya aktivitas jual beli online. Banyak sekali toko online yang menawarkan peluang kerja sama sebagai reseller juga dropshipper. 

Tentunya bekerja sebagai reseller dan dropshipper bisa memberikan keuntungan bagi para karyawan. Kamu bisa menjual produk tanpa perlu mengeluarkan modal besar.

Bahkan untuk dropshipper, kamu tak perlu memiliki stok barang. Bisnis ini juga memungkinkan untuk dijalankan sambil tetap kerja kantoran karena dapat dikontrol secara online. 

2. Broker Properti

Peluang usaha karyawan berikutnya yang juga bisa mendatangkan keuntungan adalah bisnis broker properti. Mungkin terdengar begitu berat tapi pada kenyataannya justru jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya perlu menjadi perantara jual beli properti milik orang lain. 

Jenis usaha ini sangat cocok bagi karyawan swasta yang punya bakat lebih di bidang marketing dan penawaran.

Selain itu, karyawan yang mahir menjalin koneksi juga sangat cocok untuk bekerja sebagai broker properti. Meskipun terbilang cukup menantang tapi bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan besar jika proses jual beli mencapai target.

3. Jasa Freelance

Karyawan swasta juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat menawarkan jasa freelance. Zaman sekarang ini tren kerja seorang freelancer cukup baik dan menjanjikan keuntungan yang nilainya lumayan. Apalagi jenis pekerjaan ini sangat fleksibel karena bisa dijalani dari mana saja. 

Ambillah peluang usaha penawaran jasa freelance sesuai kemampuan. Misalnya, kamu terampil dalam membuat desain maka tawarkan jasa desainer grafis freelance.

Bagi kamu yang mahir menulis maka bisa mencoba bekerja freelance sebagai penulis konten. Nilainya mungkin tak seberapa tapi sangat lumayan untuk menambah penghasilan setiap bulan.

Baca Juga: Cara Keluar dari Jebakan Rat Race Cycle Bagi Karyawan

4. Bisnis Kuliner

ide bisnis kuliner kekinian - rice bowl
ide bisnis kuliner kekinian – rice bowl. SUmber Foto: Pinterest

Ide usaha sampingan lainnya yang juga bisa dicoba oleh karyawan swasta adalah berjualan produk kuliner. Zaman sekarang ini teknologi sudah semakin canggih.

Bisnis kuliner semakin mudah dijalankan tanpa harus menjajakan produk secara langsung. Kamu bisa menawarkan produk kuliner yang dijual lewat media sosial. Manfaatkan juga koneksi dengan teman kantor untuk memasarkan makanan yang Teman Marta buat.

Bisnis kuliner saat ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Bagi karyawan yang harus kerja kantoran, maka bisa mencoba bisnis kuliner dalam bentuk produk camilan atau makanan ringan.

Pilih jenis produk makanan yang praktis dibuat dan bisa dicicil untuk diolah di luar jam kantor. Jika manajemen waktunya tepat pasti bisa mendapat banyak untung dari bisnis sampingan ini.

5. Jual Pulsa

Membuka jasa jual beli pulsa juga bisa jadi ide usaha sampingan karyawan sibuk yang tidak punya banyak waktu. Usaha ini bisa dijalankan kapan saja bahkan saat bekerja di kantor.

Kamu bisa melayani pembelian pulsa hanya dengan bermodalkan perangkat handphone. Sangat praktis tapi juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Itulah tadi 5 jenis peluang usaha yang cocok dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi karyawan swasta.

Pastikan kamu mengalokasikan sebagian pendapatan untuk menabung dan berinvestasi. Bergabunglah dengan Amartha agar bisa mendapatkan bagi hasil investasi yang memuaskan, yaitu hingga 15% flat per tahun. Daftar sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.