5 Contoh UMKM Berpeluang Tinggi yang Ada di Indonesia

    0
    607
    contoh umkm di bidang kuliner
    Ilustrasi Macaroon, contoh umkm di bidang kuliner. Photos by istockphoto

    Contoh UMKM Untung Besar di Indonesia

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerap dipandang sebagai bisnis kecil. Namun faktanya, profesi ini tergolong ramai peminatnya. Ada banyak sekali contoh UMKM yang potensial dan berpeluang meraup untung besar di Indonesia.

    Contoh UMKM di Indonesia yang berpeluang tinggi datang dari berbagai bidang usaha. Beberapa di antaranya akan kami coba paparkan di sini. Bahkan contoh yang akan kami jelaskan di sini mampu menghasilkan pendapatan yang tak kalah dengan perusahaan besar.

    1. Usaha di Bidang Agribisnis

    Potensi bisnis agribisnis di Indonesia tergolong bagus. Bahkan bisnis ini semakin potensial di tengah pandemi. Pasalnya, di era pandemi Covid-19 masyarakat cenderung lebih menyukai makanan-makanan sehat seperti sayuran, rempah dan buah-buahan.

    Agribisnis merupakan salah satu contoh UMKM di desa yang memiliki peluang besar. Terlebih makanan-makanan sehat saat ini banyak dicari seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan sehat.

    Usaha mikro ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka bercocok tanam maupun berkebun. Selain bercocok tanam, juga ada peluang usaha lainnya seperti menjual pupuk, alat pertanian, bibit tanaman dan lainnya.

    2. Usaha di Bidang Fashion

    Dunia fashion merupakan salah satu bidang usaha yang prospektif. Selain itu, usaha di bidang yang satu ini juga banyak diminati masyarakat. Di sisi lain, produk fashion juga memiliki target pasar yang luas dan juga banyak.

    Ada beberapa produk fashion yang banyak dibutuhkan dan punya target market luas. Beberapa di antaranya yaitu seperti baju, celana, busana muslim, sepatu, dan underwear. Semua item fashion tersebut tergolong banyak dibutuhkan.

    Baca Juga: Cara Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

    Item fashion digunakan oleh setiap orang untuk beraktivitas sehari-hari. Maka tidak heran jika bisnis tersebut memiliki potensi yang sangat besar untuk meraup untuk yang tinggi. Selain itu, bisnis di dunia fashion juga termasuk bisnis yang tidak pernah ada matinya.

    3. Bisnis di Bidang Kecantikan

    Contoh UMKM yang menjanjikan berikutnya juga tidak kalah prospektif dan berpeluang dibandingkan dunia fashion. Bisnis di bidang kecantikan seperti make up maupun skincare saat ini tergolong menjanjikan.

    Saat ini, make up maupun skincare merupakan produk yang bersifat konsumtif. Artinya produk ini digunakan secara rutin oleh kaum perempuan. Inilah yang membuat bisnis kecantikan saat ini menjadi usaha mikro yang potensial.

    Bahkan untuk produk skincare, saat ini tidak hanya untuk perempuan saja. Ada banyak produk khusus untuk pria juga. Dengan begitu, target pasarnya menjadi lebih luas.

    4. Usaha di Bidang Kuliner

    Untuk yang suka mengolah makanan, bisnis di bidang kuliner merupakan contoh UMKM yang menguntungkan. Cocok sekali untuk berbagai kalangan, khususnya untuk yang ahli mengolah makanan.

    Selain makanan berat, bisnis di bidang kuliner juga mencakup aneka makanan ringan. Bisnis kuliner tidak hanya sekedar populer saja, juga termasuk bisnis yang banyak diminati karena termasuk ke dalam kebutuhan pokok.

    5. Make up Artist (MUA)

    Selain menjual produk, usaha mikro juga ada yang bergerak di bidang jasa. Salah satu yang paling diminati dan populer saat ini yaitu MUA atau make up artist. Profesi ini banyak dibutuhkan saat ini.

    Setiap orang pasti ingin tampil memukau pada acara-acara tertentu. Salah satunya seperti pada acara pernikahan. Itulah kenapa, seorang MUA banyak dicari untuk menyempurnakan penampilan di momen-momen yang spesial.

    Beberapa contoh UMKM di atas merupakan yang paling populer dan prospektif. Saat ini bahkan kamu bisa menjadi investor atau pemodal bagi para perempuan CEO UMKM di aplikasi Amartha.

    Download aplikasinya sekarang juga dan dapatkan imbal hasil hingga 15% per tahun. Kamu bisa mulai dengan 100 ribu rupiah saja.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here