5 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Customer Service Officer

0
2496
customer service illustration
Ilustrasi pekerjaan customer sercive. Photos by istockphoto

Sering menghadapi kendala dalam menggunakan suatu product atau layanan? Jika kamu sering mengalami hal ini, pastinya kamu langsung menghubungi layanan Customer Service untuk menyelesaikan kendala tersebut, bukan? Yuk tengok seperti apa pekerjaan yang satu ini!

Pengertian Customer Service

Customer Service adalah pekerjaan yang fokus pada layanan pelanggan. Yang mana menjadi salah satu garda depan sebuah perusahaan, bagian ini akan selalu berhubungan dengan pelanggan. 

Tugas Customer Service online secara lebih jelasnya yaitu berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kendala suatu produk atau jasa, memberikan solusi dari kendala yang dihadapi pelanggan, dan memberikan informasi secara detail kepada calon pelanggan atau pelanggan setia terhadap update produk atau jasa yang ditawarkan.

Menjadi customer service yang baik merupakan skill atau kemampuan yang banyak dicari oleh perusahaan. Apapun bidang usahanya, customer service akan selalu diandalkan. Bagian inilah yang membantu perusahaan dalam mengelola produk serta menangani pelanggan.

Baca Juga: 6 Skill Leadership yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Gimana sih menjadi Customer Service yang baik?

Pertama-tama kita harus kenali dulu “Who We Are?” dan “Who Are Customers?” Seperti bahasa yang kita sering dengar yaitu Pelanggan adalah Raja. Sehingan kita harus focus kepada pelanggan, focus dengan apa yang dibutuhkan pelanggan dan yang diharapkan pelanggan.

Untuk mencapai itu, ada 5 prinsip atau keterampilan yang harus kita pegang sebagai Customer Service yaitu REACH. Apa saja kah komponen dari REACH? Yuk baca penjelasan di bawah ini:

1. Reach

Apa sih itu Respect? Respect adalah bagaimana kita menghargai dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Empathy

Sebagai seorang Customer Service harus memiliki Empathy, kemampuan untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya melalui solusi-solusi yang sesuai.

3. Audible

Kemampuan Audible adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai media agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh pelanggan.

4. Clarity

Selain Audible, seorang customer service officer harus memiliki kemampuan Clarity, yaitu kemampuan menyampaikan pesan dengan jelas kepada pelanggan.

5. Humble

Humble adalah rendah hati, murah senyum, dapat mengontrol diri dan berani mengakui kesalahan.

Pengalaman Menjadi Customer Service di Amartha

Cerita sedikit, pengalaman saya kurang lebih 4 tahun menjadi Customer Service di P2P Lending Amartha.

Seperti yang disampaikan di atas bahwa Customer Service bukan hanya melayani pelanggan saja tapi harus mengerti apa yang dibutuhkan pelanggan. Bahasa mudahnya, harus bisa mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.

Menjadi Customer Service di Amartha memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga mulai dari memahami karakter para pelanggan dan mengambil keputusan dalam memberikan solusi dari permasalahan pelanggan.

Bekerjasama dengan tim yang solid dan helpfull membantu saya lebih baik lagi dalam menjalani peran sebagai Customer Service Amartha. Ada satu kalimat yang selalu saya pegang yaitu: what do you doing here, you must learned it.

Jadi, apapun yang kita lakukan di pekerjaan kita, kita harus mempelajari dan menguasainya. Jangan takut untuk belajar menjadi Customer Service!

*Artikel ditulis oleh Nabila Hassan, Customer Service Officer Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here