5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik

0
93

Salah satu pengeluaran rumah tangga yang menjadi beban terbesar setiap bulannya adalah biaya tagihan listrik. Meski begitu, bagi sebagian besar masyarakat, akan sangat kesulitan untuk melepaskan diri dari ketergantungan penggunaan listrik.

Pasalnya, banyak perangkat elektronik yang perlu dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup dan harus tersambung dengan listrik. Nah, agar tidak perlu membayar biaya tagihan listrik yang terus meningkat, ada baiknya kamu melakukan beberapa cara ini untuk memaksimalkan penggunaannya.

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi biaya tagihan listrik:

1. Matikan Barang Elektronik Saat Tidur

Cara pertama untuk mengurangi biaya tagihan listrik adalah mematikan barang elektronik saat tidur. Cara yang satu ini sebenarnya relatif mudah dilakukan, hanya saja banyak orang yang sering mengabaikannya.

Padahal, kamu Cuma perlu membiasakan diri menjadi lebih disiplin saja. Bagi yang memiliki kebiasaan sering ketiduran, sebaiknya mulai perbaiki kebiasaan ini.

Matikan barang elektronik seperti televisi, komputer, dan lampu. Jika masih terus dibiarkan, maka tagihan listrik akan berdampak buruk bagi pengeluaranmu. Mematikan lampu ketika tidur selain dapat menghemat pengeluaran juga bisa merelaksasi tubuh. Istirahat saat tidur juga menjadi lebih maksimal.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan AC

Di banyak rumah, AC merupakan perangkat elektronik yang memakan energi listrik paling besar dibandingkan peralatan lainnya. Mengurangi penggunaan AC, akan membuat biaya tagihan listrik berkurang drastis.

Jika memang sulit melepaskan dari ketergantungan pendingin ruangan, sebaiknya pilih AC yang memiliki kemampuan hemat energi dari pabrik pembuatnya, seperti AC otomatis yang bisa menaikkan atau menurunkan suhu secara otomatis di dalam ruangan.

Selain itu, hindari penggunaan AC di ruangan yang terlalu luas. Jika ingin hemat listrik, AC sebaiknya hanya dipakai di ruangan yang kecil seperti kamar.

3. Gunakanlah Lampu LED yang Lebih Hemat Energi

Jika saat ini kamu masih menggunakan bola lampu pijar di dalam rumah, maka segeralah beralih untuk menggunakan lampu LED.

Hal ini perlu dilakukan karena LED merupakan pilihan terbaik untuk menerangi rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.

4. Lepas Kabel Steker Jika Tidak Digunakan

Biasakanlah diri untuk melepas kabel steker jika sudah tidak digunakan. Cara menghemat biaya tagihan listrik yang satu ini sangat bisa diandalkan. Sebab, ketika kabel steker tidak dicabut meski tidak digunakan, aliran listriknya tetap mengalir. Hal inilah yang akan membuat tagihan listrikmu secara tidak sadar membengkak.

Jadi, lebih baik lepas kabel steker tiap kali selesai memakainya. Seperti kabel steker pada TV, komputer, charger ponsel, dan lain sebagainya. Kebiasaan seperti hanya akan membuat aliran listrik terbuang dengan sia-sia.

Menekan tombol off/mati saja tidak cukup. Lebih baik untuk melepas kabel steker jika sudah tidak digunakan. Kebiasaan ini sangat berpengaruh besar terhadap tagihan listrik rumah tangga. Bahkan sangat bisa menghemat penggunaan listrik di perusahaan, sekolah, maupun universitas.

5. Perhatikan Penggunaan Kulkas

Memperhatikan penggunaan lemari pendingin juga terhitung penting dilakukan. Mulai sekarang, cobalah untuk menyimpan bahan makanan seperlunya di lemari pendingin. Sebab, lemari pendingin yang diisi dengan banyak barang, dayanya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Semakin banyak barang dalam lemari pendingin maka semakin besar pula daya yang digunakan.

Hilangkan juga kebiasaan terlalu lama membuka pintu lemari pendingin. Sebab, kebiasaan ini akan membuat mesin bekerja lebih tinggi. Mesin pendingin akan menyesuaikan suhu di dalam dan di luar hingga membuat daya listrik menjadi lebih berat.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi biaya tagihan listrik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here