5 Alasan Pinjaman Modal Usaha UMKM Dukung Ekonomi Bangkit

0
40
ilustrasi pinjaman modal usaha umkm
ilustrasi pinjaman modal usaha umkm, sumber: www.freepik.com

Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha seringkali menjadi salah satu solusi atau justru kewajiban saat ingin membangun sebuah bisnis. Saat ini siapa saja bisa membangun bisnis, namun sayanganya tak semua orang mampu menjalankannya. Modal usaha yang cukup banyak adalah salah satu penyebab utamanya. Mulai dari membangun hingga mengembangkannya, tentu memerlukan modal usaha yang tak sedikit, terutama untuk bertahan di tengah situasi sulit.

Peyebab ini juga yang sering menjadi batu sandungan para pemilik UMKM untuk membuka peluang usaha. Ketika transaksi sebuah bisnis berjalan lancar, bisnis pun bisa berjalan dengan baik. Namun sebaliknya bila tidak, arus kas akan terganggu, pemasukan berkurang hingga berdampak pada jalannya bisnis itu sendiri. 

Alasan Pelaku Bisnis UMKM Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Jika kamu saat ini sedang merintis usaha UMKM yang sejauh ini sudah berhasil memiliki bisnis yang tengah berjalan dengan modal sendiri, tak ada salahnya untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Hal ini dikarenakan ada saat di mana kamu akan membutuhkan modal tambahan agar bisnis semakin berkembang. Beberapa alasan yang dirangkum di artikel ini akan menunjukkan pinjaman modal bisa memberi dampak positif yang bagi para pelaku bisnis membutuhkannya.

1. Menyelamatkan Usaha dari Risiko Kebangkrutan

Bagi bisnis yang baru merintis atau pemilik UMKM, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan menjadi masalah yang harus ditangani secepatnya. Keterbatasan dana dalam cost produksi seperti pembayaran vendor, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, serta biaya-biaya lain seringkali tak bisa menunggu. Untuk mencegah banyaknya biaya yang harus ditutupi, maka kamu bisa mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas keuangan.

2. Berdampak Positif dengan Meminimalisir Tindakan PHK tenaga kerja

Selain dari mencegah kebangkrutan, pinjaman modal usaha juga akan berguna untuk meminimalisir tindakan PHK tenaga kerja. Artinya juga, bisnis UMKM kamu akan membantu membuka lapangan pekerjaan dan menyejahterakan lingkungan sekitar agar rantai bisnis tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Amartha Dorong Transformasi Digital Perempuan UMKM di Indonesia

3. Pinjaman Modal Usaha untuk Merawat dan Memperluas Perlengkapan

Setiap bisnis, termasuk bisnis UMKM tentu membutuhkan peralatan untuk dapat berjalan dengan lebih optimal. Belum lagi perawatannya, agar aset yang dimiliki tetap dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif tepat untuk pelaku usaha UMKM membeli perlengkapan bisnis demi mendongkrak aktivitas bisnis.

4. Dukung Ekonomi Bangkit dengan Ekspansi Bisnis

Tak perlu takut akan menjadi hutang di kemudian hari, melakukan pinjaman usaha bisa jadi jalan menuju bisnis yang lebih besar. 

Seperti yang kita ketahui, akses permodalan melalui fintech lebih mudah dan cepat. Tidak seperti lembaga keuangan konvensional yang menetapkan sejumlah syarat tertentu yang terkadang memberatkan pihak peminjam. Melakukan pinjaman di P2P Lending biasanya juga tanpa jaminan.

Misalnya saja di Amartha,hingga saat ini Amartha telah berhasil menghubungkan investor dan mitra usaha UMKM dengan total dana tersalurkan pendanaan sebesar 2,5 triliun rupiah di periode 2021. Dengan rata-rata meningkatkan pendapatan hingga 59, 5% mitra UMKM di Amartha.

5. Mendapat Dukungan Mental dan Sosial dari Komunitas UMKM

Contohnya di Amartha, akses pinjaman modal usaha yang diberikan tidak terbatas pada pemberian sejumlah uang, namun juga support system yang dapat memberi dampak pada peningkatan kualitas hidup para pemilik usaha UMKM. Di Amartha, pengajuan pinjaman dilakukan secara berkelompok sehingga dapat membangun rasa saling percaya dan dukungan terhadap sesama anggota. Amartha juga memberi pendampingan pelatihan dan saling berbagi perkembangan usaha masing-masing.

Setelah membaca penjelasan mengenai pinjaman modal usaha di artikel ini, tentu akan menambah semangat untuk mengembangkan usaha, bukan? Jadi, jangan ragu untuk mengecek website p2p lending terpercaya, seperti di Amartha. Di mana para lender (pemberi dana) dan borrower berkumpul dan jadilah salah satunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here