5 Pahlawan Emansipasi Wanita yang Menginspirasi

0
55
Ilustrasi tokoh pahlawan emansipasi wanita. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi tokoh pahlawan emansipasi wanita. sumber: www.istockphoto.com

Dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, tidak hanya pahlawan pria yang berjuang. Tetapi ada juga pahlawan-pahlawan wanita yang turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. 

Pahlawan emansipasi wanita ini juga menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang hingga kini. Melalui artikel berikut akan disajikan tokoh-tokoh pahlawan wanita yang menginspirasi tersebut.

Apa Itu Emansipasi Wanita?

Sebelum membahas mengenai pahlawan, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan emansipasi wanita? Jika diartikan secara harfiah, emansipasi wanita adalah kesetaraan hak. 

Suatu bentuk agar kaum wanita mendapatkan persamaan atas hak-hak kaum pria di berbagai bidang kehidupan juga disebut sebagai emansipasi wanita.

Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan emansipasi, selanjutnya kami akan membagikan tokoh emansipasi wanita di Indonesia yang menginspirasi banyak orang atas perjuangannya. Tokoh-tokoh tersebut antara lain sebagai berikut:

R. A. Kartini

Tokoh pertama adalah R. A. Kartini. Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini? R. A. Kartini adalah salah satu pahlawan emansipasi wanita yang populer dengan pepatahnya yakni “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. 

Jasa-jasa beliau dalam menegakkan hak wanita di Indonesia sangatlah menginspirasi. Berkat perjuangan beliau agar para wanita Indonesia mendapatkan hak yang setara, maka setiap tanggal 14 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. 

Raden Dewi Sartika

Tokoh selanjutnya adalah Raden Dewi Sartika. Raden Dewi Sartika dikenal sebagai tokoh yang merintis pendidikan untuk kaum wanita di Indonesia. Beliau mendirikan sebuah sekolah bagi kaum wanita bernama Sekolah Isteri yang berlokasi di Pendopo Kabupaten Bandung. 

Sejak kecil Dewi Sartika sudah tertarik dengan dunia pendidikan. Saat remaja beliau pun mengajarkan baca tulis bagi warga sekitar. Karena usahanya dalam pendidikan untuk kaum wanita di Indonesia, Dewi Sartika akhirnya mendapat penghargaan berupa Pahlawan Nasional dari negara.

Baca Juga: Kenalan dengan Mary Barra! CEO wanita Pertama di Dunia

Cut Nyak Dhien

Pahlawan wanita Indonesia berikutnya adalah Cut Nyak Dhien. Pahlawan yang berasal dari Aceh ini turut andil dalam berperang melawan penjajah Belanda. 

Pada masa perang Aceh, beliau memberanikan diri untuk ikut berperang melawan penjajah bersama dengan para pejuang lain. Sifat pemberani dari Cut Nyak Dhien menjadi bukti bahwa wanita bisa menjadi pemimpin.

Maria Walanda Maramis

Walau nama ini terdengar asing, namun Maria Walanda Maramis adalah salah satu tokoh emansipasi wanita Indonesia. Beliau turut berperan dalam memperjuangkan hak perempuan Indonesia. 

Salah satu keberhasilan beliau dalam memperjuangkan hak perempuan adalah dengan mendirikan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya atau PIKAT pada Juli 1917. 

Organisasi ini memberikan pendidikan pada kaum perempuan mengenai berbagai hal, mulai dari memasak, menjahit, merawat bayi dan lain-lain.

Nyai Siti Walidah Ahmad Dahlan

Terakhir, adakah Nyai Siti Walidah yang merupakan istri dari KH. Ahmad Dahlan. Dalam hidupnya Nyai Siti Walidah memperjuangkan hak-hak perempuan yang terpinggirkan pada masa pemerintahan Belanda.

Istri dari pendiri organisasi Muhammadiyah ini juga termasuk tokoh emansipasi wanita yang menginspirasi. Salah satu bukti perjuangannya adalah dengan mendirikan Kelompok Belajar bernama Aisyiyah yang mengajarkan pendidikan agama Islam bagi perempuan.

Itulah pahlawan emansipasi wanita yang bisa menginspirasi kamu untuk menjadi lebih baik lagi. Dari deretan pahlawan tersebut, manakah tokoh yang paling menginspirasimu? Kamu juga bisa menjadi sosok yang menginspirasi bagi orang lain, lho. 

Cara paling mudah adalah dengan menginspirasi orang lain untuk memulai investasi di Amartha. Dengan berinvestasi di Amartha, kamu juga turut serta mendukung bisnis mikro di pedesaan Indonesia. Modalin mulai Rp100.000 aja, kamu bisa meraih imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk, mulai mendanai di Amartha untuk menjadi inspirasi bagi yang lain.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here