icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 5 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
icon-lang
icon-lang

5 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

By Team Amartha Blog - 29 Oct 2022 - 3 min membaca

Kepuasan pelanggan jadi aspek penting dalam sebuah bisnis. Salah satu caranya yakni dengan meningkatkan layanan pelanggan. Tidak hanya sekadar bertransaksi, tapi melayani segala hal kebutuhan dari pelanggan.

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus mengetahui dan memahami hal tersebut. Supaya pelanggan tidak kabur karena pelayanan yang tidak memuaskan. 

Lantas bagaimana ya cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan? Simak artikel ini hingga akhir ya!

5 Tips Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pelayanan pada bisnis. Antara lain:

1. Membantu Pelanggan Mendapatkan Kebutuhan

Mengapa pelanggan datang ke bisnis kamu? Jelas saja untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Maka dari itu, kamu wajib untuk membantu pelanggan mendapatkan kebutuhannya.

Misalnya saja bisnismu dalam bidang jasa wedding organizer. Cara meningkatkan kualitas pelayanan jasa ini adalah dengan menanyakan kemauan pelanggan dan berusaha mewujudkan konsep pernikahan impian mereka.

Meski pelanggan meminta banyak hal, kamu wajib mengusahakan untuk mendapatkan kebutuhannya. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan kepuasan dengan bisnis jasa kamu dan tidak ragu untuk kembali menyewa jasa kepadamu.

2. Mampu Memberikan Solusi

Dalam setiap transaksi, tidak jarang jika ada permasalahan yang muncul. Misalnya saja ada barang pelanggan yang tidak ada di tokomu, atau hal lainnya. Nah, kamu harus bisa menawarkan solusi terkait permasalahan tersebut.

Cara memberikan layanan pelanggan satu ini ada bermacam-macam. Seperti menyarankan mengganti barang dengan merek lain, atau barang dengan fungsi sama. Atau jika kamu memiliki toko di pasar, kamu bisa mencarikan barang tersebut ke rekanan. 

Pastikan kamu bisa memberikan solusi namun tidak memaksa untuk menurutinya. Agar, pelanggan tertarik untuk kembali ke toko kamu.

Baca Juga: 6 Faktor yang Pengaruhi Kepuasan Pelanggan. Wajib Catat! 

3. Menyediakan Layanan Komplain

 Tidak banyak bisnis yang menyediakan layanan pelanggan untuk komplain. Mulai sekarang, sediakan layanan ini ya. Apalagi jika kamu tidak bekerja secara langsung untuk mengontrol bisnis.

 Kamu bisa mencantumkan nomor untuk layanan ini. Kemudian tangani komplain dengan baik. Jangan lupa untuk mengakui kesalahan apabila benar ada kesalahan yang dilakukan oleh karyawanmu. 

 4. Memberikan Pelayanan yang Cepat dan Tepat

 Kualitas pelayanan bisnis juga bisa dilihat melalui kecepatan penanganannya. Apalagi jika bisnismu merupakan toko yang sangat ramai. Penting sekali untuk melayani pelanggan secara cepat dan tepat.

Kamu harus tahu jika pelanggan tidak suka apabila pelayanan sangat lama. Padahal tidak ada masalah yang berarti pada tokomu. Namun selain cepat, ketepatan juga perlu. 

Hindari melakukan kesalahan seperti keliru memberikan barang, atau bahkan salah mengerti maksud dari pelanggan. Perhatikan betul apa yang pelanggan minta sebelum melayaninya.

 5. Menerima Kritik dan Saran

Jadilah pebisnis yang terbuka dengan kritik dan saran. Tujuannya tentu supaya bisnis kamu bisa berkembang maju, setelah mendapatkan banyak kritik dan saran dari pelanggan.

Buatlah sebuah kertas kepuasan pelanggan beserta kritik dan saran apabila kamu memiliki toko offline. Minta pelanggan untuk mengisinya untuk mengetahui review atau testimoni toko kamu.

Namun apabila bisnis bergerak melalui daring atau online, kamu bisa membuat form untuk kritik dan saran. Kamu juga bisa menanyakan secara langsung masukan untuk bisnis melalui obrolan pesan.

Jadi, itulah lima cara meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Kamu sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut agar kepuasan para pelanggan dapat meningkat dan bisnis pun berjalan lancar. Apabila kamu belum memiliki suatu bisnis, maka kamu juga bisa berinvestasi dan mendaftar sebagai pemberi pinjaman (lender) di Amartha.

Amartha adalah microfinance marketplace yang mempertemukan para lender dengan para borrower untuk membantu perkembangan bisnis UMKM di pedesaan Indonesia. Cuma dengan modalin mulai Rp100.000 aja, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

5 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png