5 Alasan Kenapa Amartha Menjadi Best P2P Lending di Indonesia

|

|

|

Kemajuan teknologi mau tidak mau menelurkan inovasi di berbagai sektor. Di sektor keuangan, pesatnya perkembangan teknologi memunculkan inovasi bernama Financial Technology (Fintech).

Seiring waktu, bisnis Fintech, terutama yang berjenis Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang. Pasalnya, keberadaan fintech P2P Lending ini memberikan akses pendanaan kepada masyarakat yang tidak terjangkau lembaga keuangan konvensional seperti bank.

Berdasarkan data OJK, jumlah fintech P2P Lending terdaftar dan berizin di OJK saat ini telah mencapai 148 perusahaan. Adapun, salah satu platform P2P Lending Produktif yang aman dan tepercaya adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P Lending yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Sejak didirikan di tahun 2010, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.24 Triliun kepada lebih dari 600.000 perempuan tangguh di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Karena itu, tidak heran jika Amartha menjadi satu-satunya fintech P2P Lending yang masuk Daftar 250 Startup Fintech Paling Menjanjikan Tahun 2020 kemarin. Penghargaan Internasional ini sendiri diberikan oleh CB Insights yang merupakan perusahaan riset industri terkemuka di dunia khususnya bagi perusahaan rintisan (startup).

Mau tahu kenapa Amartha bisa menjadi Best P2P Lending di Indonesia? Berikut 5 alasannya!

1. Punya Imbal Hasil Menarik

Seperti yang sudah diketahui, berinvestasi pada P2P Lending dapat memberikan imbal hasil yang fair bagi para investornya. Beberapa platform bahkan menyediakan layanan yang memungkinkan investornya dapat menarik dana yang mereka miliki setiap minggunya, dengan akses yang mudah seperti pada platform Amartha. Kamu bisa meraih imbal hasil yang dinamis di rata-rata 15% p.a sesuai dengan profil mitra usaha yang akan didanai.

2. Resmi Terdaftar dan Diawasi OJK

Sejak tahun 2019, Amartha telah resmi terdaftar pada administrasi Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-2491/NB.111/2017, sehingga layanan yang disediakan untuk menghubungkan pelaku usaha mikro di sektor ekonomi informal dengan pemberi modal atau investor, kini lebih aman dan transparan.

3. Sudah Mendapat Banyak Pengakuan Internasional

Selain penghargaan dari CB Insights, Amartha mendapatkan sertifikasi sebagai perusahaan fintech berdampak sosial dari GIIRS (Global Impact Investing Rating System) dengan peringkat tertinggi yaitu Platinum.

Selain itu, Amartha juga diakui sebagai perusahaan dengan solusi inovatif untuk pembiayaan UKM (Innovative Solutions for SME Financing) oleh FinTech Rocketship Awards Programme 2020, sebuah program yang diinisiasi dari kerjasama Perdana Menteri Inggris dan India sejak tahun 2018.

4. Menghadirkan Premi Penjaminan Asuransi

Untuk meminimalisir risiko yang terjadi, Amartha juga menghadirkan opsi asuransi saat mendanai mitra usaha. Proteksi ini berguna untuk mengelola risiko dan memberikan gambaran investasi yang lebih terprediksi, sehingga sebagai investor dapat fokus untuk mengelola dana milikmu sesuai dengan profil risiko pribadi. Apabila mitra mengalami gagal bayar, maka sisa dana pokok kamu dapat kembali sebesar 75 persen.

5. Punya Sistem Group Lending

Hal lain yang dilakukan oleh Amartha untuk menghindari terjadinya kegagalan pembayaran yaitu dengan menjalankan sistem Group Lending kepada para mitranya. Group lending sendiri adalah kewajiban bagi calon anggota untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 15-25 orang dalam satu wilayah.

Dengan adanya sistem kelompok ini, akan memberikan rasa tanggung jawab pada masing-masing peminjam karena bila ada anggota yang tidak bisa membayar maka anggota lain wajib melakukan tanggung renteng.

Sistem tanggung renteng yang dilakukan oleh Amartha, memberikan jaminan keamanan kepada para investor yang telah menginvestasikan dananya untuk disalurkan sebagai modal bagi para pelaku UMKM di pedesaan.

Itulah 5 alasan kenapa Amartha bisa menjadi Best P2P Lending di Indonesia. Makanya, yuk bergabung di Amartha!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...