5 Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat di Awal Tahun

0
122
gaya hidup sehat
Photos by POnce Photography (Pixabay)

Kiat Sukses Terapkan Gaya Hidup Sehat

Di awal Tahun 2022 ini, kamu mungkin sudah memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan agar tetap bertahan di masa pandemi. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Tidak hanya berguna bagi kesehatan,  menjaga pola hidup yang teratur dan sehat juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Apa sajakah langkah-langkah menjaga pola hidup yang sehat, berikut ulasannya. 

1. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman 

Langkah awal dalam menerapkan gaya hidup yang sehat adalah dengan cara memperhatikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Mulai dari memilah jenis makanan dan minuman yang bernutrisi hingga menjaga kebersihan dan kesehatan dari semua asupan yang dikonsumsi.  

Contoh gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan agar tetap fit di awal tahun 2022 diantaranya adalah: 

  • Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah segar.
  • Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh (antara 6-8 gelas per hari).
  • Mengolah makanan sendiri. 
  • Mengurangi makanan yang mengandung tepung, minyak, dan gula. 
Baca Juga: 4 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Meal Planning

2. Gaya Hidup Sehat Dengan Rutin Olahraga

Napak tilas ke pola hidup di tahun 2021 lalu, kamu bisa mempelajari apa saja yang perlu dibenahi. Pertama, perhatikan aktivitas rutin apakah bergerak secara aktif ataukah hanya didominasi dengan duduk menghadap komputer atau laptop sepanjang hari. 

Untuk memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat, kiat kedua yang harus dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Menurut penelitian para ahli, total durasi olahraga dalam satu minggu minimal selama 150 menit atau sekitar 20-30 menit per hari.

Tidak perlu mencari jenis olahraga yang terlalu berat saat menerapkan gaya hidup sehat, cukup disesuaikan dengan kondisi tubuh. Sebagai saran, pilihlah olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan tubuh. Misalnya saja berjalan kaki, jogging, bersepeda, renang, atau naik turun tangga di sela-sela kesibukan. 

3. Hindari Kebiasaan Buruk

Berbenah diri agar kesehatan tetap terjaga di tengah pandemi Covid-19 merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari atau bahkan menghentikan segala kebiasaan buruk yang kurang sehat. 

Misalnya, terlalu sering merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Kedua kebiasaan buruk tersebut bisa berakibat pada munculnya berbagai jenis penyakit mulai dari diabetes. liver, hepatitis, PPOK, jantung dan paru-paru, hingga kanker. 

4. Istirahat yang Cukup 

Pola hidup sehat berikutnya agar tubuh tetap fit dan penuh energi adalah dengan beristirahat yang cukup. Rata-rata waktu yang dibutuhkan bagi tubuh untuk beristirahat adalah antara 7 hingga 8 jam setiap hari. Usahakan untuk melakukannya secara rutin dengan cara menerapkan jam istirahat malam hingga membiasakan bangun di jam yang sama.  

Manfaat gaya hidup sehat yang satu ini jika dilakukan secara rutin akan membuat tubuh mengerti kapan saatnya untuk beristirahat dan beraktivitas. Untuk membantu membiasakan tubuh agar istirahat di malam hari, kamu bisa menggunakan cara mandi air hangat, mendengarkan musik, atau membaca buku sesaat sebelum jam tidur tiba. 

5. Kelola Stres

Memiliki gaya hidup sehat adalah suatu keharusan agar sistem imun tidak semakin menurun. Salah satu caranya adalah dengan mengelola stres agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Contohnya, melakukan meditasi atau meluangkan waktu untuk melakukan hobi seperti memancing, menonton film, berkebun, dan lain sebagainya. 

Masa pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir mengharuskan kamu untuk memiliki gaya hidup sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Sedangkan untuk menjaga keuangan tetap stabil, kamu bisa mulai investasi di P2P Lending Amartha yang menawarkan profit mencapai 15% flat per tahun. Dengan cara ini, keuangan di masa depan pun akan menjadi lebih terjamin. Yuk, kelola keuanganmu sebaik mungkin dengan investasi di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here