5 Cara Atur Keuangan Pribadi Yang Efektif

0
81
atur keuangan pribadi
Photos by Lukas (Pexels)

Tips Efektif Atur Keuangan Pribadi

Masalah keuangan kerap kali terjadi pada setiap orang. Baik orang yang berpenghasilan rendah atau yang berpenghasilan tinggi sekalipun, akan menghadapi masalah keuangan jika tidak mengetahui bagaimana atur keuangan pribadi dengan baik dan benar. 

Seseorang yang mengalami masalah keuangan terkadang menjadi mudah stress dan frustasi. Maka dari itu penting bagi kamu mengetahui cara mengatur keuangan pribadi agar penghasilan yang didapat bisa digunakan secara maksimal. 

Terutama bagi kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan seperti karyawan, mahasiswa atau ibu rumah tangga. Dengan nilai uang yang ada, kamu bisa memaksimalkannya untuk memastikan seluruh kebutuhan terpenuhi. 

Baca Juga: 6 Tanda Keuangan Rumah Tangga Bermasalah. Yuk Cegah!

Berikut ini 5 cara atur keuangan pribadi yang dapat kamu coba : 

1. Buat Catatan Keuangan Pribadi Rutin

Dengan membuat catatan keuangan pribadi, kamu akan mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Hal ini menjadi langkah awal untuk dapat mengelola keuangan pribadimu. Kamu dapat membuat catatan keuangan perbulan atau bahkan perhari. 

Catatan keuangan ini akan memperlihatkan kemana saja aliran uang dari penghasilan yang kamu dapat. Selain itu, dengan adanya catatan ini kamu bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan dan yang harus dikurangi atau bahkan dihilangkan. 

Jika kamu memiliki goals seperti ingin membeli mobil, rumah, atau hal lain, kamu dapat menganggarkan budget khusus untuk membelinya.

2. Buat Pos untuk Setiap Jenis Kebutuhan

Kamu perlu membagi kebutuhan menjadi beberapa pos, misalnya :

  • Pos kebutuhan rutin, seperti biaya makan, listrik, pulsa, transportasi atau biaya kos/kontrakan
  • Pos utang, seperti tagihan kredit kendaraan atau tagihan kartu kredit
  • Pos tabungan atau investasi, sisihkan dari penghasilanmu untuk menabung dan berinvestasi untuk masa depan
  • Pos lain-lain, seperti dana cadangan, asuransi atau biaya untuk belanja diluar kebutuhan pokok

3. Hindari Sifat Konsumtif

Godaan berbelanja pasti selalu ada, terutama bagi kaum wanita. Iming-iming diskon selalu menarik dan terkadang membuat kita membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Daripada membuang uang secara percuma, sebisa mungkin hindari konsumtifitas dalam berbelanja, kamu cukup membeli barang yang sekiranya memang sangat dibutuhkan. Jika ada budget berlebih barulah kamu dapat membeli barang diluar kebutuhan yang utama. 

Jangan sampai kebutuhan yang utama tersisihkan oleh barang yang tidak perlu, lalu kamu menyesal karena telah membelinya. 

Selain itu, tips lain yang perlu kamu perhatikan ketika berbelanja adalah jangan malas untuk membandingkan harga dari produk yang sejenis sehingga kamu mendapatkan harga terbaik namun dengan manfaat produk yang didapat sama.

4. Gunakan Aplikasi Atur Keuangan Pribadi

Kini sudah banyak bermunculan aplikasi atur keuangan pribadi untuk membantu mengelola keuangan pribadi yang dapat kamu unduh secara gratis. Aplikasi semacam ini memudahkan kamu dalam hal atur keuangan pribadi agar lebih efektif dan efisien.

Kebanyakan aplikasi yang tersedia saat ini sangat mudah digunakan. Kamu juga dapat megunduhnya di smartphone sehingga dapat mengeceknya setiap saat. Maksimalkan penggunaan teknologi yang sudah semakin berkembang.

5. Cari Penghasilan Tambahan 

Jika memungkinkan, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan agar dapat menambah penghasilan kamu, misalnya berjualan online. Sesuaikan dengan keahlian, budget, dan waktu yang kamu miliki.

Untuk mencari penghasilan tambahan, kamu juga bisa mencoba berinvestasi di P2P Landing Amartha. Dengan modal 100 ribu rupiah saja kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Tidak sulit bukan untuk mengatur keuangan? Yuk mulai dari sekarang atur keuangan pribadi kamu untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here