5 Kerja Part Time untuk Mahasiswa

0
49
Photos by Ketut Subiyanto (Pexels)

Pengertian dan Daftar Kerja Part Time untuk Mahasiswa 

Kerja part time adalah pekerjaan yang dikerjakan paruh waktu dari total jam kerja normal. Kerja part time biasanya bersifat sementara atau temporary dan paling banyak ada di industri yang menerapkan pergantian shift. Contohnya adalah kafe, bimbel, event organizer, restoran, hotel, baru, dan lain-lain. 

Berikut daftar pekerjaan paruh waktu yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa di sela-sela jadwal kuliah. 

1. Barista atau Waiter Kafe

Baru-baru ini banyak kafe-kafe baru dengan nama-nama unik mulai dibuka di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, ataupun Yogyakarta. Biasanya, kafe-kafe yang baru buka akan membutuhkan tenaga waiter dan kafe yang lebih banyak karena adanya pergantian jam kerja dan jam operasional yang lebih panjang daripada pekerja kantoran. 

Nah, inilah kesempatan terbaik kamu untuk bisa bekerja paruh waktu. Kamu bisa datang ke kafe dan bertanya kepada pegawai di sana terkait lowongan yang ada. Kamu pun bisa nego untuk bekerja setelah kuliah selesai sehingga pendidikan tetap jalan, tabungan pun bisa bertambah. 

2. Guru Les atau Tutor

Sejak adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 hingga sekarang, pendidikan beralih ke online. Saat inilah, lowongan kerja part time sebagai tutor atau guru les semakin banyak. Pasalnya, anak-anak yang masih menempuh pendidikan di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas membutuhkan bantuan untuk belajar agar bisa memahami pelajaran yang disampaikan secara online oleh para guru. 

Bila kamu memiliki relasi yang cukup baik, kamu bisa membuka les privat sendiri di rumah atau mendatangi rumah murid yang akan diajar. Tetapi, bila belum memiliki banyak relasi, bisa bergabung di bimbel yang banyak dibuka di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Bandung, atau Yogyakarta. 

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Mencari Lowongan Kerja Freelance

3. Fotografer

Lowongan kerja part time Jakarta yang bisa dilakukan oleh mahasiswa lainnya ialah fotografer. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang suka mengabadikan momen-momen penting dengan kamera. 

Untuk memulainya, kamu bisa menawarkan jasa melalui media sosial seperti Instagram dengan mengunggah foto hasil karyamu. Kamu juga bisa bekerja di event organizer, wedding organizer sebagai fotografer part time

Bila ada komunitas fotografer di kampus, kamu bisa bergabung untuk membangun jaringan dan mendapatkan lebih banyak portofolio. 

4. Translator

Buat kamu yang mahir dalam berbahasa asing atau menempuh pendidikan di jurusan bahasa asing seperti Jepang, Inggris, Korea, Jerman, atau bahkan Prancis, bisa bekerja paruh waktu menjadi translator

Kamu bisa bergabung di aplikasi untuk para freelancer dengan mengunggah CV dan portofolio translator yang sudah pernah dilakukan. Translator di sini tidak hanya sebatas menerjemahkan dalam bentuk dokumen. Tetapi, kamu juga bisa menjadi penerjemah langsung di kantor-kantor yang bekerjasama dengan orang-orang asing. 

5. Virtual Assistant

Kerja part time online untuk mahasiswa yang sangat fleksibel ialah virtual assistant. Seperti asisten pribadi pada umumnya, kamu pun perlu mengatur jadwal kerja atasan, mengerjakan pekerjaan yang diberikan, mengelola email atau bahkan menjadi admin untuk media sosial atasan. 

Bedanya, virtual assistant tidak harus datang ke kantor. Kamu bisa mengerjakan semuanya secara online. Interaksi pun dilakukan secara daring. Sehingga jam kuliah tidak akan terganggu. Kamu pun akan memperoleh banyak pengalaman kerja karena bisa bertemu dengan banyak orang selama menjadi seorang virtual assistant

Nah, itulah 5 kerja part time yang cocok untuk mahasiswa, baik secara offline maupun online. Pilih yang sesuai minat agar pekerjaan terasa menyenangkan. Hasilnya, bisa kamu investasikan di P2P Lending Amartha. Kamu bisa memilih mitra yang akan kamu modalin dan mendapatkan bagi hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun. Sudah banyak yang bergabung menjadi investor di Amartha. Kini, giliran kamu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here