Home Finance 5 Fakta Pandora Papers Yang Netizen Wajib Tahu

5 Fakta Pandora Papers Yang Netizen Wajib Tahu

0
108
Sumber Foto: Pexels

5 Fakta Menarik dari Pandora Papers – Masyarakat baru saja dibuat gempar dengan munculnya Pandora Papers Indonesia. Pengungkapan berbagai fakta mengejutkan dari dokumen-dokumen rahasia menarik perhatian publik.

Layaknya kotak pandora, fenomena ini membuka satu per satu rahasia yang selama ini ditutup rapat. Berikut adalah 5 fakta menarik tentang Pandora Papers yang perlu kamu ketahui:

1. Melibatkan 600 Jurnalis

Kejadian ini menjadi sorotan karena dinilai sebagai sebuah pengungkapan fakta berskala besar. Setidaknya ada 600 jurnalis yang terlibat dan semua jurnalis tersebut berasal dari media-media yang berbeda. Di antaranya adalah jurnalis dari BBC, The Guardian, serta The Washington Post. 

Ratusan jurnalis ini bekerja menyelidiki kurang lebih 11,9 juta dokumen yang akan diungkapkan lewat Pandora Papers List. Dalam daftar tersebut setidaknya ada banyak nama pemimpin, mantan pemimpin, politisi, miliarder, dan deretan nama lainnya yang terungkap melakukan tindak kejahatan. Berbagai jenis tuduhan termuat dalam daftar tersebut mulai dari kejahatan pajak hingga pencucian uang.

2. Mengejutkan Layaknya Kotak Pandora

Kamu pasti tahu apa itu kotak pandora. Pandora itu sendiri berasal dari mitologi Yunani dan hadir dalam bentuk guci indah. Disebut pandora karena merupakan hadiah pernikahan yang diberikan kepada tokoh bernama Pandora.

Saat dibuka, kotak tersebut ternyata berisi segala macam jenis teror, kejahatan, hal buruk manusia, wabah, dan lain sebagainya.

Sama seperti itu, Pandora Papers artinya dokumen rahasia yang mengungkapkan semua fakta kejahatan dari berbagai tokoh ternama.

Pada dokumen tersebut tercatat pula nama-nama besar asal Indonesia yang terbukti melakukan berbagai jenis tindak kejahatan. Tentunya hal ini membuat masyarakat semakin heboh dan ingin tahu lebih jauh tentang isi dari dokumen ini.

Baca Juga: Diduga Gelapkan Dana Lenders, OJK Himbau Masyarakat Selektif Pilih P2P Lending

3. Siap Diperiksa PPATK

Sehubungan dengan munculnya daftar Pandora Papers ini, PPATK atau Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan siap untuk melakukan pemeriksaan. Mereka menegaskan bahwa akan melakukan pemeriksaan secara profesional untuk mendapatkan kebenaran atas data-data yang diberikan.

Menurut PPATK, informasi ini tidak dirilis oleh sebuah lembaga resmi namun tetap akan mendapatkan perhatian. Siapapun orang yang disebutkan dalam daftar tersebut akan dianalisis lebih lanjut oleh PPATK.

Verifikasi data masih terus dilakukan untuk melihat profil orang-orang yang masuk ke dalam daftar. Tentunya memang dibutuhkan waktu yang untuk memeriksa kembali daftar nama yang disebutkan dalam Pandora Papers.

4. Pemeriksaan Pejabat Negara

Dalam daftar Pandora tersebut disebutkan nama-nama tokoh penting yang menurut sumber informasi terpercaya juga melibatkan nama pejabat-pejabat tingkat atas.

Tentunya PPATK tidak akan pilih kasih dan tetap memeriksa semua nama termasuk para pejabat tinggi negara. Disebutkan bahwa PPATK akan melakukan analisis dan pemeriksaan berdasarkan Undang-Undang sehingga siapa saja akan diperiksa sesuai prosedur.

5. Lebih Besar dari Panama dan Paradise Papers

Sebelumnya ada Panama Papers yang dirilis pada tahun 2016 dan Paradise Papers pada tahun 2017 silam. Keduanya hampir sama seperti daftar Pandora yang keluar tahun 2021 ini.

Namun jika dibandingkan, Panama dan Paradise Papers ternyata tidak lebih besar skalanya dari Pandora. Diketahui bahwa daftar Pandora melibatkan sumber informasi lebih dari 27.000 perusahaan dan 29.000 pihak.

Terungkapnya Pandora Papers bisa jadi akan berpengaruh pada kondisi perekonomian dunia dan khususnya tanah air. Agar tak berdampak besar pada kondisi finansial sendiri, maka bersiaplah dari sekarang.

Alokasikan dana penghasilan untuk investasi di situs investasi Amartha sedini mungkin. Nilai bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang akan kamu terima bisa menjadi bekal untuk menghadapi kondisi perekonomian yang tidak menentu di masa mendatang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here