5 Cara Mendapatkan Kekayaan Dari Investasi

0
59
Sumber Foto: iStockphoto

Siapa sih yang tidak ingin jadi kaya? Hampir semua orang di seluruh Dunia pasti ingin mewujudkan impiannya untuk bisa menjadi orang kaya.

Namun, meraih kekayaan tentulah bukan hal yang mudah untuk diraih. Apalagi, jika kamu bukan termasuk orang dengan privilege dan harus memulai segalanya dari nol.

Karena itu, investasi menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan kekayaan. Sebab, ketika kamu melakukan investasi, maka uang yang kamu miliki bisa bertumbuh dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan.

Dengan begitu, kamu bisa terus meningkatkan nilai uangmu dan semakin dekat untuk menjadi orang kaya. Nah, berikut ini Money+ rekomendasikan 5 cara mendapatkan kekayaan dari investasi!

merdeka finansial

1. Mulai dengan Modal Kecil Terlebih Dahulu       

Apabila kamu termasuk pemula, ada baiknya memulai investasi dengan modal sedikit demi sedikit untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, pilih juga instrumen investasi yang sudah terjamin dan punya performa baik selama 5 hingga 10 tahun terakhir. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan bersertifikasi untuk membuat rencana investasimu.

2. Tanamkan Mindset yang Tepat untuk Berinvestasi  

Tanamkan mindset yang tepat sebelum mulai berinvestasi. Beberapa contoh mindset yang bisa kamu tanamkan misalnya optimis, pantang menyerah dan tidak takut mengambil risiko.

Perlu kamu tahu, mindset adalah salah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang selain kerja keras, pengalaman, skill, network dan sebagainya.

Sebab, pada dasarnya mindset mempengaruhi kebiasaan dan tindakan setiap harinya. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh mindset memiliki persentase 80% dan 20% adalah skill. Mindset membawa dampak yang signifikan dalam mencapai kesuksesan.

3. Lakukan Diversifikasi Investasi     

Bangunlah portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan menempatkan danamu di beberapa instrumen yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara risiko dan pengembalian dari portofolio investasi milikmu.

Hindari berinvestasi dengan hanya memilih satu produk saja. Pelajari kembali produk-produk investasi yang sesuai dengan profil risiko investasimu. Usahakan selalu untuk memiliki beberapa produk investasi agar kamu tetap bisa meraih tujuan keuanganmu.

Baca Juga: 6 Bias Psikologis yang Bisa Menghambatmu dalam Membangun Kekayaan

4. Jangan Berlebihan      

Ketakutan besar sebagian orang adalah kehilangan uang saat berinvestasi. Karena itu, sebaiknya tetap tenang dalam menyikapi kondisi yang ada dan sebisa mungkin untuk tidak berhutang saat berinvestasi. Terlalu berlebihan dalam berinvestasi akan mempengaruhi mental dan psikologis. khususnya untuk para investor pemula.

5. Pilih Platform Investasi yang Paling Tepat Untukmu

Supaya bisa berinvestasi dengan efisien dan mendapat untung maksimal maka kamu perlu memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuanmu secara finansial.

Sebaiknya jangan gegabah dalam berinvestasi, apalagi hanya sekadar ikut-ikutan tren saja. Ingatlah untuk mempelajari baik-baik produk investasinya dan pilih yang sesuai dengan tujuan keuanganmu.

Perlu kamu tahu, saat ini terdapat berbagai jenis investasi yang bisa dipilih, seperti saham, obligasi, reksadana, hingga P2P Lending yang sekarang sedang populer. Adapun, P2P Lending merupakan salah satu jenis investasi yang memungkinkan semua orang untuk memberikan atau mengajukan pinjaman satu sama lain tanpa menggunakan jasa dari bank sebagai perantara.

Semuanya diwadahi oleh perusahaan yang khusus bergerak di Peer to Peer (P2P) Lending. Berdasarkan jenis peminjamnya, P2P lending dibagi dua yaitu P2P Lending Konsumtif dan P2P Lending Produktif.

Disebut produktif karena peminjam dananya adalah para pengusaha mikro. Sementara itu yang konsumtif adalah P2P lending yang membebaskan peminjamnya menggunakan uang tersebut untuk apa pun. Dari segi tenor, P2P lending juga beragam. Ada yang setahun, dua tahun, dan bahkan ada hitungan hari saja.

Nah, salah satu platform P2P Lending Produktif yang bisa kamu coba untuk mengumpulkan kekayaan adalah platform investasi Amartha.

Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P Lending Produktif yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Dengan berinvestasi di Amartha sebagai pendana, para investor juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here