5 Contoh Investasi kecil-kecilan yang Paling Direkomendasikan

0
3042
investasi kecil-kecilan
Sumber Foto: Pexels

Investasi Kecil-kecilan yang Cocok untuk Pemula

Kamu masih mahasiswa? Karyawan? Atau ibu-ibu muda? Ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun bingung apa yang harus dilakukan? Salah satu cara untuk bisa mendapatkan pendapatan lebih yaitu dengan melakukan investasi kecil-kecilan. 

Investasi ini hanya membutuhkan modal yang relatif kecil dengan risiko yang minim dan cocok untuk pemula. Banyak orang mengira jika investasi membutuhkan modal besar, sehingga banyak orang merasa keberatan untuk berinvestasi. Padahal, investasi itu sangat penting apalagi untuk kamu yang masih berusia muda.

Mengapa Investasi Itu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa investasi itu penting. Berikut alasannya!

1. Meningkatkan Nilai Uang

Banyak orang yang lebih memilih untuk menabung uangnya dibandingkan dengan berinvestasi. Padahal, dibandingkan menabung investasi jelas lebih bisa memberikan kamu keuntungan. Saat kamu menabung, tabungan kamu akan habis terkuras oleh biaya administrasi. Sedangkan jika berinvestasi, uang yang kamu tanam akan terus berkembang.

2. Mendapatkan Passive Income

Tujuan orang melakukan investasi yaitu untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, sekalipun itu adalah investasi saham kecil-kecilan. Nominalnya bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Semakin kamu paham dengan investasi, kamu akan semakin tertarik untuk menanam nominal yang besar. 

3. Mempersiapkan Masa Depan

Tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan masa depan dari mulai sekarang. Karena seiring berjalannya waktu kamu akan mengalami masa dimana kamu tidak lagi produktif. Dengan memulai investasi sejak muda, kamu akan mendapatkan kemudahan di masa depan.

4. Memiliki Kebebasan Finansial

Poin ini pasti merupakan impian hampir setiap orang. Namun tentu tidak mudah untuk mencapainya. Apalagi jika hanya mengandalkan satu pemasukan saja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kebebasan finansial yaitu dengan mengembangkan dana melalui platform investasi yang ada.

Baca Juga: Kesalahan Investor Pemula Saat Melakukan Investasi

5 Pilihan Investasi Kecil-kecilan untuk Pemula

Sumber Foto: Shutterstock

Setelah mengetahui seberapa penting investasi itu, ada beberapa pilihan investasi kecil-kecilan yang bisa kamu coba.

1. Investasi Reksa Dana

Reksa dana saat ini menjadi sebuah investasi yang cukup populer sepanjang tahun. Bukan hanya cukup ideal untuk pemula, kamu juga akan belajar dan mengenal lebih dalam tentang dunia saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.

2. Investasi Emas

Pilihan investasi berikutnya yaitu investasi emas. Emas dikatakan cocok untuk pemula karena memiliki tingkat inflasi yang relatif rendah. Kelebihan lainnya yaitu, emas memiliki sifat likuid yaitu bisa diperjualbelikan dengan mudah. 

Proses jual belinya pun dapat berlangsung dengan cepat. Keuntungan yang mungkin bisa kamu dapatkan dari investasi emas yaitu sekitar 2-4% saja per tahunnya.

3. Investasi Deposito

Investasi deposito bisa jadi pilihan investasi kecil-kecilan untuk mahasiswa. Karena, investasi ini memiliki tingkat risiko yang rendah, dan sangat aman. Mengapa begitu? Karena, dana yang kamu simpan dalam bentuk deposito akan disimpan di bank sebagai bagian dari produk keuangan yang ditawarkan.

4. Investasi P2P Lending

Peer-to-Peer Lending atau P2P Lending adalah salah satu instrumen investasi yang saat ini banyak mencuri perhatian. Cukup dengan modal kecil saja, kamu sudah bisa ikut berinvestasi.

Salah satu P2P Lending yang bisa kamu coba adalah Amartha. Cara kerjanya yaitu dengan mengumpulkan uang dalam satu wadah resmi, kemudian dikelola oleh Amartha dan disalurkan pada pihak yang membutuhkan modal. Biasanya sasarannya adalah pelaku usaha UMKM. 

5. Trading Saham

Jika kamu ingin mencari investasi dengan keuntungan yang besar, trading saham bisa jadi pilihan. Namun risiko yang akan kamu dapatkan juga sebanding. Dalam trading saham kamu akan melakukan jual-beli lembar saham yang harganya sangat fluktuatif karena bisa berubah dengan cepat.

Itulah beberapa contoh investasi kecil-kecilan yang bisa kamu coba mulai sekarang. Bagi kamu yang masih bingung ingin berinvestasi di mana, yuk coba berinvestasi P2P lending Amartha! Psstt… kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here