Home Lifestyle 5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Mulan

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Mulan

|

|

|

Anak generasi 90-an pasti tidak asing lagi dengan film Mulan, bahkan film Disney satu ini telah diangkat ke layar lebar secara online pada awal September lalu. Hal itu tentunya dapat menjadi kabar menggembirakan jika Anda salah satu penggemar film-film garapan Disney.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Mulan

Film Mulan mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Hua Mulan, yang memutuskan untuk ikut wajib militer di zaman kekaisaran Cina. Kemudian ia menyamar menjadi seorang laki-laki dan mengikuti berbagai latihan tempur. Latihan tersebut bertujuan untuk melawan bangsa Rouran.

Meskipun mengusung genre action, film Mulan ternyata mempunyai makna tersirat yang dapat dijadikan pelajaran di kehidupan sehari-hari. Adapun pelajaran tersebut di antaranya sebagai berikut:

Kasih Sayang Tidak Terbatas Untuk Keluarga

Makna yang sangat menonjol pada film yaitu tentang kasih sayang untuk keluarga yang tidak ada batasnya. Hal itu dibuktikan dengan pengorbanan ayah Mulan pergi menuntaskan kewajiban wajib militernya meskipun sedang sakit, demi melindungi keluarganya.

Selain menunjukkan tentang pengorbanan orang tua dan kasih sayang, Mulan juga berperan sebagai karakter kasih sayang seorang anak tidak kalah besar untuk keluarga. Mulan pun berupaya menyamar menjadi seorang pria untuk menggantikan ayahnya terjun ke medan perang.

Pentingnya Mempunyai Sikap Dapat Menghargai Orang Lain

Menjadi seorang prajurit perang ternyata membawa Mulan bertemu banyak orang. Tidak jarang juga ada yang memandang rendah kemampuan Mulan dan membencinya. Namun sikap jahat tersebut tidak pernah dibalas oleh Mulan.

Mulan tetap menghargai orang-orang di sekitar dan bersikap baik. Hal itu dilakukannya karena paham akan peran penting orang sekitar di dalam hidupnya. Selain itu Mulan juga merasa bahwa keberadaan orang lain patut dihargai.

Sikap Gigih dan Tekad yang Bulat Untuk Bisa Meraih Suatu Hal

Mulan sempat hampir menyerah karena merasa kewalahan dan tidak sanggup menjalani rutinitas barunya di dalam dunia wajib militer. Bukan Mulan namanya jika langsung menyerah begitu saja, sikap gigih serta tekad kuat untuk melindungi ayah, sehingga memutuskan melanjutkan perjuangan.

Keputusan tersebut pun telah membawa Mulan mencapai keberhasilan karena selalu berusaha menjadi lebih baik. Akhirnya mulan dapat mengalahkan musuh, dan dinobatkan sebagai salah satu prajurit kategori terbaik.

Mengajarkan Tentang Kesetaraan Gender

Film Mulan mengajarkan bahwa sebenarnya setiap orang berhak untuk melakukan suatu hal sesuai keinginan, tanpa memandang batasan gender. #SaatnyaPerempuan membuktikan bisa menjadi seorang ksatria tangguh melindungi orang-orang sekitar. Hal itu pun telah dibuktikan oleh Mulan.

Tidak Ada Salahnya Jika Anda Ingin Untuk Mengikuti Kata Hati

Keputusan Mulan untuk menyamar menjadi prajurit laki-laki banyak yang menentang. Namun ia tetap bersikeras untuk tetap melakukannya demi kebaikan keluarga. Hal itu menunjukkan bahwa tidak ada salahnya mengikuti kata hati, selagi orang lain tidak dirugikan. Anda pun berhak menentukan jalan.

Beberapa hal di atas dapat Anda contoh dan ajarkan ke adik atau bahkan anak setelah selesai menonton film Mulan. Sikap gigih, keberanian, dan tekad kuat yang dimiliki Mulan dapat ditiru serta diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...