5 Jenis Branding yang Membuat Konsumen Royal

0
75

Jenis-jenis Branding yang Menjaga Loyalitas Pelanggan

Branding adalah suatu langkah yang diambil oleh perusahaan untuk dapat mengekspresikan atau memperlihatkan bagaimana kepribadian atau rupa dari merek perusahaan. Semakin unik kepribadian yang akan diperlihatkan, maka akan semakin tajam karakternya. Semakin susah pula tahapan branding yang akan dilakukan. Namun, akan memperoleh hasil yang efektif, yaitu konsumen akan menjadi loyal pada perusahaan. 

Dalam bidang pemasaran, ada beberapa jenis strategi branding yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya keempat ini yang bisa digunakan untuk menjaga loyalitas pelanggan untuk tetap menggunakan produk milik perusahaan kamu. 

1. Brand Awareness

Kesadaran merek merupakan istilah dalam pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan tingkat atau level pengenalan pelanggan terhadap produk hanya berdasarkan namanya. Langkah-langkah yang bisa kamu ambil agar konsumen mengenali merek atau produk yang dipasarkan, lakukan promosi melalui media sosial seperti apa kualitas produk kamu. 

Memanfaatkan iklan di televisi dengan jingle yang menarik didengar dan mudah diingat juga menjadi salah satu dari langkah menciptakan brand awareness. Yakinkan konsumen jika pilihan mereka sudah tepat dengan tetap memilih produk atau merek kamu. 

2. Brand Equity

Seperti namanya, langkah-langkah branding produk yang dilakukan akan mengutamakan kualitas produk dan memberikan pelayanan istimewa kepada konsumen. 

Sewaktu produk yang kamu pasarkan memiliki kualitas premium, pelanggan akan terus bertahan untuk menggunakannya. Terlebih jika ternyata produk tersebut sangat nyaman dan cocok untuk mereka. Tanpa ragu mereka juga akan membantu mempromosikan ke orang-orang sekitar. 

Produk berkualitas saja tidak akan cukup. Perlu ada dukungan customer service yang ramah dan menjawab segala pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan baik dan cepat. Tidak hanya ketika bertatap muka, tetapi juga ketika berada di media sosial. 

Semakin baik pelayanan, semakin loyal pula konsumen untuk bertahan menggunakan merek produk kamu. Begitu pun sebaliknya. Jadi, jaga dengan baik identitas brand dengan mengutamakan kualitas dan pelayanan. 

Baca Juga: Instagram untuk UMKM: Buat Branding atau Selling?

3. Brand Association 

Jenis branding ini mengacu pada konsep, kualitas, emosi, serta sifat yang melekat kuat pada suatu bisnis. Biasanya, perasaan itulah yang akan muncul pertama kali dalam benak pelanggan sewaktu memikirkan tentang suatu produk atau merek. 

Dalam strategi brand association, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, yaitu: 

  • Aset brand, misal, logo atau warna. 
  • Customer experience dalam memakai produk dari merek tersebut. 
  • Kualitas dari produk maupun layanan. 
  • Berita yang disebarkan dari mulut ke mulut. 
  • Reputasi sebuah brand
  • Media sosial

4. Brand Loyalty

Loyalitas merek akan berbasis pada persepsi (pengalaman dan citra) yang dimiliki oleh pelanggan setelah memakai produk dari merek tersebut. Semakin tinggi kualitas dan layanan yang mereka terima, semakin loyal pula mereka terhadap produk atau merek tersebut. 

Dalam membangun loyalitas merek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: 

  • Kualitas dari merek atau produk yang akan dipasarkan. Ini menjadi kualifikasi utama yang penting. 
  • Customer support yang harus siap sedia menjawab keluhan dan pertanyaan dari konsumen, kapan pun selama 24/7. 
  • Brand ambassador yang bisa menjadi ikon dari merek untuk mengenalkan ke calon konsumen. 

5. Brand Service

Contoh branding ini berupa pemberian pelayanan maksimal yang bertujuan untuk menuntaskan permasalahan pelanggan hingga mereka closing. Tujuannya, untuk membangun citra merek di hadapan konsumen. 

Dalam prosesnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti: 

  • Membangun pusat pelayanan yang siap sedia membantu pelanggan 24/7. 
  • Menggunakan media sosial untuk lebih dekat dengan konsumen dan menjaga interaksi dengan mereka. 
  • Meminta umpan balik dari konsumen tentang merek atau produk yang digunakan. 

Inti dari proses branding ada pada langkah-langkah yang diambil sembari menjaga

Kamu juga bisa lho, membangun branding mu dengan berinvestasi bersama Amartha. Jadilah pendana bagi usaha mikro pedesaan dan tanamkan pribadi yang mengayomi serta bermanfaat bagi kemajuan wanita tangguh Indonesia. Selain itu, pendana baru akan mendapatkan potongan hingga Rp.100.000 dan 15% flat per tahun, kesempatan tidak datang dua kali! Yuk, investasi bareng Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here