5 Cara Bisnis Pulsa dan Kuota dengan Modal Minim

    0
    1021
    Sumber Foto: Pexels

    Ingin Tahu Cara Bisnis Pulsa dan Kuota? Cek Di sini!

    Komunikasi menjadi bagian dasar yang sangat dibutuhkan oleh manusia agar dapat berkembang. Kebutuhan untuk bersosialisasi pun terpenuhi. Salah satu alat yang sering dipakai untuk berkomunikasi di zaman modern ini ialah smartphone

    Semakin canggihnya ponsel, kebutuhan akan pulsa dan kuota internet pun semakin meningkat. Maka, tidak heran jika makin banyak agen pulsa yang buka untuk memenuhi permintaan masyarakat yang terus meningkat.

    Nah, untuk kamu yang ingin membuka bisnis serupa, ikuti cara bisnis pulsa dan kuota ini dengan modal minim ini, ya. 

    1. Lakukan Analisis Terlebih Dahulu sebelum Mulai

    Bisnis akan dapat bertahan lama ketika kamu memulainya dengan tepat, yaitu dengan melakukan analisis SWOT terhadap pasar untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk maju usaha tersebut. 

    Analisis SWOT terdiri dari Strengths (Kekuatan dari usaha kamu), Weaknesses (Kelemahan usaha), Opportunities (Peluang usaha), dan Threats (Ancaman dari pesaing).

    Dari analisis ini, kamu akan memperoleh apa saja keunggulan dari bisnis pulsa dan kuota yang ingin dijalankan, kelemahannya, serta seberapa besar peluang usaha di lingkungan sekitar. 

    Kamu juga bisa mengamati bagaimana para pesaing menjalankan usaha mereka, kemudian mencari kelemahan mereka. Dari sana, kamu akan menemukan apa saja yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha agar lebih unggul dari para kompetitor dan dilirik oleh para calon konsumen. 

    2. Cari Distributor untuk Cara Bisnis Pulsa dan Kuota yang Tepat

    Cara menjual kuota hp bagi pemula agar bisa sukses meskipun modal yang digunakan minim, kamu bisa memilih distributor yang berkualitas. Pasalnya, ada banyak sekali agen distributor pulsa di pasaran. 

    Kamu bisa melakukan survei secara offline atau mencari review di internet. Cek apa saja produk yang ditawarkan, apakah hanya pulsa regular atau ada kuota internet, token listrik, dan yang lain.

    Pastikan pula, layanan mereka bagus dalam menghadapi komplain dan tidak terlalu sering mengalami gangguan. Pasalnya, jika distributor sering gangguan, kamu yang akan menerima amarah para customer nantinya. 

    Terakhir dan yang paling penting, pastikan distributor tersebut memberikan harga jual yang bisa memberimu keuntungan. 

    Baca Juga: 5 Bisnis Rumahan yang Bisa Dicoba Para Pelajar

    3. Tetapkan Harga Jual yang Bersaing di Pasaran

    Memang tidak mudah dalam menetapkan harga jual pulsa. Kamu bisa melakukan survei dulu berapa rata-rata harga yang ditetapkan oleh para kompetitor.

    Kemudian, cek berapa harga yang diberikan oleh distributor. Sekiranya memungkinkan, tetapkanlah harga jual yang lebih murah dari para kompetitor agar para calon pelanggan melirik dan tidak ragu untuk membeli. 

    Tentunya, pelayanan yang ramah dan tanggapan cepat terhadap komplain juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Harga murah tetapi pelayanan buruk, konsumen juga bisa kabur. 

    4. Tidak Harus Punya Konter, Bisa Mulai dari Online

    Sekarang, semua bisnis bisa dijalankan di rumah selama memiliki smartphone. Kamu bisa menjual pulsa dan kuota secara online dengan hanya memasang spanduk di beranda rumah. 

    Cara jual pulsa online mudah dengan memanfaatkan m-banking, aplikasi distributor pulsa, atau bahkan marketplace. Ada banyak diskon yang bisa diperoleh.

    Jadi keuntungan tidak hanya didapat dari margin harga beli dan harga jual, tetapi juga dari diskon/cashback/reward yang diberikan oleh para distributor. 

    5. Gunakan Lebih Banyak Server untuk Antisipasi Gangguan

    Gangguan pasti akan terjadi, apa pun layanan yang dijual kepada konsumen. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak hanya mengandalkan satu server, tetapi lebih dari satu. Ketika ada gangguan di satu server, kamu bisa langsung berpindah ke server lain. 

    Pelayanan tetap jalan, konsumen tetap senang. Penjualan pun tidak perlu berhenti. Untung semakin banyak yang diperoleh. 

    Kelima cara bisnis pulsa dan kuota itu bisa kamu lakukan jika sudah memiliki modal dan tekad kuat. Jangan lupa juga untuk selalu menginvestasikan keuntungan yang diperoleh dari penjualan ke Amartha.

    Kamu bisa dapat imbal hasil hingga 15% flat per tahun, lho. Yuk, gabung jadi pendana di Amartha sekarang. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here