5 Jenis Warisan yang Bisa Disiapkan Generasi Muda

0
34

Kita sendiri menyadari bila kita tidak dapat hidup selamanya. Apa yang diperjuangkan di dunia hanya dapat bertahan sampai selesai menjalani kehidupan di bumi. Namun, meskipun masih muda, menyiapkan warisan untuk buah hati dari sekarang bukan menjadi hal yang tabu. 

Dulunya, peninggalan sering berbentuk tanah dengan luas ribuan meter. Namun, dengan harga tanah yang semakin mahal seperti sekarang ini, apa saja peninggalan yang bisa kita siapkan untuk anak cucu?

Berbagai Bentuk Warisan yang Bisa Kamu Siapkan

Tidak perlu bingung, berikut berbagai peninggalan yang dapat kamu siapkan saat ini, seperti:

1. Warisan Emas

Emas menjadi salah satu peninggalan yang umum diberikan oleh orangtua pada anaknya dari jaman dahulu. Emas digemari karena memiliki kenaikan yang cenderung stabil setiap tahun serta tahan pada fluktuasi ekonomi yang memburuk. 

Hingga sekarang, emas juga bisa menjadi warisan anak muda yang bisa kamu siapkan untuk buah hati mulai dari sekarang. 

2. Properti

Asset berikutnya adalah properti. Properti dapat dikatakan sebagai pilihan terbaik bagi generasi muda yang memiliki banyak modal. Risiko meninggalkan properti untuk anak cucu juga kecil, karena memiliki nilai yang semakin bertumbuh setiap tahun. 

Namun, meskipun kamu harus mengeluarkan modal yang besar untuk membeli properti seperti rumah, apartemen atau tanah, peninggalan ini bisa sangat berguna untuk buah hati. Bayangkan saja, sekarang ini harga rumah semakin lama semakin mahal. 

Jika buah hatimu sekarang berusia 1 tahun, ketika ia berumur 40 tahun, dapat dibayangkan berapa kali lipat harga properti di masa tersebut. 

3. Asuransi Jiwa

Saat memiliki asuransi jiwa, ahli waris akan menerima uang yang disebut sebagai uang pertanggungan, dengan catatan nasabah sudah tutup usia. Uang ini bisa menjadi peninggalan bagi keluarga agar dapat melanjutkan hidup. 

Asuransi jiwa akan membantu nasabah menyiapkan peninggalan harta dengan waktu yang jauh lebih singkat, serta mengeluarkan dana yang sedikit untuk membayar premi. 

Baca Juga: 5 Tips Bijak Dalam Mengelola Harta Warisan

4. Tabungan dan Deposito

Salah satu instrumen yang umum digunakan untuk mengumpulkan dana adalah tabungan dan deposito. Selain dapat digunakan sebagai simpanan dana darurat, instrument ini juga dapat digunakan sebagai peninggalan untuk anak cucu.

Beda dari tabungan yang dapat diambil ketika dibutuhkan, deposito hanya dapat diambil ketika jatuh tempo. Jangka waktu dari deposito begitu bervariasi dapat bisa hitungan bulan, maupun tahun. 

Sekarang ini membuka tabungan serta deposito dapat dilakukan secara online. Tabungan dan deposito juga memberikan sejumlah keuntungan seperti risiko kerugian ketika mengumpulkan dana dari tabungan dan deposito relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan instrumen investasi lain. 

5. Berbagai Produk Investasi

Selain instrument di atas, produk investasi juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan, contohnya saja seperti reksadana, saham, hingga obligasi pemerintah. 

Berbagai produk investasi ini memberikan imbal hasil yang lebih besar. Produk investasi tersebut juga terkenal sebagai investasi anak muda dengan risiko bervariasi. Kamu bisa memilih produk investasi sesuai dengan profil risikomu. Meskipun masih muda, tidak ada salahnya bukan jika menyiapkan warisan untuk buah hati dari sekarang.

Selain berbagai produk keuangan di atas, kamu juga bisa menyiapkan peninggalan untuk buah hati dengan menjadi lender di Microfinance Marketplace Amartha. Di sini, kamu bukan hanya membantu pengusaha UMKM di pelosok, tapi juga memperoleh keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Jadi, semakin menguntungkan, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here