5 Level Perencanaan Keuangan, Kamu Udah di Level Berapa?

0
303

Perencanaan keuangan bisa diibaratkan membangun suatu rumah yang aman, nyaman, dan kokoh. Kemudian ketika membuatnya, ada beberapa tahap yang perlu dilaksanakan untuk membuat bangunan rumah menjadi nyata. 

Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?

Langkah pertama dalam membangun rumah seperti yang sudah diketahui yaitu konsep atau desain pada rencana keuangan. Perencanaan tersebut sangat penting dilakukan mulai dari awal hingga menjadi rumah siap huni. Adapun 5 level perencanaan keuangan yang harus diketahui yaitu:

  • Punya Penghasilan Tetap

Hal terpenting dan utama di dalam perencanaan keuangan yaitu mempunyai penghasilan tetap untuk setiap bulannya. Hal itu karena apabila tidak ada penghasilan tetap akan menjadi masalah pada financial Anda.

Penghasilan tetap mempunyai peran sangat penting di dalam perencanaan keuangan itu sendiri, bahkan perencanaan keuangan bisa tidak berjalan apabila Anda tidak mempunyainya. Anda membutuhkannya untuk kelangsungan selama sebulan berikutnya termasuk rencana lainnya.

  • Sadar Akan Keuangan Pribadi (Self Aware)

Hal lain yang tidak kalah penting lainnya yaitu kesadaran akan keuangan pribadi. Kesadaran di sini berarti memahami seberapa kapasitas yang dimiliki. Sehingga Anda bisa berhati-hati dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Anda perlu berhati-hati karena jika tidak sadar diri akan keuangan yang dimiliki, bisa saja uangnya dipakai untuk hal-hal di luar kebutuhan. Bahkan yang terparah adalah pengeluaran menjadi lebih besar daripada sebelum-sebelumnya. 

  • Mempunyai Simpanan Berupa Tabungan

Tabungan adalah uang yang disimpan untuk digunakan di masa yang akan datang. Sebaiknya Anda mempunyai simpanan minimal 3–6 kali dari pengeluaran bulanan. Anda pun sebenarnya sangat membutuhkan tabungan sebagai uang cadangan.

Hal itu karena akan menjadi masalah apabila tidak mempunyai simpanan sama sekali. Anda bisa saja memilih cara instan untuk mendapat uang, yaitu meminjamnya melalui rentenir. Namun Anda akan mempunyai beban berat karena bunga yang tinggi. Itulah alasan pentingnya mempunyai simpanan.

  • Memiliki Tujuan

Setelah Anda melalui level atau tahapan mempunyai penghasilan tetap, self aware, dan tabungan maka selanjutnya adalah tujuan. Anda pun perlu merancang keuangan di antaranya untuk:

– Jangka Pendek: biasanya direncanakan untuk fashion, liburan, upgrade gadget, dan sebagainya.
– Jangka Menengah: untuk merencanakan lanjut studi S2, membeli mobil atau motor baru, dll.
– Jangka Panjang: untuk dana pendidikan anak, dana pensiun, serta untuk rumah

Tips Pensiun Muda Ala Raditya Dika

  • Mulai Menabung Untuk Meraih Tujuan

Rencana dan tujuan yang Anda buat perlu direalisasikan dengan cara memulai untuk menabung. Impian Anda bisa menjadi nyata apabila Anda mempunyai dana simpanan, dan hal itu harus diawali. Apabila Anda tidak pernah memulainya, maka tujuan pun tidak akan bisa menjadi kenyataan. Anda bisa mulai dengan berinvestasi di Amartha, perusahaan investasi peer to peer lending di Indonesia yang fokus menghubungkan investor kepada pengusaha mikro di pedesaan.

Kesadaran akan keuangan pribadi juga perlu ditingkatkan di dalam perencanaan keuangan, supaya keuangan menjadi lebih terencana. Pada saat sudah sadar akan hal itu, Anda akan bisa mengukur kemampuan finansial diri sendiri dan tidak akan memaksakan kehendak hanya karena keinginan.

Jadi, sudah di level berapakah perencanaan keuangan Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here