5 Langkah Mudah Cara Menabung untuk Modal Usaha

    0
    51
    Ilustrasi modal usaha untuk bisnis. sumber: www.istockphoto.com
    Ilustrasi modal usaha untuk bisnis. sumber: www.istockphoto.com

    Salah satu langkah untuk memulai usaha sendiri adalah memiliki modal usaha. Untuk memperoleh modal tersebut, kamu bisa menabung secara perlahan. Sebenarnya cara menabung untuk modal usaha tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. 

    Hal yang harus dipahami adalah kegigihan tidak menghianati hasil, sehingga kamu tidak boleh menyerah. Planning serta analisis lapangan juga menjadi hal yang harus kamu miliki karena kamu pasti tidak ingin bukan jika modal yang dikeluarkan hilang begitu saja tanpa sisa. 

    Cara Menabung Untuk Modal Usaha

    Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menabung modal usaha, yaitu:

    1. Tentukan Terlebih Dahulu Dana yang Diperlukan

    Kamu harus menentukan apa peluang usaha yang ingin digeluti. Kemudian menentukan barang dan mesinnya. Dari seluruh barang produksi serta peralatan yang diperlukan, kamu harus memiliki list, sebenarnya berapa jumlah modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut.

    Sesudah kamu mengetahui jumlah pasti nominalnya, kamu bisa menabung dengan perlahan dan jangan buru-buru. 

    2. Selalu Gunakan Uang Tunai

    Hindari mudah tergiur dengan promo atau diskon yang kamu temui. Bila sedang tidak mempunyai uang tunai, hindari memaksa membeli, contohnya menggunakan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit sama artinya dengan berhutang. 

    Sedangkan, sekarang ini kamu sedang mengumpulkan dana untuk modal usaha. Kunci utama cara menabung untuk buka usaha adalah mengendalikan diri. Bahkan, bila kamu memiliki uang tunai untuk membeli produk, kamu bisa memikirkannya ulang. Apakah produk tersebut memang memberi manfaat untukmu. 

    3. Atur Pengeluaran Bulananmu

    Kamu memerlukan alokasi anggaran yang jelas, sehingga tulis apa saja yang harus kamu bayar perbulan, mulai dari pengeluaran rutin, seperti uang makan, transportasi dan lainnya. Kemudian untuk pengeluaran yang tidak begitu penting seperti langganan TV dan membeli baju dapat dipecah menjadi mingguan. 

    Kamu bisa mengambil uang di ATM dengan jumlah seperti pengeluaran mingguan. Sehingga kamu hanya seminggu sekali mengambil uang di ATM. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kebablasan menggunakannya. Cara pengumpulan modal ini harus kamu lakukan dengan disiplin ya. 

    4. Fokus untuk Memenuhi Kebutuhan

    Cara menabung untuk modal usaha yang lainnya adalah fokus pada kebutuhan. Di bulan berikutnya, kamu bisa melihat seperti apa alokasi budget yang kamu buat  di bulan sebelumnya. 

    Kemudian bandingkan lagi dengan kondisi keuanganmu sebenar-benarnya. Apakah alokasi tersebut meleset, atau dapat menghemat banyak pengeluaran. 

    Dari sini, kamu bisa melakukan penyesuaian untuk menyusun anggaran di bulan berikutnya. Lakukan analisis pada anggaran yang kamu miliki. Jika terdapat pengeluaran yang tidak begitu penting, kamu bisa memotongnya. 

    Contohnya saja, setiap hari kamu selalu membeli kopi, kamu dapat menghemat pengeluaran dan membawa kopi sendiri dari rumah. 

    5. Cari Sampingan

    Ketika harus menabung untuk modal usaha, sebisa mungkin kamu juga harus melihat peluang. Kumpulkan barang yang tidak digunakan serta masih mempunyai nilai ekonomi. Kemudian kamu bisa mengadakan garage sale serta menjual barang di situs jual beli yang terpercaya. 

    Dari sini, kamu bisa mendapatkan rupiah. Selain itu kamu juga dapat melakukan pekerjaan kecil di akhir pekan atau saat pulang kerja. Sehingga dana untuk membuka usaha bisa lebih cepat terkumpul. Cara menabung untuk modal usaha ternyata mudah, bukan? Sebenarnya, selain membuka usaha sendiri, kamu juga bisa medukung bisnis UMKM untuk mengembangkan usahanya.

    Kamu dapat menjadi lender melalui microfinance marketplace Amartha. Di sini, kamu akan mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahun cuma dengan modalin mulai dari 100 ribu aja. Tunggu apalagi? Yuk, gabung di Amartha sekarang!

    Download aplikasi Amartha di Android

    Download aplikasi Amartha di iOS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here