5 Hal Penting Dalam Merencanakan Resolusi Keuangan Tahun Baru

0
19
rencana keuangan tahun baru
Photos by Natalia Vaitkevich (Pexels)

Resolusi Keuangan Tahun Baru Paling Realistis

Di awal tahun 2022 ini setiap orang pasti memiliki impian bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi dalam segala hal, terutama di bidang keuangan. Sayangnya, resolusi keuangan tahun baru yang telah dibuat seringkali terlupakan sehingga target finansial yang ingin dicapai pun akhirnya gagal. 

Padahal, dibuatnya resolusi tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas kehidupan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kegagalan resolusi keuangan di awal tahun 2022 tersebut. Mulai dari kurang perhitungan, kurang motivasi, hingga merasa tidak yakin pada diri sendiri.

Agar minim gagal, berikut ini lima resolusi keuangan paling realistis yang harus kamu terapkan. 

1. Rencanakan Keuangan Dengan Buat Anggaran

Resolusi pertama dalam hal keuangan yang harus diterapkan adalah membuat anggaran atau budgeting serealistis mungkin. Jadi, buatlah daftar yang memuat semua pengeluaran bulanan, perawatan kesehatan, dan utang yang harus dibayar.

Jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk tabungan dan dana darurat. Intinya, bagaimanapun bentuk skenario yang ingin diterapkan, memiliki anggaran akan membuat kamu tetap merasa aman apapun kondisi keuangan yang dimiliki. 

Baca Juga: Apa Itu Zero Based Budgeting, Kelebihan, serta Kekurangannya

2. Kelola Tagihan

Memiliki utang yang harus dibayar merupakan kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Jadi, rencana keuangan di tahun baru 2022 ini adalah mengelola tagihan dengan sebaik-baiknya. Jika penggunaannya diatur secara bijak, maka metode utang bisa menjadi salah satu alat keuangan yang nyaman. 

Jadi, buatlah catatan utang apa saja yang kamu miliki, kapan tanggal jatuh temponya dan berapa nominalnya. Kemudian, siapkan dana untuk membayar utang setiap kali setelah menerima gaji. Jika kamu memiliki beberapa tagihan, pastikan untuk membayar tagihan yang tingkat suku bunganya cukup tinggi seperti tagihan kartu kredit atau paylater.  

3. Miliki Penghasilan Tambahan

Resolusi keuangan tahun baru berikutnya adalah memiliki pekerjaan sampingan yang hasilnya cukup menjanjikan. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat segala sesuatunya tidak bisa diprediksi. Untungnya, saat ini telah banyak pekerjaan paruh waktu (freelance) yang bisa kamu lakukan secara online

Jadi, manfaatkanlah peluang usaha ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya, jika berbakat di bidang penjualan, kamu bisa bergabung menjadi dropshipper atau reseller di e-commerce. Atau, jika bakatmu adalah menulis kamu bisa melamar jadi pembuat konten, ghost writer, atau menulis novel online

4. Mulai Berinvestasi

Apabila tiga poin tersebut di atas sudah bisa dijalankan, saatnya kamu mulai berinvestasi. Ini merupakan salah satu resolusi keuangan pribadi untuk meningkatkan penghasilan dalam jangka panjang. Kamu bisa memilih berinvestasi di deposito, emas, P2P lending, atau reksa dana. 

Namun ingat, investasi tidak selamanya akan memberikan keuntungan. Itu sebabnya, bijaklah dalam memilih jenis investasi yang aman dan bisa dipercaya. Sebelum mulai berinvestasi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu risiko dan keuntungan dari setiap instrumen investasi. 

5. Miliki Asuransi

Menjaga kesehatan tetap prima merupakan hal yang harus selalu dijaga. Namun, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana darurat yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Berkaitan dengan masalah kesehatan, maka resolusi keuangan 2022 yang terakhir adalah memiliki cakupan asuransi yang memadai (asuransi kesehatan dan asuransi jiwa). Kepemilikan asuransi ini bisa dijadikan jaring pengaman dalam menghadapi skenario terburuk.    

Itulah kelima resolusi keuangan tahun baru 2022 yang bisa kamu terapkan demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Untuk rekomendasi investasi terbaik, kamu bisa mulai melakukan investasi di P2P Lending Amartha yang menawarkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Bahkan investasi di Amartha bisa menciptakan dampak sosial yang nyata berupa pemberdayaan perempuan pengusaha mikro. Tidak usah ragu, yuk mulai berinvestasi di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here