5 Inspirasi Gaya Rumah Minimalis dengan Aksen Ornamen Jawa

0
124
inspirasi gaya rumah minimalis
Ilustrasi gaya rumah minimalis. Photos by archideaphoto (istockphoto)

Inspirasi Desain untuk Gaya Rumah Minimalis 

Lahan yang sempit dan padatnya penduduk membuat banyak orang lebih menyukai gaya rumah minimalis yang sederhana tetapi masih memberi kesan modern. Salah satu contohnya ialah desain rumah bergaya Jawa yang berada di pedesaan. 

Nah, buat kamu yang ingin membangun rumah sederhana di lahan terbatas, berikut inspirasi desain rumah minimalis 3 kamar yang bisa dipakai: 

1. Rumah bergaya Joglo semi modern tradisional

Hal penting dalam rumah Joglo ialah adanya pendopo yang terletak di sisi luar untuk menyambut tamu. Selain itu, rumah tradisional Jawa Tengah ini memiliki konsep terbuka di setiap ruangannya. 

Desain tersebut dapat kamu pakai untuk rumah bergaya minimalis modern yang tidak memerlukan hal-hal rumit ketika pembangunan. 

Kamu bisa memadukan di bagian atap menggunakan bentuk atap Joglo dan terbuat dari kayu kemudian bagian lainnya memakai batu bata dan berkonsep modern. 

2. Gaya rumah minimalis modern khas Joglo beratap putih

Rumah tradisional dari Jawa Tengah ini selalu memakai warna coklat dan hitam yang mencerminkan keunikan dan keklasikannya. Hampir sebagian besar rumah juga terbuat dari kayu jati tua sehingga akan tampak kokoh dan awet. 

Namun, untuk pembangunan rumah minimalis yang modern serta kekinian, kamu bisa menggunakan warna putih pada bagian atap dan memakai warna lain yang lebih cerah di bagian dinding, misal krem. Padukan pula warna coklat agar ciri khasnya tidak hilang. 

3. Rumah Joglo yang menggunakan konsep atap terbuka

Gaya rumah minimalis sederhana dengan akses Jawa lainnya ialah dengan memodifikasi bagian atap Joglo menggunakan konsep terbuka. Ini dapat memperlancar proses sirkulasi udara sehingga rumah akan terlihat lebih sejuk dan segar. 

Pasalnya, kamu bisa menggunakan atap yang terbuka tersebut untuk bercocok tanam dengan teknik aeroponik. Rumah pun akan semakin terasa menyegarkan. Nilai estetiknya pun tidak akan hilang selama kamu masih mempertahankan unsur khas dari rumah Joglo.

4. Aksen rustik menggunakan kayu ekspos

Desain gaya rumah minimalis dengan akses Jawa tidak harus secara keseluruhan. Kamu bisa mengambil satu ruangan misalnya ruang tamu atau keluarga yang dihias dengan ukiran kayu yang tidak dicat.

Pasalnya, ukiran kayu merupakan ciri khas rumah tradisional Jawa yang meninggalkan kesan rustic, klasik, serta unik. Kayu ekspos dibiarkan polos dan hanya di plitur tanpa perlu dicat. 

5. Gunakan desain Joglo oriental

Kamu juga bisa mendesain rumah Joglo dengan gaya arsitektur oriental yang berkarakter. Tujuannya, agar rumah tidak terasa menjemukan dan monoton seperti desain pada umumnya. 

Kamu bisa memadukan pada bagian penyusunan kayu serta konstruksinya. Bagian depan, dapat memakai batu-batu alam sebagai hiasan. Lengkapi pula dengan tanaman agar rumah terlihat lebih asri dan menyejukkan. 

Lima desain inspirasi gaya rumah minimalis beraksen Jawa tersebut dapat kamu pakai untuk membangun rumah impian. Ciptakan rumah yang nyaman untuk keluarga agar lebih betah untuk tinggal. 

Kamu bisa mewujudkan pembangunan rumah impian jika ikut menjadi investor di perusahaan investasi Amartha. Mulai dari 100 ribu rupiah dan terus konsisten berinvestasi, dana yang kamu miliki akan terus bertambah. Sebab, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. 

Ayo modalin CEO UMKM Amartha di pedesaan! Daftar Sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here