5 Cara Usaha di Rumah Sambil Mengurus Anak

    0
    245
    cara usaha di rumah sambil mengurus anak
    Sumber Foto: Pexels

    Cara Usaha di Rumah Sambil Mengurus si Kecil

    Memangnya bisa usaha di rumah sambil mengurus anak? Ibu-ibu muda yang masih produktif biasanya sering dilema dengan pertanyaan tersebut. Ingin memulai, tapi tidak tahu bagaimana cara usaha di rumah tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ibu. 

    Tidak sedikit wanita yang ingin menjadi wanita karier sekalipun pemasukan sehari-harinya sudah cukup. Untuk kamu yang ingin menjalankan usaha di rumah tapi bisa sambil mengurus si kecil, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa kamu coba.

    5 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah 

    Sumber Fot: Pexels

    Kewajiban utama seorang ibu memang mengurus anak. Namun tidak salah jika kamu tetap ingin melakukan keduanya, menjadi pelaku usaha dan menjadi ibu yang baik. Untuk itu, kamu akan membutuhkan 5 tips di bawah ini.

    1. Niat yang Kuat

    Hal yang paling penting ketika akan mulai untuk menjalankan sebuah usaha pastinya adalah niat. Baik itu usaha besar ataupun kecil, jika diawali dengan niat yang sungguh-sungguh dan konsisten ketika menjalaninya, tidak menutup kemungkinan untuk mencapai kesuksesan. 

    2. Sesuaikan dengan Passion

    Tips berikutnya yaitu pilih usaha yang sesuai dengan passion kamu. Cara membuka usaha sendiri di rumah ini, cukup efektif agar niat kamu tetap konsisten saat menjalani usaha. Misalnya kamu memiliki hobi memasak, maka kemungkinan usaha rumahan yang cocok untuk kamu yaitu dalam bidang kuliner.

    3. Manajemen Keuangan yang Baik

    Dalam menjalankan usaha, manajemen keuangan merupakan sebuah keahlian yang wajib kamu miliki. Hal ini berguna agar kamu dapat mengatur siklus keuangan. Kamu harus mulai belajar memperhitungkan keuntungan yang akan kamu dapat setiap bulannya, pengeluaran, kebutuhan barang pokok, hingga pengeluaran yang tidak terduga.

    Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Bisnis Rumahan Dengan 5 Cara Ini!

    4. Hitung-menghitung

    Setelah belajar manajemen keuangan, saatnya kamu belajar hitung-menghitung modal awal yang akan digunakan. Jika ada pinjaman, jangan lupa untuk dikalkulasikan juga. Cara usaha di rumah ini, bisa membuat siklus keuangan kamu menjadi lebih teratur.

    5. Pinjaman

    Jika kamu merasa modal usaha yang kamu miliki masih belum mencukupi, mencari dana pinjaman boleh-boleh saja dilakukan. Namun, sebaiknya jangan mengambil pinjaman yang terlalu besar. Hal ini bertujuan untuk menghindari terhambatnya proses pengembalian uang yang akan menghambat siklus keuangan kamu.

    Pilihan Usaha Menjanjikan dari Rumah

    Sumber Foto: Pexels

    Setelah mengetahui beberapa cara usaha di rumah sendiri, mungkin saat ini kamu masih bingung, kira-kira usaha seperti apa yang bisa kamu jalani sambil mengurus sang buah hati? Tidak usah bingung! Karena berikut kami berikan beberapa pilihan usaha yang menjanjikan di rumah.

    1. Usaha Kuliner

    Kuliner bisa dibilang adalah jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Karena, makanan merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Bisnis kuliner juga bisa disesuaikan dengan passion kamu. Misalnya kamu lebih suka membuat jenis makanan berat, atau membuat kue-kue kering.

    2. Kerajinan Tangan

    Jika kamu memiliki kreativitas yang tinggi, cobalah cara usaha di rumah yang menjanjikan ini. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu untuk membuat kerajinan seperti gelas plastik, batok kelapa, bahkan tali rapia.

    3. Jasa Jahit

    Jasa jahit juga memiliki peluang yang bagus jika kamu punya keahlian menjahit. Modalnya yaitu kamu harus memiliki mesin jahit terlebih dahulu.

    4. Penulis

    Jika kamu suka menulis, salurkan hobi kamu dengan menjadi penulis blog. Kamu bisa berbagi banyak informasi dalam sebuah blog. Agar blog berjalan baik, lakukan pemasaran dengan memasang iklan dan lakukan promosi blog kamu. 

    5. Jual Pulsa

    Saat ini penjual pulsa juga banyak dibutuhkan. Bahkan kini kamu tidak harus membuka toko untuk bisa menjualnya. Cukup disebar melalui sosial media atau yang lainnya seperti Whatsapp. 

    Itulah beberapa cara usaha di rumah yang bisa kamu lakukan. Masih belum cukup? Kamu bisa coba investasi di P2P Lending Amartha dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here