Home Lifestyle 5 Keuntungan Dari Rajin Membaca

5 Keuntungan Dari Rajin Membaca

|

|

|

Di awal tahun 2020 ini sudah saatnya kita untuk memulai sesuatu yang positif bagi hidup kita. Biasanya awal tahun banyak teman-teman yang sudah memulai untuk merecanakan resolusi mereka di tahun ini. Dan biasanya resolusi lebih bersifat konsumtif seperti ingin membeli tas baru, jam baru, dsb. Hal tersebut tidak salah, namun ada baiknya juga kita memasukan hal yang dapat membuat kita menjadi semakin berkembang.

Salah satunya adalah membaca. Banyak manfaat yang dapat kita petik ketika kita rajin membaca. Seperti kata-kata yang pernah diucapkan oleh Walt Disney “There is more treasure in  books than in all the pirates’ loot on treasure land”. Buku sebagai jendela dunia dapat membantu kita untuk meningkatkan nilai diri kita akan suatu pengetahuan

“There is more treasure in books than in all the pirates’ loot on treasure land” – Walt Disney –

Berikut adalah 5 Keuntungan dari rajin membaca:

  1. Memberikan inspirasi 

Dari sebuah buku ataupun artikel yang kamu baca, pasti ada point tertentu yang dapat menjadi inspirasi kamu karena kamu merasa kutipan tersebut menginspirasi kehidupan kamu baik yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi.

Seseorang tanpa mereka sadari dapat menjadi lebih pintar dan cepat dalam menanggapi suatu kesulitan karena secara rutin teman-teman rajin membaca sehingga membuat kamu menjadi lebih cepat mengerti. Sebuah ungkapan “You are what you read” sudah lama menjadi pegangan beberapa orang ternama karena dirasa kutipan tersebut mewakilkan manfaat membaca bagi diri kita sendiri.

2. Membuang rasa bosan

Pada saat kita bekerja pada saat hari kerja, pasti kita akan merasakan sebuah kebosanan. Dan ternyata kegiatan membaca ini juga dapat membuat kamu lebih merasa santai karena sebenarnya ketika kamu sedang membaca, tanpa kamu sadari otak kamu sedang merenggangkan otot-ototnya karena mereka membuat imajinasi dari buku ataupun artikel yang sedang dibaca.

Maka dari itu jika kamu mempunyai hobi untuk membaca, hal ini dapat menjadi alternatif kamu dalam menghabiskan waktu luang di kala ingin bersantai sejenak dari segala rutinitas yang ada.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Hal yang paling mendasar dalam sebuah kegiatan di kehidupan sehari-hari adalah komunikasi. Pada saat intensitas membaca kamu sering maka pengetahuan kamu akan semakin bertambah dan kemampuan komunikasi kamu pada orang lain akan semakin meningkat.

Kenapa semakin meningkat? Karena pada dasarnya kita selalu berkomunikasi dengan orang lain. Pada saat kita tidak dapat mengimbangin percakapan yang ada karena kamu tidak mengikuti perkembangan jaman ataupun trend, maka kamu tidak dapat berkomunikasi dengan orang-orang tersebut.

4. Membuat percaya diri

Tidak hanya membuat kamu semakin pandai dalam berkomunikasi. Dengan kamu rajin membaca maka kamu juga akan menjadi semakin percaya diri. Karena kamu menjadi semakin mengerti mengenai topik-topik yang terjadi di sekitar kamu.

Selain itu juga kamu menjadi lebih memahami berbagai macam hal dan pada saat dibutuhkan, kamu dapat langsung membuat sebuah keputusan tanpa perlu menunggu waktu lama.

5. Menghilang bad mood

Tidak selamanya hidup berjalan mulus. Terkadang pun kamu pasti mengalami yang dinamakan bad mood entah karena kamu terlalu lelah bekerja ataupun ada masalah di kantor. Ketika kamu menemukan suatu bacaan menarik dan tanpa sadar kamu tenggelam dalam bacaan tersebut hingga habis, maka secara perlahan rasa bad mood kamu akan berangsur menghilang.

Kalau kita melihat alasan-alasan diatas, sepertinya tidak ada salahnya jika kita memasukan lebih banyak membaca buku sebagai salah satu resolusi kita di tahun 2020 ini apalagi tahun baru ini baru berjalan selama seminggu.

Apalagi menurut data 2019 kemarin bahwa ada perbaikan dari minat membaca masyarakat Indonesia secara siginifikan. Dari peringkat 60 dari 61 negara perihal kesadaran masyarakat untuk membaca, berdasarkan survey World Culture Index Score 2018 sekarang Indonesia menempati urutan 17 dari 30 negara. Jadi mulai sekarang tingkatkan kemampuan kamu dengan membaca.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Farrell Akiel
Offline Activation Enthusiast, Budak Cinta, Pemuja Clickbait

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...