5 Gejala Diabetes Usia Muda yang Harus Kamu Tahu!

0
346
Ilustrasi ketahui gejala diabetes di usia muda. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi ketahui gejala diabetes di usia muda. sumber: www.pexels.com

Perlu kamu tahu bahwa penderita diabetes tidak hanya dari kalangan orang lanjut usia saja. Melainkan banyak juga yang dari kalangan anak muda bahkan anak-anak pun bisa mengalaminya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui gejala diabetes usia muda untuk mengambil langkah antisipasi. 

Salah satu cara mengantisipasinya ialah dengan menjaga pola hidup sehat. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir risiko serangan diabetes melitus di usia muda. Lalu apa saja tanda diabetes di usia muda? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Gejala Diabetes Usia Muda Secara Umum

Sebagian besar penderita diabetes usia muda merupakan tipe orang yang menyepelekan pola hidup sehat. Padahal hal tersebut penting sekali dilakukan untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Apakah kamu termasuk orang yang enggan menerapkan pola hidup sehat? Hati-hati bisa jadi kamu mengidap diabetes, yuk kenali gejala awal diabetes di usia muda berikut ini. 

1. Mudah Merasa Lapar dan Kelelahan

Jika tubuhmu seringkali mengalami rasa lapar dan kelelahan secara berlebih-lebihan. Maka kamu patut curiga, coba lakukan tes kadar gula darah untuk mengecek kondisi sebenarnya.

Tubuh kita akan mengubah glukosa menjadi energi dengan bantuan insulin. Pada penderita diabetes, glukosa yang diperoleh dari makanan tidak bisa diubah menjadi energi secara maksimal.

Mengapa bisa begitu? Karena tubuhmu tidak memiliki cukup insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi. Sehingga kamu merasa kelelahan karena kurangnya pasokan energi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kekurangan energi akan membuatmu terus merasa lapar secara berlebihan. 

2. Terus Merasa Haus dan Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat 

Gejala lainnya, yaitu muncul rasa haus yang terus-menerus. Rasa haus tersebut terkesan tidak wajar bahkan ada penderita diabetes yang sampai menghabiskan satu galon air dalam sehari.

Perlu kamu tahu bahwa ketika kadar gula tinggi tubuh akan mudah merasa haus. Lalu mengapa penderita diabetes lebih sering buang air kecil? Pada kondisi normal, tubuh akan menyerap kembali glukosa ketika melewati ginjal.

Tapi pada kondisi tubuh penderita diabetes, organ ginjal tidak dapat menyerap kembali semua glukosa yang ada. Sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak urine dan proses ini membutuhkan banyak cairan. Alhasil penderita akan merasa cepat haus dan lebih sering buang air kecil.

Baca Juga: 10 Makanan Untuk Mencegah Diabetes, Yuk Jaga Gula Darah!

3. Luka Sulit Sembuh

Ciri-ciri diabetes selanjutnya adalah luka luar yang sulit atau lama sekali sembuh. Kadar gula yang tinggi bisa mempengaruhi aliran darah sehingga memicu terjadinya kerusakan saraf

Hal tersebut membuat tubuh sulit untuk memperbaiki jaringan sel pada bagian yang terluka. Kondisi ini bisa diperparah ketika penderita sering tidak menyadari muncul luka di kaki karena sarafnya tidak bisa merasakan nyeri lagi seperti biasanya. 

4. Penglihatan Terasa kabur

Ketika pandangan mata terasa kabur bisa jadi itu merupakan gejala diabetes yang juga harus kamu waspadai. Ketika terjadi perubahan kadar cairan di dalam tubuh, lensa mata akan membengkak. 

Tidak hanya mengubah bentuk mata, kondisi ini juga bisa membuat lensa mata menjadi tidak fokus sehingga menyebabkan penglihatan kabur. 

5. Mengalami Infeksi Jamur

Baik penderita laki-laki maupun perempuan, semuanya bisa mengalami infeksi jamur ketika kadar gulanya tinggi. Untuk penderita diabetes perempuan, infeksi jamur biasanya muncul di sekitar vagina dan bisa memicu keputihan. 

Infeksi jamur juga bisa muncul di bagian lipatan kulit yang hangat dan lembap, seperti di antara jari tangan dan kaki, di bawah payudara. 

Jadi, itulah tadi beberapa gejala diabetes di usia muda yang harus diwaspadai. Supaya tidak terserang penyakit diabetes, sebaiknya mulailah hidup sehat. Dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi membeli makanan yang tinggi gula dan lemak. 

Selain menjaga kesehatan tubuh kamu juga perlu menjaga kesehatan finansialmu. Dengan berinvestasi di microfinance marketplace, Amartha. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan mendanai mulai dari Rp100.000 saja! Yuk siapkan dana darurat untuk masa depan dengan mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here