Home Business 5 Cara Membangun Networking Untuk Bisnis Kamu

5 Cara Membangun Networking Untuk Bisnis Kamu

0
292

Dalam membangun bisnis, networking adalah hal yang sangat krusial dilakukan. Buat orang-orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis tentunya sudah memahami betapa pentingnya networking tersebut. Pada faktanya, setiap bisnis memang memerlukan networking karena sebuah bisnis tidak pernah dapat berdiri sendiri.

Perlu kamu tahu, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari networking saat merintis bisnis seperti menambah wawasan bisnis, mendapatkan solusi dari persoalan saat berbisnis, hingga meningkatkan penjualan. Lantas, bagaimana caranya ya dalam membangun networking untuk bisnis? Berikut beberapa caranya!

1. Gabung dengan Organisasi/Komunitas Pengusaha  

Apabila kamu ingin menambah networking untuk bisnis secara signifikan, caranya adalah dengan bergabung ke tempat atau wadahnya langsung. Misalnya, seperti organisasi profesional untuk pengusaha ataupun komunitas komunitas entrepreneur.

Nah, setelah kamu bergabung, sebaiknya cobalah membangun relasi dengan anggota-anggota lainnya di dalam organisasi/komunitas pengusaha tersebut. Kamu bisa memulainya dengan mencari orang-orang yang merintis bisnis yang sama denganmu, bisa saja mereka nantinya akan bisa menjadi mitra bisnismu.

2. Rutin Mengikuti Seminar  

Tidak hanya mendapatkan beragam ilmu maupun keterampilan baru, kamu juga bisa membangun networking untuk bisnis saat mengikuti seminar ataupun forum. Dalam seminar maupun forum, kamu punya kesempatan untuk menjalin relasi dengan orang-orang baru yang mungkin punya ketertarikan jenis bisnis yang sama denganmu.

Kuncinya, hanya perlu memberanikan dirimu untuk berkenalan dengan peserta lain, setelah itu jangan ragu untuk menggali keahlian dan pengetahuan dari kenalan baru tersebut.  

3. Datang ke Berbagai Acara Sosial  

Cara berikutnya untuk membangun networking untuk bisnis adalah datang ke ragam acara sosial, seperti ulang tahun kantor, kegiatan amal perusahaan, atau acara olahraga antar perusahaan. Walaupun acara-acara tersebut kasual dan santai, kegiatan tersebut dapat membantumu dalam membangun networking baru.

Selain itu, manfaatkan suasana acara itu yang jauh lebih santai dan informal untuk berbincang-bincang dengan orang lain. Jika beruntung, kamu bisa saja menemukan rekanan bisnis baru.

4. Tukar Kartu Nama   

Walau tampaknya sederhana, ternyata kartu nama punya peran krusial saat kamu ingin membangun networking untuk bisnis. Kartu nama adalah perangkat penting yang bisa menjadi personalisasi identitasmu ketika ingin memperluas jaringan bisnis.

Saat ingin berkenalan dengan rekan baru dalam berbisnis, jangan pernah ketinggalan untuk memberikan kartu nama. Kartu nama ini punya dampak yang sangat besar karena merupakan sumber informasi yang mempermudah rekan baru dalam berbisnis tersebut untuk menghubungi kamu.

5. Manfaatkan Internet

Perkembangan teknologi saat ini dapat membuat kamu untuk menciptakan profil bisnis milikmu di internet. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial yang berorientasi pada bisnis seperti LinkedIn. Setelah itu, kamu dapat menambahkan orang-orang yang kamu kenal sebelumnya, siapa tahun mereka bisa mengarahkamu ke jaringan yang lebih luas.

Selain membangun networking untuk bisnis, investasi juga instrumen penting untuk menyiapkan dana darurat dalam berbisnis. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here