5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Yuk Hidup Sehat!

0
89
Ilustrasi menjaga kesehatan ginjal. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi menjaga kesehatan ginjal. sumber: www.istockphoto.com

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk dilakukan. Saat fungsi ginjal terganggu, maka tubuh akan mengalami beberapa komplikasi yang serius. hingga menurunnya kualitas hidup. Itu sebabnya kamu harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengenal Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ginjal tetap sehat adalah sebagai berikut: 

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Menjalani pola makan yang sehat terbukti bermanfaat bagi tubuh, termasuk pada kesehatan ginjal. Untuk itu, mulailah menerapkan pola makan yang sehat, antara lain: 

  • Memperbanyak konsumsi buah seperti buah ceri, apel, pisang, dan sayuran yang rendah kalium seperti lobak, terong, dan kol.  
  • Hindari makanan yang mengandung purin dan lemak seperti jeroan. 
  • Membatasi asupan garam. 
  • Membatasi konsumsi gula. 

2. Menjaga Kebutuhan Cairan

Salah satu cara mengetahui ginjal sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, terutama air putih. Sebab, kekurangan cairan bisa membuat penyaringan di dalam ginjal dihentikan sehingga menimbulkan infeksi dan batu ginjal. Walaupun demikian, tetap perhatikan jangan sampai minum air putih kebanyakan. Untuk memastikan, kamu bisa konsultasi dengan dokter mengenai asupan air yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. 

Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Sebab, efek diuretik pada alkohol akan meningkatkan jumlah urin sehingga ginjal sulit mengatur cairan tubuh dan aliran urin. Jika sudah demikian, maka fungsi ginjal akan semakin menurun dan berpeluang terkena penyakit ginjal. 

3. Olahraga Secara Rutin

Salah satu manfaat menerapkan pola hidup sehat adalah agar fungsi ginjal tetap terjaga, yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat, tetapi pilih saja jenis olahraga yang kamu gemari. Misalnya, jogging, berenang, berjalan kaki, bersepeda, senam, yoga, dan lain-lain. Dengan berolahraga secara teratur kamu akan terhindar dari risiko berbagai penyakit seperti gangguan kesehatan jantung, kerusakan ginjal, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.   

4. Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Stop Merokok

Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah menghindari atau bahkan berhenti merokok. Kandungan nikotin yang ada pada rokok terbukti bisa merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. 

5. Tidak Sembarang Minum Obat dan Vitamin

Konsumsi obat yang terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak juga bisa membuat ginjal rusak. Beberapa jenis obat ada yang harus diminum sesuai rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal. Sebab, ginjal memiliki peranan dalam pembuangan sisa obat yang ada pada tubuh. 

Salah satu jenis obat yang bisa membahayakan ginjal dikonsumsi dalam jangka panjang adalah obat anti nyeri. Walaupun dijual bebas, sebaiknya hindari jenis obat-obatan yang memiliki potensi merusak ginjal seperti ibuprofen, naproxen, dan NSAID. 

Baca Juga: 5 Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Waspada ya Moms!

Cara Mengecek Kesehatan Ginjal Sendiri

Selain mengecek ginjal secara medis, kamu bisa melakukan pengecekan secara mandiri. Ada beberapa cara cek ginjal sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah, antara lain: 

  1. Tubuh tidak mengalami kram atau bengkak menandakan bahwa ginjal kita sehat. 
  2. Warna urin terlihat jernih yang menandakan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Jika ginjal bermasalah, maka urin akan terlihat berbusa dan berwarna keruh serta disertai dengan darah.  
  3. Frekuensi buang air kecil yang jarang atau keluar lebih sedikit dari biasanya menandakan bahwa kondisi ginjal sedang bermasalah. 
  4. Jika bisa tidur dengan nyenyak, itu tandanya ginjal dalam kondisi sehat. Sebaliknya, pada penderita penyakit ginjal umumnya mengalami sleep apnea.

Agar lebih yakin, kamu bisa melakukan pemeriksaan ginjal secara medis seperti tes urin, kreatinin darah, GFR, BUN, dan lain-lain. Semua itu tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Agar tabungan masa depan kamu tetap aman, sebaiknya terapkan semua cara menjaga kesehatan ginjal yang sudah disebutkan di atas dan mulai berinvestasi di Amartha. Dengan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun, maka tabungan kamu akan terus meningkat dan bisa digunakan saat ada keperluan mendesak. Yuk, investasi sekarang di Amartha.  

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here