5 Cara Membangun Kesetaraan Gender dalam Dunia Kerja

0
5757
Ilustrasi kesetaraan gender di tempat kerja. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi kesetaraan gender di tempat kerja. sumber: www.pexels.com

Kesetaraan gender dalam dunia kerja bukanlah hal yang sepele dan selalu layak untuk diperjuangkan. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga di tahun 2021 lalu, pentingnya kesetaraan gender dalam dunia kerja tidak hanya untuk perusahaan melainkan untuk juga ekonomi bangsa. Ini karena dalam penelitian dari International Labor Organization (ILO) menunjukkan bahwa kesetaraan gender di lingkungan kerja dapat meningkatkan profit perusahaan sebesar 5-10%.

Lebih lanjut, kasus kesetaraan gender di dunia kerja telah sukses meningkatkan kinerja, produktivitas, inovasi dan kreativitas pegawai sebesar 66%. Sementara jumlah dan minat konsumen terhadap produk dari perusahaan juga meningkat hingga 46%. Contoh kesetaraan gender dalam pekerjaan ini menunjukkan bahwa peran dan potensi perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesetaraan gender berarti memberikan kesempatan, hak, dan tanggung jawab yang sama antara laki-laki dan perempuan. Entah itu dalam urusan pekerjaan atau keseharian, laki-laki dan perempuan sudah seharusnya memiliki kedudukan dan otoritas yang sama. 

Cara Mewujudkan Kesetaraan Gender dalam Dunia Kerja

Memenuhi Hak-hak Ketenagakerjaan 

Hak dasar seorang pegawai salah satunya adalah cuti. Bagi perempuan dan laki-laki mereka punya sebagai orang tua di keluarganya, maka selain cuti melahirkan untuk perempuan. Memberikan cuti pasca melahirkan untuk para suami juga diperlukan untuk mendukung peran mereka sebagai ayah. Tidak lupa hak cuti saat menstruasi maupun keguguran juga penting untuk dipenuhi bagi pegawai perempuan. 

Melibatkan Perempuan dalam Pengambilan Keputusan 

Sering kali perempuan dikesampingkan jika berhubungan dengan memimpin. Sementara perempuan memiliki kapasitas yang sama baik dalam memimpin maupun mengambil keputusan. Pelibatan ini juga termasuk untuk organisasi dalam perusahaan yaitu serikat pekerja. Dengan menempatkan perempuan pada serikat pekerja, hak-hak dan kewajiban perempuan bisa dijaga dan tidak dilupakan.

Baca Juga: Diskriminasi Kesetaraan Gender Di Tempat Kerja Menurunkan Kesehatan Mental?

Memberi Gaji yang Sama Antara Perempuan dan Laki-laki

Meski bisa dibilang laki-lakilah yang dituntut sebagai tulang punggung keluarga, bukan berarti perempuan perlu mendapatkan gaji yang setara dengan apa yang diberikan pada laki-laki. Nyatanya, banyak perempuan yang juga menjadi tulang punggung keluarga, sehingga kesetaraan dalam memberi upah ini tidak boleh diabaikan.

Memberikan Kesempatan Jenjang Karir yang Sama

Tak jarang perempuan tidak diberi jenjang karir yang sama karena alasan harus mengasuh anak, sehingga mereka kesulitan untuk naik dari staf hingga posisi teratas. Pembatasan ini hanya akan menyia-nyiakan potensi yang dimiliki pegawai perempuan tersebut. Jelas banyak profesi tingkat atas yang membutuhkan posisi seorang perempuan untuk memimpinnya.

Melindungi Perempuan dari Pelecehan di Tempat Kerja

Sebagai pihak yang sering dianggap lemah, perempuan sering menjadi sasaran atau objek pelecehan seksual baik fisik maupun mental di lingkungan kerja. Tentu pelecehan jenis apapun tidak layak untuk dibiarkan begitu saja. Pelecehan  juga rentan terjadi antara atasan dan pegawai yang lebih rendah, sehingga korban semakin merasa tidak berdaya dan terlalu takut untuk melapor. Jika sebuah perusahaan abai terhadap kasus pelecehan khususnya untuk perempuan, ini bisa jadi indikasi adanya ketidaksetaraan gender di sana.

Baik untuk perempuan maupun laki-laki, mereka ingin bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa mengalami tindakan tersebut. Kesetaraan gender dalam dunia kerja berarti mendukung pemberdayaan potensi-potensi yang dimiliki perempuan. Setiap perusahaan dan individu perlu memiliki keberanian untuk menyuarakan dan mewujudkan hal tersebut. Sama dengan Amartha yang telah mendukung pemberdayaan perempuan untuk dapat menjadi pemimpin dalam bisnisnya, hingga memberikan kemudahaan untuk peningkatan penghasilan pasif guna mewujudkan kebebasan finansial.

Amartha sangat mendukung penuh upaya mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan kerja, khususnya bagi perempuan, sebagai perusahaan yang menandatangani WEP pada April 2021. Membawa “7 Prinsip Pemberdayaan Perempuan”, Amartha membuat langkah-langkah kecil yang dapat ambil untuk menghilangkan hambatan yang menghalangi rekan kerja perempuan mencapai potensi penuh mereka!

Bersama wujudkan kesetaraan gender di lingkungan kerja, dimulai dari kita!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here