5 Cara Menarik Konsumen Baru. Efektif Menaikkan Omset!

0
64
Ilustrasi cara menarik konsumen baru. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi cara menarik konsumen baru. sumber: www.pexels.com

Sebagai pemilik sebuah bisnis, tentu strategi dan cara menarik konsumen sudah sangat familiar dan sering dilakukan. Tidak heran jika kamu memiliki sebuah bisnis, dinamika dan cara untuk menarik konsumen selalu ditingkatkan.

Banyak sekali cara menarik perhatian pembeli yang wajib kamu ketahui dan pelajari sebagai seorang pebisnis. Pada artikel ini akan dijelaskan detail mengenai cara menarik minat pelanggan dan membuat bisnis kamu lebih menarik.

5 Cara Menarik Konsumen Baru dan Pertahankan yang Lama

Ada beberapa strategi atau tips yang dapat kamu gunakan ketika berhubungan dengan cara untuk menarik perhatian konsumen. Adanya bantuan pada era digital juga mempermudah untuk melakukan hal ini. Menarik konsumen tidak hanya terbatas pada menjadi sales yang menarik.

Strategi dan trik lainnya juga diperlukan yang mana akan kamu pelajari di bawah ini. 5 ide untuk menarik pelanggan yang paling efektif dan unik dapat kamu contoh berikut ini:

1. Gunakan Media Sosial Tiktok

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Tiktok menjadi platform yang paling banyak digandrungi masyarakat. Berbagai konten menarik, lucu dan unik ada semua di sana. Hal ini tentu dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu.

Buatlah ide-ide atau konten menarik yang mana dapat menarik perhatian konsumen baru dan lama bisnis kamu. Misal, kamu membuat video ala drama Korea dan nanti disisipkan promosi produk yang kamu jual. Dijamin konsumen akan tertarik melihat akun bisnis milikmu.

2. Bangun Relasi Lebih Banyak

Cara menarik konsumen berikutnya adalah membangun networking atau relasi sebanyak mungkin. Hal ini akan berpengaruh pada engagement bisnis milikmu, terlebih jika kamu melakukan kolaborasi bisnis satu sama lain.

Relasi pada sebuah bisnis sangat amat vital yang mana dapat membuat bisnis kamu memiliki brand awareness yang lebih tinggi. Adanya relasi juga dapat membawa bisnis kamu ke arah yang lebih banyak menarik perhatian konsumennya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

3. Perbanyak Giveaway dan Promo

Siapa yang tidak senang dengan adanya promo dan giveaway? Bagi kamu yang memiliki bisnis dan ingin menarik perhatian pelanggan baru dan lama. Kamu dapat mengadakan promo dan giveaway beberapa kali.

Ketika mengadakan promo dan giveaway pastikan kamu meminta imbalan, contohnya promosi beli produk setengah harga apabila mengajak seorang teman. Banyak sekali cara untuk menarik konsumen baru sekaligus mempertahankan pelanggan. 

4. Buat Program Loyalitas

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu dapat membuat program loyalitas atau membership dengan manfaat menarik. Hal ini dijamin akan menarik perhatian konsumen baru maupun mempertahankan yang lama.

Kamu wajib untuk memikirkan program-program loyalitas yang menarik dan juga unik. Selain itu, program loyalitas tersebut juga dapat menguntungkan konsumen. Agar nanti bertujuan agar konsumen bisnismu akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

5. Berikan Layanan Cepat dan Tepat

Cara menarik konsumen terakhir, kamu dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Tidak ada hal yang paling disukai oleh konsumen selain pelayanan produk yang cepat dan instan. Jaman sekarang, kebutuhan sebuah produk akan mendapat nilai plus apabila pelayanannya instan.

Maka dari itu, kamu wajib untuk memberikan pelayanan terbaik dan instan kepada konsumen. Jika kamu dapat memenuhi aspek tersebut, dijamin bisnis kamu akan semakin meningkat dan market kamu akan semakin luas. Itulah 5 cara menarik konsumen baru maupun lama yang dapat kamu coba dalam berbisnis.

Apabila kamu belum memiliki suatu bisnis, maka kamu juga bisa berinvestasi dan mendaftar sebagai pemberi pinjaman (lender) di Amartha. Amartha adalah microfinance marketplace yang mempertemukan para lender dengan para borrower untuk membantu perkembangan bisnis UMKM di pedesaan Indonesia. Cuma dengan modalin mulai Rp100.000 aja, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here