Home Finance 5 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua

5 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua

|

|

|

Menjalani hari tua dengan tenang tanpa memikirkan masalah keuangan adalah cita-cita semua orang. Namun, beberapa di antara kita merasa sepertinya tujuan tersebut sulit untuk dicapai. Memang banyak jalan menuju roma, yang terpenting adalah kapan kita memulainya. Dan jawaban pasti dari pertanyaan tersebut adalah sekarang.

Menginginkan hari tua yang menyenangkan dapat dilakukan dari sekarang melalui investasi jangka panjang. Tantangan dari melakukan investasi jangka panjang adalah memilih instrumen investasi dan juga konsistensi dalam menabung atau berinvestasi.

 Apa Itu Risiko Investasi?

Berikut ini rekomendasi instrumen investasi jangka panjang yang dapat digunakan untuk hari tua Anda:

5 Rekomendasi Investasi untuk Hari Tua

Properti

Investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan karena nilainya yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Setiap tahunnya, harga properti bisa naik hingga 15-35%. Dengan demikian, produk investasi ini sudah terbukti memiliki keuntungan yang pasti di masa mendatang. Sayangnya, harga untuk sebuah properti bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Investasi pada emas juga terbilang cukup mudah karena hanya perlu pergi ke toko emas dan menyimpannya di rumah. Namun, dibanding emas perhiasan lebih baik memilih emas batangan apabila tujuannya mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal itu disebabkan karena emas batangan tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan apalagi yang bersertifikasi Antam.

Emas Fisik dan Emas Digital, Mana Yang Lebih Untung?

Saham

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan memiliki saham maka seseorang berhak atas dividen atau pembagian laba perusahaan setiap tahunnya. Perlu disadari bahwa saham memiliki tingkat fluktuatif yang cepat sehingga memiliki risiko yang tinggi, namun keuntungan yang didapatkan juga besar.

Deposito

Deposito menjadi salah satu jenis investasi yang cukup diminati, karena memiliki keuntungan yang cukup menggoda karena bunga yang ditawarkan tinggi. Instrumen investasi ini secara tidak langsung membuat seseorang menabung secara rutin dalam jangka waktu yang sudah disetujui di awal sehingga sangat cocok digunakan untuk tabungan hari tua.

Reksadana saham

Reksadana saham saat ini sedang digandrungi oleh milenial karena bisa dimulai dengan modal yang kecil. Reksadana saham sebenarnya sama dengan investasi saham biasa. Yang membedakannya adalah di reksadana akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) dalam memilih produk saham terbaik, terutama untuk investor pemula.

 Tingkatkan Kesejahteraan Perekonomian dengan Berinvestasi pada UKM

P2P Lending Sebagai Alternatif Investasi

Dari semua jenis di investasi jangka panjang di atas, manakah yang akan kamu pilih? Masih bingung? Apabila merasa belum cocok, pilihlah alternatif investasi yang lain seperti Peer to peer lending.

Peer to peer lending adalah layanan jasa keuangan yang mempertemukan atau menghubungkan pemberi pinjaman kepada penerima pinjaman melalui sistem elektronik yang menggunakan jaringan internet. Untuk berinvestasi di peer to peer lending, pastikan memilih P2P yang sudah berizin, terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO 27001.

Keuntungan dari investasi di P2P adalah mendapatkan keuntungan hingga 15% dan memberikan akses permodalan kepada pelaku usaha UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan merata di Indonesia. Salah satu peer to peer tersebut adalah Amartha.

Yuk berinvestasi sekarang agar masa depan di hari tua terjamin!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...