5 Fakta Hacker Bjorka yang Retas Data Pemerintah Indonesia

0
1707
Ilustrasi hacker Bjorka. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi hacker Bjorka. sumber: www.istockphoto.com

Baru-baru ini Twitter dan berbagai media sosial lainnya sedang dihebohkan dengan kehadiran hacker Bjorka. Banyak informasi penting yang dibeberkan oleh hacker tersebut, termasuk data rahasia milik pemerintah. 

Bahkan hacker tersebut  juga berhasil meretas 150 juta data penduduk Indonesia dan 1,3 miliar data dari pengguna SIM card. Jelas bahwa kehadiran Bjorka telah membuat pemerintah cukup panik dan ketar-ketir. 

Fakta Menarik Hacker Bjorka

Kamu juga pasti penasaran dengan sosok Bjorka yang sudah membuka banyak informasi penting pemerintah ini. Apalagi kehadiran Bjorka telah jadi bahan perbincangan hangat dan selalu trending di media sosial. Yuk, simak 5 fakta menarik tentang sang hacker berikut ini. 

1. Klaim Orang Polandia

Bjorka mengaku bahwa dirinya merupakan orang asal Polandia. Ini terlihat dari informasi yang dicantumkan di akun Twitter hacker Bjorka dengan username @bjorkanism. 

Namun hal ini jelas tidak bisa dipercaya dan belum dibuktikan kebenarannya karena sosok Bjorka itu sendiri belum dikenali dengan jelas. Bjorka juga mengatakan bahwa dirinya berteman baik dengan orang Indonesia. 

Mereka bertemu di Warsawa, Polandia dan sering berdiskusi tentang betapa kacaunya kondisi di tanah air. Terdengar masuk akal memang, namun hal ini belum bisa dipastikan sampai sekarang. 

2. Menyebut Sistem Perlindungan Data Indonesia Lemah

Melalui akun Twitter-nya, hacker Bjorka juga menyebutkan bahwa sistem perlindungan data di Indonesia sangatlah lemah. Perlindungan data pribadi setiap warganya begitu lemah sehingga tidak sulit untuk melakukan peretasan. 

Bjorka juga menyebut bahwa situs pemerintahan Indonesia tidak memiliki pertahanan keamanan yang cukup baik. Ini menjadi salah satu opini Bjorka yang menyulut emosi para warganet. 

Bagaimanapun juga pemerintah memiliki tanggung jawab dalam melindungi data pribadi warganya. Lalu, apa jadinya jika pemerintah saja tidak memiliki sistem perlindungan data yang kuat? 

Warganet pun mulai tertarik menggali lebih dalam tentang Bjorka karena opini tersebut. Bagaimana denganmu?

Baca Juga: Hati hati, Hacker Bisa Tahu Lokasi Pengguna Telegram via Fitur People Nearby

3. Meretas Banyak Situs

Menariknya lagi, Bjorka telah berhasil meretas begitu banyak situs. Kita mungkin belum tahu siapa hacker Bjorka yang sesungguhnya. Namun satu hal yang kita tahu adalah hacker ini memiliki kemampuan peretasan yang sangat mengancam. 

Sampai detik ini Bjorka telah berhasil meretas situs-situs penting di Indonesia. Dari hasil peretasan tersebut, Bjorka telah membocorkan nomor induk kependudukan milik Johnny G. Plate, sang menteri Kominfo. 

Kemudian, Bjorka juga telah meretas surat pribadi Presiden Jokowi yang seharusnya menjadi milik Badan Intelijen Negara dan bersifat rahasia. Bahkan Bjorka juga telah membocorkan 26 juta data pelanggan IndiHome dan 1,3 miliar data pengguna SIM card

4. Mengandalkan Twitter

Tidak heran jika sosok Bjorka begitu populer dan trending di Twitter. Ia memang menggunakan platform media sosial ini untuk membagikan hasil pencapaiannya. 

Bahkan Bjorka juga sering mengirim cuitan yang ditujukan pada target-target peretasan selanjutnya. Warganet semakin tertarik mengikuti perjalanan Bjorka karena ia selalu membagikan track record-nya melalui Twitter. 

Bahkan ia juga sudah menyebutkan target-target berikutnya seperti Erick Thohir, Denny Siregar, dan Puan Maharani. Siapa tidak tertarik dengan sosok-sosok tersebut?

5. Disebut Pahlawan

Meskipun profil hacker Bjorka masih belum diketahui setelah meretas situs-situs penting milik pemerintah, namun warganet justru memandang Bjorka ini sebagai pahlawan dan memberikan dukungan kepadanya. 

Ini merupakan salah satu bentuk kekecewaan masyarakat terhadap lemahnya sistem keamanan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia.

Sampai detik ini keberadaan hacker Bjorka tidak diketahui secara pasti. Nah, sembari mengikuti perkembangan berita sang hacker kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk masa depan. Lakukan manajemen finansial dengan baik dan ikuti pendanaan di microfinance marketplace Amartha yang memberi peluang imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Modalin UMKM Indonesia mulai dari Rp100.000 aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here