5 Aplikasi Edit Foto Gratis yang Wajib Pemilik UMKM Tahu!

0
29

Beberapa waktu belakangan, trend menyunting foto cukup berkembang luas di tengah masyarakat. Hal ini disebabkan karena proses penyuntingan gambar ini sudah ditunjang dengan aplikasi edit foto gratis. 

Aplikasi edit gambar ini memungkinkan pengguna media sosial seperti Instagram maupun praktisi fotografi dengan berbasis smartphone dapat menyunting foto dengan ringkas. 

Aplikasi edit foto digunakan secara umum sebagai sebuah penunjang pengguna medsos untuk mempresentasikan foto yang diambil. Dengan menggunakan aplikasi ini, beberapa orang bisa tampil dengan percaya diri untuk mengunggah foto di berbagai media sosial. 

Pilihan Aplikasi Edit Foto Gratis

Berikut beberapa aplikasi edit foto yang dapat kita akses secara gratis dari smartphone, antara lain:

1. Adobe Lightroom

Aplikasi yang pertama adalah Adobe Lightroom. Adobe Lightroom adalah aplikasi yang bisa digunakan dengan gratis serta dapat menghasilkan foto secara profesional. Adobe Lightroom memiliki fitur penyuntingan yang lengkap. 

Sayangnya, Adobe Lightroom ini akan memakan cukup banyak memori di ponsel kita. Meskipun demikian, Adobe Lightroom bisa membantumu untuk mengedit foto agar menjadi lebih halus. Dengan menggunakan Adobe Lightroom, kamu bisa mengatur pencahayaan serta menerapkan sunting otomatis. 

2. Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto gratis di HP yang lainnya adalah Adobe Photoshop Express. Adobe Photoshop Express sebenarnya memiliki fitur yang sama dengan aplikasi yang sebelumnya seperti pada kontras, eksposur serta pewarnaan foto.

Tetapi, beberapa fitur lain seperti sinkronisasi penyimpanan tidak ada dalam Adobe Photoshop Express. Salah satu keunggulan yang dimiliki Adobe Photoshop Express adalah lebih ringan serta memiliki akses gratis yang lebih luas dibandingkan dengan Lightroom. 

Dengan menggunakan Adobe Photoshop Express, kamu dapat menemukan filter foto yang paling pas untukmu serta membuat kolase dari berbagai macam foto dalam satu frame. 

3. Aplikasi Edit Foto dengan VSCO

Pilihan aplikasi berikutnya adalah VSCO. VSCO sebenarnya merupakan aplikasi sederhana yang bekerja sebagai penyunting foto, sinkronisasi kamera, serta komunitas medsos. VSCO bisa digunakan secara gratis dengan berbagai macam filter bertema nostalgia. 

Bukan hanya itu, VSCO juga memungkinkan pengguna memberikan sentuhan pada foto dengan lebih luas.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang Dengan Miliki Skill Ini, Yuk! Pasti Menguntungkan

4. Snapseed

Bila kamu ditanya, apa aplikasi edit foto gratis yang cukup santer terdengar beberapa waktu belakangan ini, Snapseed menjadi jawabannya. Snapseed bisa dikatakan hampir mempunyai semua fitur baik fitur manual atau fitur otomatis yang bisa digunakan dengan mudah oleh penyunting pemula. 

Snapseed adalah aplikasi gratis yang memiliki alat penyuntingan cukup banyak. Dengan menggunakan Snapseed, kita bisa mengontrol masalah eksposur serta pewarnaan. 

Tidak hanya itu, Snapseed juga memiliki berbagai macam filter seperti vintage, black and white, blur hingga HDR. Selain itu pengguna juga dapat membuat filter mandiri serta disimpan dalam akun Snapseed. 

5. Pixlr

Dulunya, Pixlr dikenal dengan nama Pixlr Express. Pixlr membantu pengguna mengedit gambar dari berbagai moment dengan sejumlah efek, filter dan overlay dengan gratis. 

Beberapa fitur utama yang dimiliki Pixlr seperti pengaturan rasio, kolase foto, penyesuaian background sampai memperbaiki warna foto dengan otomatis. Sedangkan efek utama yang dimiliki Pixlr seperti Color Splash, Stylize, Focal Blur.Jadi, dari berbagai aplikasi edit foto gratis di atas, mana yang akan kamu jadikan sebagai pilihan? Selain memilih aplikasi yang tepat, kamu juga harus memilih produk investasi yang pas. Salah satunya, kamu bisa memilih microfinance marketplace fintech Amartha, di sini kamu dapat menjadi pemberi dana (lender) serta memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here