Home Lifestyle ⛾ 5 Langkah Efektif untuk Tunda Pengeluaran Sekunder

5 Langkah Efektif untuk Tunda Pengeluaran Sekunder

|

|

|

Bingung dengan tabungan yang terus menerus habis karena tergoda dengan diskon yang bertebaran di mall, toko, e-commerce dan pusat perbelanjaan lainnya.  Sebentar lagi juga ada diskon di akhir tahun, loh. Tentunya, kita harus tetap menjaga kesehatan keuangan agar tak habis percuma.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan keuangan? Nah, salah satunya dengan menjaga kebutuhan sekunder. Ada baiknya kamu membuat budget untuk kebutuhan sekunder. Ini karena, kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Selain itu, kebutuhan sekunder ini bisa menjadi hal yang mendukung atau sebaliknya. Karena itu, siapkan budget terlebih dahulu sebelum membeli barang yang anda inginkan. Apalagi, kalau belum disiapkan budgetya, lebih baik ditahan terlebih dahulu.

Tentukan Jangka Waktu Penundaan

Tentukan jangka waktu penundaan untuk barang yang sedang anda incar. Misalnya, kamu meninginkan sesuatu barang yang sudah lama diincar. Nah, untuk mengumpulkan dananya bisa memulai mengalokasi dana di bulan ini. Jadi, anda tidak mengambil dana yang telah dianggarkan untuk kebutuhan lain.

Tentukan Kebutuhan Mendesak

Ya, meskipun sifat kebutuhan sekunder untuk melengkapi bukan berarti tidak penting.  Hal yang paling penting  adalah kamu harus mempunyai prioritas dalam membeli sesuatu barang tertentu. Apakah barang itu merupakan keperluan mendesak? Jika tidak, lebih baik kamu tidak membeli barang tersebut. Misalnya, salah satu perusahaan ponsel pintar favorit kamu mengeluarkan ponsel terbaru dengan mengeluarkan fitur-fitur canggih. Padahal, kamu baru membeli ponsel tahun lalu. Kondisi ponsel pun masih bagus serta masih terbilang canggih. Nah, lebih baik kamu tahan dulu deh.

Tahan Godaan

Nah, kamu juga harus menahan godaan-godaan flash sale, diskon atau barang-barang baru. Jangan sampai kamu tergoda. Mungkin kamu bisa mencoba gaya hidup minimalis yang dipopulerkan Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Kamu bisa membaca bukunya yang berjudul “The Minimalist” atau menonton film dokumenter berjudul “Minimalism: A Documentary About the Important Things”.

Photo by kevin laminto on Unsplash

Fokus Pada Daftar Belanja

Penting untuk membuat daftar belanja setiap bulan. Biar pengeluaran tidak membengkak. Mulailah cerdas dalam mengatur keuangan dengan membuat daftar belanja. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengatur keuangan.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Siapa di sini suka kaget setiap “Billing Statement” Kartu Kredit keluar?  Ayo mulai cermat, gunakan Kartu Kredit untuk hal-hal yang bersifat mendesak saja. Jangan menggunakan kartu kredit saat budget sudah menipis. Bijaklah menggunakan kartu kredit.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...