5 Alasan Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

0
63

Manfaat Kebiasaan Menabung Sejak Usia Dini

Menabung yang diajarkan sejak usia dini menjadi salah satu langkah awal yang baik untuk mengajarkan literasi keuangan. Kebiasaan menyisihkan sebagian uang untuk disimpan bisa dimanfaatkan sebagai tabungan masa depan atau digunakan saat kondisi darurat. 

Kamu bisa membelikan tabungan dengan bentuk yang menarik atau mengajak anak untuk melihat proses menyimpan uang melalui bank secara langsung. Dampak pemberian pemahaman akan pentingnya menyisihkan sebagian uang sejak dini akan terasa hingga mereka berkeluarga. 

Itu sebabnya hal tersebut sebaiknya diajarkan sejak usia dini. Beberapa manfaat menabung jika dilakukan sejak kecil diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Belajar Disiplin

Manfaat pertama ketika mengajarkan anak untuk menyimpan sebagian uang jajan yang dimilikinya sejak kecil adalah bisa membentuk sikap disiplin. Jika dilakukan secara konsisten, maka seiring berjalannya waktu anak akan langsung menyisihkan uangnya tanpa perlu diingatkan lagi.  

2. Belajar Mandiri dan Memahami Konsep Dana Darurat

Dengan rajin menyimpan sebagian uang jajan yang dimiliki secara tidak langsung membuat mereka belajar mandiri. Contohnya, kamu meminta anak untuk menyisihkan uang jajannya ketika ingin membeli mainan. 

Dengan cara ini anak akan belajar untuk menyesuaikan kapan bisa membeli barang yang diinginkan dengan hasil tabungannya. Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan tentang konsep dana darurat .

Ajarkan konsep tersebut sambil memberikan pengertian bahwa di masa depan akan menemukan kondisi tak terduga yang membutuhkan keuangan mendadak.  

3. Melatih Hidup Hemat

Menabung sejak dini sama dengan melatih dan memotivasi anak untuk hidup hemat. Dengan membiasakan untuk membeli sesuatu sesuai kebutuhan dan tidak berbelanja berlebihan. 

Mengajak anak untuk menyisihkan sebagian uang jajan akan membentuk kebiasaan berhemat saat dewasa nanti. Selain itu, kebiasaan positif ini akan membuat anak terhindar dari gaya hidup konsumtif.

Baca Juga: 6 Cara Mengenalkan Konsep Financial Kepada Anak

4. Belajar Menghargai Uang 

Pentingnya menabung perlu ditanamkan kepada anak sejak kecil agar mereka bisa belajar menghargai uang. Kamu bisa memberikan pengertian bahwa mencari uang tidaklah mudah karena memerlukan usaha dan tekad yang kuat. 

Dengan belajar menyisihkan sebagian uang untuk disimpan akan membuat anak terbiasa hidup secara sederhana. Selain itu, mereka juga terbiasa tidak mengeluarkan uang secara berlebihan untuk membeli barang-barang yang kurang penting. 

Jika memiliki anak usia remaja, kamu bisa menyarankan untuk berwirausaha. Misalnya, berjualan dengan sistem dropship, membuat aksesoris untuk dijual ke teman sekolah, dan bisnis sederhana lainnya. 

Dengan cara ini, mereka akan mengerti bagaimana sulitnya untuk menghasilkan uang dari usahanya sendiri. Dampak positifnya, mereka akan akan lebih giat lagi untuk meningkatkan uang tabungannya. 

5. Belajar Mengatur Keuangan

Dengan mengajarkan anak untuk tidak boros dan menyisihkan uangnya untuk disimpan, secara tidak langsung akan mengajarkan mereka untuk mengatur keuangannya sendiri. 

Kebiasaan menabung dan tidak menghambur-hamburkan uang sejak dini akan membuat mereka memahami cara menggunakan uang secara bijak. Cobalah untuk membiarkan anak membeli barang yang diinginkan dari sisa uang jajan yang telah disisihkannya selama beberapa waktu. 

Hal tersebut akan membuat mereka belajar untuk mengatur keuangannya sendiri mulai dari menentukan jumlah uang yang harus disisihkan setiap harinya hingga memperkirakan kapan bisa membeli barang yang diinginkan dari hasil tabungannya tersebut. 

Kebiasaan menyimpan sebagian uang di tabungan memang harus dilakukan sejak usia dini. Sebab, hal tersebut memberikan banyak manfaat mulai dari belajar cara menghargai uang yang dimilikinya hingga bisa mengatur keuangannya sendiri. 

Selain menabung, kamu juga bisa mengajarkan anak untuk ikut berinvestasi di microfinance marketplace Amartha yang terjamin keamanannya. Selain mendapatkan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun, kamu juga mengajarkan anak untuk ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan perempuan pengusaha mikro. Yuk, segera berinvestasi bersama anak di Amartha.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here