Home Work Smart 🖳 5 Love Language yang Perlu Kamu Terapkan di Kantor

5 Love Language yang Perlu Kamu Terapkan di Kantor

Sering melihat teman kantor murung terus? Atau ia bekerja tidak ditempatnya? Kita mungkin mengira bahwa ia ada masalah di rumah. Namun, bisa jadi ia merasa tidak diapresiasi oleh kita lho. Untuk menjaga kerukunan dalam berinteraksi dan bekerja sama di kantor, diperlukan yang namanya Love Language.

Konsep 5 Love Language dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman yang dituangkan ke dalam buku dengan judul 5 Love Languages. Buku ini sudah terjual lebih dari 12 juta copy dan sudah diterjemahkan lebih dari 50 bahasa. Menariknya, buku tersebut terbit pertama kali pada tahun 1992 namun masih bisa digunakan oleh banyak orang hingga saat ini.

Menurut Dr. Chapman, ada 5 Love Language yang bisa diterapkan dalam menjalin hubungan baik dengan teman kantor, yaitu Words of Affirmation (kata-kata positif), Acts of Service (pelayanan), Receiving Gifts (menerima hadiah), Quality Time (waktu yang berkualitas), dan Physical Touch (sentuhan fisik). 

Lebih lengkapnya bisa kamu baca di bawah ini!

  • Word of Affirmation

Kata-kata positif adalah bentuk love language yang sangat mudah, murah, dan terasa tulus. Contoh kata positif yang bisa kamu katakan kepada rekan kerja seperti

  • Hari ini kamu cantik sekali.
  • Hei, that was a great idea. Congrats!
  • Selamat pagi.
  • Kamu hebat, i’m proud of you!
  • Acts of Service

Acts of service adalah kebalikan dari word of affirmation, maksudnya acts of service lebih menekankan pada prinsip “actions speak louder than words”. Untuk sesama teman kantor, kamu bisa memberikan love language seperti membantunya dengan memilihkan menu makan siang, mengambil atk, hingga mentraktir kopi.

  • Receiving Gifts

Bentuk love language dari receiving gifts yang bisa berarti bagi rekan kerja adalah memberinya hadiah seperti cokelat, membelikan kue ulang tahun bersama tim, hingga hadiah kenang-kenangan saat ia resign.

  • Quality Time

Quality time antar rekan kantor bisa dilakukan hampir setiap hari di kantor lho. Misalnya saja makan siang bersama atau pergi karaoke setelah menyelesaikan sebuah project. Ada juga sesi 1 on 1 yang rutin dilakukan oleh beberapa kantor. Quality time ini penting untuk mengetahui apa yang terjadi kepada rekan kerja dan membantunya agar masalah yang dihadapi tidak mengganggu performa pekerjaannya.

  • Friendly Gesture

Gestur fisik adalah hal yang cukup sulit dipraktikkan di lingkungan kantor. Untuk melakukan gestur fisik perlu memperhatikan culture yang berlaku. Bentuk sederhana dari gestur fisik yang bisa dilakukan adalah jabat tangan, tos atau high five, dan menepuk punggung. Tentu, gestur ini harus konsensual antara dua belah pihak ya. Jika kolega kamu bukan tipe yang nyaman untuk melakukan gestur diatas, baiknya dihindari.

Sama seperti hubungan percintaan, love language di kantor harus berjalan dua arah. Untuk itu, kita memang penting untuk memberikan bahasa cinta kita kepada orang akan tetapi kita juga perlu memahami bahasa cinta dari rekan kerja kita juga. Sehingga perlu diingat bahwa bahasa cinta adalah bukan tentang diri sendiri melainkan tentang rekan kerja kita.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

avatar
Eri Tri Anggini
Sobat Rebahan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...