5 Alasan Pentingnya Memberikan Self Reward

0
308
self reward
Sumber Foto: Pexels

Temukan Alasan Mengapa Self Reward itu Penting

Apakah prinsip wortel dan tongkat masih berfungsi di dunia saat ini? Jawaban singkatnya adalah ya. Sistem penghargaan dan hukuman masih berfungsi dan kamu dapat memanfaatkannya untuk membangun kebiasaan baik yang membantu dalam mencapai tujuan lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memberikan self reward atas kerja keras yang telah dilakukan.

Hal ini sesuai dengan kalimat yang diucapkan oleh Gretchen Rubin dalam bukunya yang berjudul Better Than Before. Rubin berkata, “Ketika kita memberi diri kita suguhan, kita akan merasa berenergi, puas, dan diperhatikan, yang dapat meningkatkan penguasaan diri kita dan penguasaan diri dapat membantu kita mempertahankan kebiasaan sehat kita.” 

Self reward dalam psikologi, dengan memberikan sedikit suguhan atau penghargaan kepada diri sendiri atas semua upaya yang sudah dilakukan, akan memunculkan rasa lega dan puas. Sebab, jika kamu tidak melakukan itu, rasa kesal dan marah akan mudah muncul. Seakan kamu capek bekerja tetapi tidak ada yang memberi penghargaan sedikit pun. 

Baca Juga: Bisakah Menerapkan Work Life Balance di Tengah Pandemi?

Inilah 5 alasan sederhana mengapa penting untuk menghargai diri sendiri atas usaha yang sudah dilakukan. 

1. Hadiah Membuat Kamu Merasa Baik dan Mendorong untuk Berkembang Lebih Jauh

Sewaktu kecil, ketika kamu berhasil mendapatkan juara kelas atau nilai bagus, apa yang kamu dapatkan? Sudah pasti hadiah dan ucapan selamat dari orang-orang sekitar. 

Ketika dewasa, itu juga kamu perlukan terutama dari diri sendiri. Pasalnya, dengan memberi diri sendiri sebuah reward, mood akan semakin membaik dan keinginan untuk berkembang akan semakin tinggi. 

2. Self Reward Berfungsi sebagai Penguatan Positif

Menghubungkan kerja keras kamu dengan penghargaan secara efektif tidak hanya memberi waktu untuk istirahat mental, tetapi juga dapat memotivasi untuk melakukan lebih banyak lagi. Ketika kamu melakukan hal baik, pasti cenderung untuk mengulang kembali. Inilah yang dimaksud dengan penguatan positif. 

Hal ini sudah dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Ketika mereka gagal, mereka bangkit kembali. Ketika berhasil, mereka memberi penghargaan atas keberhasilan tersebut. Contoh self reward paling sederhana dengan membeli coklat atau camilan kesukaan ketika sukses melakukan sesuatu yang sudah menjadi tujuan. 

3. Karena Kamu Pantas Mendapatkannya

Mengapa kamu ingin menghargai diri sendiri? Jawabannya sederhana, karena kamu layak untuk memperolehnya sebab sudah mencurahkan kerja keras selama ini. 

Anda tidak bisa hanya bekerja, bekerja, bekerja, dan bekerja secara terus menerus. Sebab, suatu saat nanti, kamu akan berada di titik merasakan kekosongan dan tidak merasakan apa pun dari hasil kerja keras tersebut. Maka, jangan pernah berpikir jika kamu tidak pantas untuk memanjakan diri dengan hadiah, sekecil apa pun itu. 

Selain itu, jika kamu bekerja tanpa istirahat atau memberi hadiah pada diri sendiri, kamu akan mulai mengalami kelelahan. Kamu juga akan segera kehilangan motivasi.

4. Untuk Menghargai Diri Sendiri atas Kerja Keras yang Sudah Dilakukan

Kamu mungkin sering merendahkan diri ketika merasa tidak berhasil dalam mencapai tujuan. Jika kamu bisa keras pada diri sendiri bahkan ketika tidak perlu, lantas kenapa tidak menghargai diri dengan memberi hadiah? 

Dengan memberi penghargaan pada diri sendiri secara teratur, kamu bisa mengakui pencapaian yang diperoleh, alih-alih memikirkan kelemahan apa pun yang mungkin dirasakan. 

5. Memberi Kesenangan dan Perasaan Lega 

Salah satu manfaat self reward adalah perasaan merasa lega dan bahagia. Hidup pun akan lebih tenang. Kamu puas dengan pencapaian itu dan ingin berusaha menjadi yang lebih baik lagi. Supaya bisa melakukan lebih banyak yang menyenangkan. 

Self reward tidak harus dalam bentuk camilan, makanan, atau jalan-jalan. Kamu bisa juga dengan mengalihkannya dalam bentuk investasi berdampak bersama P2P Lending Amartha.

Imbal hasil hingga 15% flat per tahun akan diperoleh. Kebahagiaan karena bisa membantu para pelaku usaha mikro juga tersalurkan. Jadi, ayo mulai bergabung bersama Amartha dan gerakkan ekonomi menengah melalui pendanaan dari kamu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here