5 Keuntungan Mendapatkan Beasiswa Saat di Bangku SMA!

0
16
Ilustrasi mendapat beasiswa. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi mendapat beasiswa. sumber: www.pexels.com

Apa itu beasiswa? Beasiswa adalah sebuah bantuan biaya sehingga seorang pelajar bisa mengikuti kegiatan belajar dengan biaya yang lebih ringan. Karena bersifat bantuan, besaran beasiswa yang diberikan ke penerima berbeda-beda, dapat berupa beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) atau bantuan fasilitas tertentu saja yang menunjang pembelajaran.

Keuntungan Mendapatkan Beasiswa untuk Anak SMA

Sebagai pelajar yang masih duduk di bangku sekolah tentunya masih panjang perjalanannya. Untuk mempersiapkan tersebut tentunya tidak terlepas dari pendidikan yang tinggi. Tetapi tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi, maka dari itu adanya beasiswa sebagai bantuan pendidikan kepada pelajar.

Ingin tahu keuntungan mendapatkan beasiswa sekolah untuk anak SMA? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Beasiswa Amartha Cendekia, Dukung Pelajar Perempuan Raih Pendidikan Berkualitas

1. Keringanan Biaya Sekolah

Beasiswa tentu saja bertujuan untuk meringankan biaya kuliah. Ada beberapa jenis beasiswa seperti gratis biaya pendaftaran, potongan biaya, hingga beasiswa penuh. Hal tersebut bergantung dari tiap penyelenggara beasiswa. Apapun jenisnya beasiswa tersebut dapat meringankan biaya sekolah kalian. Tentunya akan asyik banget kan kalau punya kesempatan sekolah atau kuliah tanpa memikirkan biaya? Tinggal fokus aja nih dengan belajar dan tugas yang diberikan. Kalau sudah seperti itu, harusnya prestasi juga pasti oke!

2. Memiliki Motivasi Belajar yang Kuat

Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pemberian beasiswa dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal tersebut dikarenakan beasiswa yang didapatkan oleh pelajar dapat membuat pelajar tersebut termotivasi untuk mengakui eksistensinya di lingkungan belajar. Selain itu, beasiswa yang didapatkan sangatlah menunjang hidup sehingga peluang untuk berprestasi sangatlah tinggi.

Para pelajar akan merasa tergerak atau timbul motivasi dari dalam dirinya untuk belajar dan percaya diri bahwa beasiswa akan menunjang kesuksesan di masa depan. Selain itu keberhasilan dalam mendapatkan beasiswa tentu menjadi kebanggan bagi diri sendiri. Hal ini dikarenakan telah berhasil mengalahkan saingan. Berhasil mendapatkan beasiswa juga akan memiliki motivasi yang lebih kuat sehingga akan semakin giat belajar. Disamping itu cita-cita dan mimpi yang diharapkan akan dapat tercapai.

3.  Mendapatkan Relasi Sesama Penerima Beasiswa

Pemberi beasiswa seringkali mengadakan acara yang akan mengumpulkan para penerima beasiswa. Di acara-acara seperti ini, kesempatan untuk berkenalan dan mendapatkan relasi terbuka lebar. Bisa berbagai info mengenai perkuliahan, kerjasama penelitian bahkan karier di masa depan. Apalagi pastinya para penerima beasiswa adalah orang-orang yang juga bukan biasa-biasa saja, sehingga peluang yang terbuka akan semakin lebar guna mewujudkan cita-cita serta mimpi di masa mendatang.

4.  Beasiswa Bisa Meningkatkan Skill

Dengan mendapatkan beasiswa, tentunya kemampuan (skill) dapat terasah dengan baik sehingga dapat mencetak pelajar yang lebih unggul jika dibandingkan dengan pelajar lainnya. Kemampuan (skill) yang dimaksud adalah soft skill atau hard skill yang sangat penting dalam mempersiapkan perjalanan selanjutnya, yaitu dunia perkuliahan serta dunia kerja. Adanya beasiswa jelas membuat kamu lebih percaya diri karena sudah terbiasa menghadapi tantangan untuk bisa berbicara didepan umum, berlatih memecahkan masalah, atau bekerja bersama dalam lingkungan nyata.

Contoh lain apabila kamu memperoleh beasiswa di luar negeri, kamu harus melatih kemampuan mandiri, melatih kemampuan komunikasi dan bahasa, sekaligus belajar menghargai dan bersikap toleran dalam menghadapi sudut pandang yang berbeda karena lingkungan heterogen. Wah ternyata banyak sekali ya peningkatan kemampuan setelah mendapat beasiswa.

5.   Bisa Jadi Seorang Inspirator

Kesempatan beasiswa tidak untuk semua orang, tidak semua pelajar bisa memperoleh beasiswa, dan bahkan kamu harus mencoba berulang kali supaya bisa berhasil memperoleh beasiswa yang kamu inginkan. Ketika kamu dinyatakan lolos seleksi dan berhak memperoleh beasiswa, maka tidak sedikit pula pelajar lain yang penasaran bagaimana cara supaya kamu bisa memperoleh beasiswa tersebut. Usaha kerja keras, pengalaman berharga, juga bagaimana kamu bisa berhasil memperoleh biasa tersebut akan menjadi informasi penting bagi pelajar lainnya. Maka, kemungkinan besar kamu akan langsung memperoleh undangan khusus pada acara pameran beasiswa atau didapuk menjadi seorang pembicara.

Dari seluruh kisah inspiratif yang kamu bagikan, justru kamu telah membantu memberikan tips kepada pelajar lainnya sekaligus memberi semangat supaya mereka juga pasti punya peluang yang sama seperti yang kamu peroleh. Hal seperti ini tentu merupakan salah satu kebaikan yang tidak ternilai sekaligus menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih bermanfaat.

Dari penjelasan di atas, kini sedikit banyaknya kamu mengetahui akan keuntungan dari memperoleh beasiswa khususnya untuk pelajar SMA. Nah, jika kamu tertarik untuk mendaftarkan beasiswa, Amartha membuka peluang Beasiswa Amartha Cendekia (BAC) untuk kamu yang haus akan belajar. Beasiswa ini terbuka untuk umum, sehingga dapat diikuti baik oleh para mitra binaan Amartha yang memiliki anak perempuan usia pelajar, maupun non mitra Amartha. Kamu yang sedang di bangku kuliah pun, juga berkesempatan untuk magang atau menjadi Amartha Ambassador Agent. Untuk info selengkapnya kamu bisa rajin cek sosial media dan website Amartha biar nggak ada informasi yang ketinggalan!

Author: Nofariza A Jeremi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here