5 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan di Tahun 2021

|

|

|

Teknologi digital semakin menjamur dan dan digunakan banyak orang saat ini. Selain lebih praktis, teknologi digital juga bisa memberikan banyak kemudahan di dalam kehidupan. Tidak heran, permintaan layanan di bidang teknologi digital semakin meningkat.

Apalagi, sepanjang tahun 2020 ini, pandemi Covid-19 atau Corona membuat pola berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, ataupun berbelanja menjadi berubah. Aktivitas online pun meningkat seiring pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dilakukan pemerintah pada sejumlah daerah di Indonesia.

5 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan di Tahun 2021

Karena itu, merintis bisnis digital menjadi peluang yang potensial untuk dilakukan di tahun 2021. Lantas, apa saja ya bisnis digital yang cocok dilakoni di tahun 2021? Berikut pembahasannya!

1. Toko Online

Membangun toko online dapat dilakukan dengan membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online. Karena potensi bisnis e-commerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik yang dapat dilakoni di tahun 2021.

2. Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan kamu menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, cukup mengandalkan kemampuan menjual yang kamu miliki. Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller.

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis afiliasi, tugas kamu adalah menjadi seorang marketing yang menawarkan suatu produk. Sedangkan di bisnis dropship, kamu benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang kamu terima dari pembeli dengan jumlah uang yang dibayarkan kepada produsen barang. Satu hal yang paling unik dari bisnis dropship adalah tetap produsen yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen.  

3. Menulis Konten Digital

Kamu punya keahlian menulis? Dengan keahlian tersebut, kamu bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini. Banyak sekali website yang bersedia membayar kamu untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Untuk level global dengan menggunakan bahasa Inggris, salah satu pilihannya adalah Writers Weekly.

Selain itu, jika kamu juga telah memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak. Kamu juga bisa menawarkan layanan jasa di blog tersebut. Semakin menarik blog milikmu semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

Hobi Menulis Blog? Monetize Dengan Cara Ini!

4. Konsultan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Bagi sebuah website, terutama yang bertujuan bisnis, peran SEO sangatlah penting. Alasan pertama, hampir setiap orang mengandalkan mesin pencari sebelum membeli sebuah produk. Selain itu, SEO juga efektif untuk mendatangkan pengunjung website tanpa mengeluarkan biaya, yaitu dari organic traffic.

Jika menguasai teknik SEO yang baik, kamu bisa menawarkan layanan sebagai konsultan SEO untuk membantu website klien merajai mesin pencari. Walaupun konsultan SEO di Indonesia sudah cukup banyak, peluang bisnisnya hingga saat ini masih terbuka lebar.

5. Membuka Layanan Pembuatan Website

Jika kamu adalah seorang developer, kemampuan membuat website yang menarik dapat dijadikan peluang bisnis digital yang potensial. Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu.

Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer. Selain potensial, bisnis ini memungkinkan kamu bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang disukai.

Nah supaya lebih aman dalam merintis bisnis digital, ada baiknya jika kamu berinvestasi untuk menyiapkan dana darurat. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...