5 Hal Ini Buat Fintech Semakin Canggih di Tahun 2018

5 Hal Ini Buat Fintech Semakin di Tahun 2018

Industri fintech terus berkembang. Berbagai teknologi baru merubah industri fintech. Tak hanya memberikan kemudahan dan kecepatan, tetapi juga keamanan. Selain itu, fintech juga dapat meningkatkan literasi keuangan. Baru-baru ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Ratu Maxima Belanda yang juga UN Secretary General Advocate For Inclusive Finance For Development di Bilateral Booth, PBB

JK mengakui bahwa fintech sangat berperan penting dalam membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan akses terhadap produk keuangan. Peran dunia digital telah memengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat. Beberapa startup juga sudah naik daun dan turut membantu perkembangan teknologi keuangan di Indonesia. “ Harapan kami  yang mulia mendukung pengembangan lebih lanjut inklusi keuangan di Indonesia,” kata JK.

Menurut Asosiasi Fintech Indonesia terdapat 135 perusahaan teknologi keuangan yang terdaftar sebagai anggota Aftech. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mencatat pada Agustus 2018 sudah ada 64 perusahaan fintech yang resmi terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK. Menurut kajian  Institute for Development of Economics and Finance (Indef) dan Aftech, perusahaan fintech menyumbang Rp25,97 triliun terhadap ekonomi di Indonesia.

Seiring dengan berkembangnya fintech, beberapa teknologi baru mulai bermunculan. Hal ini tentunya akan memudakan perusahaan fintech serta masyarakat. Berikut 5 hal yang membuat fintech semakin canggih di tahun 2018,

Teknologi Seluler

Saat ini, masyarakat sudah tak asing lagi dengan telpon selular (ponsel). Seiring denan semakin banyaknya pengguna ponsel. Menurut survei PwC 2018 Digital Banking Consumer, jumlah orang yang menggunakan ponsel untuk bank semakin bertambah. Pada 2018, jumlah pengguna ponsel untuk bank dari 10 persen menjadi 15 persen. Sementara itu, jumlah pengguna daring/komputer turun dari 25 persen menjadi 20 persen pada 2018. Begitu juga jumlah pengguna yang menggunakan kedua-duanya yakni dari 15 persen menjadi 14 persen di tahun 2018. Dengan mengunakan mobile banking, pengguna dapat menggunakan uang tanpa harus pergi ke lokasi bank.

Bank Digital

Banyak bank mulai melirik bank digital sebagai tren teknologi sekarang. Apalagi, mayoritas generasi millenial menggunakan ponsel sehari-hari. Kemudahan dan efisien membuat millenial ini menjadi saaran tersendiri oleh bank. Saat ini, bank-bank di Indonesia telah memiliki bank digital seperti Jenius, Digibank dan Permata Mobile X.  Dengan aplikasi, masyarakat tak perlu repot ke bank. Mereka tinggal menggunakan bank digital melalui ponselnya.

Teknologi Biometrik

Di zaman digital ini, industri keuangan semakin rentan dengan serangan siber. Karena itu, keamanan menjadi prioritas utama dalam industri fintech. Salah satu cara dalam menghadapi penipuan atau tindak kejahatan adalah menggunakan autentik biometrik. Teknologi juga mudah dan cepat. Perusahaan otomotif Jerman Continental menggunakan tingkat keamanan baru dengan sidik jari. Pengguna mobil itu harus membuka kendaraan dengan sidik jari. Bahkan, sistem pengenalan wajah juga dilakukan di KFC, Cina. Dengan wajah tersenyum, orang dapat mmebayar makanan tersebut.

Teknologi Blockchain

Sejak penggunaan blockchain di Bitcoin, beberapa industri dari rumah sakit hingga pemerintah mengunakan teknologi tersebut. Nantinya, semakin banyak perusahaan fitnech yang akan menggunakan blockchain karena transparansinya. Perusahaan – perusahaan finansial akan tetap fokus dalam teknologi ini.

Kecerdasan Buatan

Banyak pengamat setuju jika artificial intelligence (kecerdasan buatan) akan memberikan dampak besar terhadap masa depan. Kecerdasan buatan ini seperti analisis data. Teknologi ini juga membuat chatbots dan robo-advisors, tetapi yang paling penting ialah untuk mendeteksi fraud di dunia fintech.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/5-hal-ini-buat-fintech-semakin-canggih-di-tahun-2018">
LINKEDIN
%d bloggers like this: