5 Kota Terbaik Untuk Menikmati Masa Pensiun di Indonesia

|

|

|

Menikmati masa pensiun di suatu tempat atau kota terbaik di Indonesia menjadi impian banyak orang.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut perlu disiapkan dari jauh-jauh hari, bahkan tahun, bukan?

Jangan sampai di masa pensiun nanti kamu masih perlu bekerja keras atau bahkan merepotkan anak hingga cucu. Hal ini tentunya akan menimbulkan sandwich generation yang berkepanjangan.

Untuk menikmati masa pensiun dengan nyaman diperlukan banyak persiapan, mulai dari keuangan, kesehatan, hingga memilih kota untuk tempat tinggal.

Apalagi kamu yang tinggal di suatu kota yang padat dan bising, pastinya ada keinginan untuk menikmati masa pensiun di kota yang tenang dan asri.

Money+ merekomendasikan 5 kota terbaik di Indonesia untuk menikmati masa pensiun. Baca pilihannya di bawah ini!

5 Kota Terbaik Untuk Menikmati Pensiun di Indonesia

1. Ubud, Bali

Pemandangan asri dari perbukitan dan atau pantai bisa kamu dapatkan bila memilih Ubud sebagai destinasi menikmati masa pensiun.

Ubud pernah dinobatkan sebagai kota yang bisa menyembuhkan, lho. Kota ini sangat cocok untuk kamu yang tengah mencari ketenangan akibat stress dari berbagai persoalan hidup.

Penduduk setempat juga terkenal ramah dan masih memegang kuat tradisi mereka.

2. Padang, Sumatera Barat

Bergeser ke ujung barat Indonesia, kamu bisa memilih Padang yang terletak di provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu kota untuk menikmati masa pensiun.

Kota yang tanahnya tumbuh subur beragam jenis bumbu dapur ini, memiliki banyak masakan otentik yang cocok di lidah orang Indonesia darimana pun asal usulnya. Kondisi ini sangat cocok untuk kamu yang hobi kulineran.

Ada banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi juga. Gak perlu khawatir karena akses menuju tempat wisata terus diperbaiki oleh pemerintah setempat.

3. Sukabumi, Jawa Barat

Meskipun berada tidak jauh dari ibu kota, Sukabumi merupakan kota terbaik yang cocok untuk menikmati masa oensiun karena pertumbuhan penduduknya yang cenderung lambat.

Sama seperti kota lainnya, Sukabumi menaearkan pemandangan berupa perbukitan, pegunungan, hingga pantai yang menyejukkan mata. Udara di Sukabumi juga lebih sejuk dibandingkan kota sebelah, Bogor.

Baca Juga: The 4% Rule: Formula Siapkan Dana Pensiun

4. Bandung, Jawa Barat

Pernahkah kamu mendengar ungkapan, Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum ?

Ungkapan M A.W Brouwer itu mungkin ada benarnya. Bandung menyediakan banyak fasilitas untuk menikmati masa pensiun dengan tenang mulai dari kuliner, tempat wisata, hingga tata kota yang rapi.

Beberapa daerah yang bisa kamu tuju adalah Lembang, Soreang, Padalarang, atau wilayah lainnya yang sesuai dengan pilihanmu.

5. Manado, Sulawesi Utara

Manado menawarkan pemandangan alam, tata kota, dan penduduk yang nengedepankan kekeluargaan pasti akan membuatmu betah menikmati masa pensiun di sini.

Perbukitan dan pantai yang menampang memanjang akan memanjakan mata kamu. Kuliner-kuliner di Manado juga masuk dalam kategori makanan terenak, lho.

Itulah rekomendasi 5 kota terbaik untuk menikmati pensiun di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan.

Pastikan kamu sudah memiliki modal untuk menikmati masa pensiun dengan nyaman. Kamu bisa memulainya dengan melakukan investasi di Amartha.

Amartha adalah P2P Lending aman dan terpercaya yang menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Selain mendanai, kamu juga turut memberdayakan penguasaha umkm di Indonesia, lho.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...