Home Lifestyle 5 Film Tentang Investasi yang Patut Ditonton

5 Film Tentang Investasi yang Patut Ditonton

|

|

|

Bicara mengenai investasi cukup membuat sakit kepala, apalagi bagi orang awam. Sebagian orang masih belum paham mengenai investasi. Padahal, investasi itu sangat penting loh. Anda bisa gunakan investasi untuk masa depan. Lalu apa itu investasi? Menurut KBBI, Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuangan.

Biasanya, investasi itu bisa dalam berbentuk apa saja seperti investasi emas, saham, tanah, dan properti. Namun, ada alternatif investasi lain yang paling “booming” yakni peer to peer lending. Ya, peer to peer lending atau p2p lending inilah yang digunakan Amartha dalam mempertemukan pendana di perkotaan dengan peminjam di pedesaan. Di fintech terpercaya Amartha, pendana mendapatkan keuntungan menarik hingga 15 persen. Fintech aman seperti Amartha ini sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, bagi kamu yang mau memulai investasi atau pendanaan digital tapi masih bingung dan tidak paham. Kamu bisa mempelajarinya dengan menonton film. Berikut ini adalah beberapa film yang mengangkat tema tentang investasi dan keuangan:

The Big Short (2015)

Film The Big Short
Film The Big Short

Film bergenre komedi ini mengisahkan empat pria yang memiliki ide gila saat krisis ekonomi dunia awal tahun 2000-an tengah berlangsung. Krisis tersebut disebabkan oleh perdagangan surat-surat berharga dibidang properti pada bursa saham dalam jumlah yang besar dan mengabaikan risiko pasar, sehingga mengakibatkan kerugian. Sebagian kecil orang menyadari dan mencoba mengambil keuntungan, mereka adalah Christian Bale, Steve Carrell, Ryan Gosling, dan Brad Pitt.

Film ini diadaptasi dari buku berjudul sama karya Michael Lewis. Banyak istilah ekonomi dilontarkan dalam film ini. Meskipun demikian, penonton tidak perlu khawatir karena sang sutradara, Adam McKay berusaha mengadaptasi cerita yang kompleks dengan sangat unik dan mudah dipahami oleh orang awam.

Inside Job (2010)

Film Inside Job
Film Inside Job

Film yang memenangkan Best Documentary Feature pada Oscar 2011 ini mencoba mengajak penonton melihat krisis ekonomi global tahun 2008 silam lebih dekat. Menurut Charles Ferguson, sang sutradara, film ini bercerita tentang korupsi sistematis di Amerika Serikat oleh industri jasa keuangan dan konsekuensi dari korupsi sistematis tersebut.  

Dalam penyusunannya, film ini menggunakan data riset dan melakukan wawancara yang mendalam kepada narasumber yang terlibat dan kompeten untuk mengatasi krisis tersebut. Lima bagian di film ini mengeksplorasi bagaimana perubahan lingkungan kebijakan dan praktik bank bisa membantu menciptakan krisis keuangan.

Boiler Room (2000)

Film Boiler Room
Film Boiler Room

Film ini terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara, Ben Younger. Film ini mengisahkan hidup Seth Davis (Giovanni Ribisi), seorang mahasiswa cerdas yang memilih untuk drop out dan menjalankan bisnis judi illegal di rumahnya. Bisnis itu berkembang pesat hingga mempertemukan Seth dengan Greg Weinstein (pemilik perusahaan pialang). Perusahaan tersebut merekrut Seth dan suatu hari perusahaan bermasalah. Greg meminta Seth untuk mengurusnya, tapi Seth tidak mengetahui apa-apa tentang perusahaan tersebut. Seth didesak oleh FBI dan ayahnya yang berprofesi sebagai hakim. Ia mengatur strategi agar nasabahnya mendapatkan untung dari perusahaan itu.

The Wizard of Lies (2017)

The Wizard of Lies
The Wizard of Lies

Pada tahun 2008, broker saham, penasihat investasi dan pemodal Bernie Madoff menjadi berita utama di seluruh dunia saat dia ditangkap karena melakukan kecurangan finansial terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Kisahnya kemudian diangkat menjadi film dengan judul The Wizard of Lies. Bernie menjalankan skema ponzi pada bisnisnya. Skema ponzi singkatnya adalah sebuah investasi bodong di mana investor tidak pernah benar-benar untung karena modalnya sudah hilang dimakan oleh pemilik usaha dan dibagikan sebagai nominal keuntungan untuk investor lainnya. Bernie kemudian di penjara dan ditinggalkan oleh anak dan istrinya. Film ini disutradarai oleh Barry Levinson dan ditulis oleh Diana Henriques, Sam Levinson, Samuel Baum, dan John Burnham Schwartz. Sementara aktornya ialah Robert De Niro, Michelle Pfeiffer, dan Alessandro Nivola.

The Pursuit of Happyness (2006)

Film The Pursuit of Happyness
Film The Pursuit of Happyness

Film ini menceritakan seseorang yang bernama Chris Gardner beserta keluarganya yang tidak mampu membayar sewa rumah dan tagihan lainnya. Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith kemudian ditinggalkan oleh istrinya ke New York City. Dalam kesendiriannya, Chris Gardner bertemu seseorang yang membawa mobil mewah. Ia menanyakan pekerjaan orang tersebut yang merupakan pialang saham. Sejak saat itu, Chris Gardner ingin bekerja sebagai pialang saham hingga akhirnya ia berhasil menjadi salah satu pialang saham terkaya di dunia.

Yuk, lakukan pendanaan di Amartha. Kamu dapat memulai pendanaan mulai Rp 3 Juta dengan keuntungan hingga 15%.

 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...