5 Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia

0
94
sumber: foto: KAD Firma Arsitektur
sumber: foto: KAD Firma Arsitektur

Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia

Kalau kamu pecinta keindahan art dan arsitektur, pasti sudah tak asing dengan arsitek sekaligus Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dikenal dengan panggilan Pak Emil, Ridwan Kamil ternyata merupakan seorang desainer bangunan yang terkenal. Skala kemampuannya sudah di level internasional, 5 dari sekian banyak karya-karya Pak Emil telah sukses menjadi inspirasi banyak orang.

1. Ningbo Newton, China

Pak Emil ikut terlibat dalam pembangunan Ningbo Newton di Cina pada Februari 206 silam. Beliau menceritakan lewat akun Instagramnya bahwa desain dari proyek ini ia buat saat masih aktif bekerja sebagai arsitek di perusahaan yang berlokasi di Hongkong. Rancangan ini di desain pada 2002, namun karena pembangunan proyek sebesar ini membutuhkan waktu cukup lama, jadi baru bisa selesai sekarang.

Pak Emil pun turut bahagia dalam selesainya proyek ini. Beliau menampilkan dirinya dan buku berisi desain Ningbo Newton rancangannya.

2. Arsitektur Rumah Botol Bandung

Karya Ridwan Kamil satu ini membutuhkan 30.000 botol kaca yang ia lakukan selama dua tahun untuk mendesainnya. Dengan tujuan mengurangi sampah di Kota Bandung, desain rumah ini juga merupakan upaya menanggulangi sampah daur ulang seperti botol minuman agar tidak terbuang sia-sia. Pak Emil kemudian menjadikan mereka Rumah Botol Bandung.

Botol-botol ini berwarna coklat, jadi jika dipadukan dengan material kayu tidak terlalu melenceng. Temanya pun serupa. Bapak Walikota Bandung ini menyulap beton ekspos sebagai bahan eksterior utama rumah, yang kemudian disatukan dengan botol-botol penuh nilai estetika dan seni yang sangat luar biasa.

Baca Juga: 5 Inspirasi Gaya Rumah Minimalis dengan Aksen Ornamen Jawa

3. Masjid Syaikh ‘Ajlin, Gaza

Siapa Ridwan Kamil? Mengapa seorang walikota bisa turut andil dalam pembangunan masjid di Gaza? Bertahun-tahun menunggu, akhirnya masjid ini dibangun kembali. Gubernur Provinsi Jawa Barat ini tidak henti-hentinya menebarkan karya dan kebaikan tidak hanya kepada masyarakat Indonesia melainkan juga saudara kita di Gaza. Saat ini Masjid Syekh Ajlin di Gaza tengah dalam masa pembangunan lanjutan.

4. Masjid 99 Kubah

Masjid yang memiliki 99 kubah ini berlokasi di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Lebih tepatnya di CPI (Center Point of Indonesia), Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rancangan Ridwan Kamil ini sungguh unik. Memiliki puluhan Kubah dari berbagai ukuran, menyongsong diatas langit khatulistiwa.

Di dominasi warna merah, oranye dan kuning memberikan kesan eye-catching yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. Bangunan ibadah ini tentunya memiliki nilai yang sakral dan monumental. 99 kubahnya diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah.

5. Museum Tsunami Aceh

Museum yang di bangun sebagai simbol bencana gempa bumi dan tsunami Aceh 2004 ini berfungsi sebagai pusat pendidikan bencana serta tempat perlindungan jikalau ada tsunami lagi.

Museum ini berlokasi di Banda Aceh, dirancang oleh Gubernur Jawa Barat yang berhasil mengambil gelar pemenang pada sayembara tingkat internasional 2007. Pak Emil mendesain museum ini dengan konsep Rumoh Aceh dan on escape hill yang kental akan nilai Islam dan budaya lokal.

Korban-korban tsunami Aceh pun namanya telah di masukkan ke beberapa dinding salah satu ruangannya serta warga Aceh yang selamat.

Mulailah Berbuat Baik!Dari Ridwan Kamil kita belajar bahwa menciptakan karya bagi orang banyak akan selalu menginspirasi. Mulailah berinvestasi yang aman dan berdampak positif bersama Amartha. Microfinance Marketplace Amartha membantu CEO UMKM Indonesia di pedesaan dengan memberikan pinjaman dana, dan kamu sebagai lender akan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here