4 Tokoh Investor Perempuan Terkemuka dan Strategi Investasinya

0
325
investor perempuan
Ilsutrasi Investor Perempuan. Photos by LightFieldStudios (istockphoto)

Bicara soal tokoh investasi, pasti kita lebih mengenal Warren Buffett daripada Abigail Adams atau Geraldine Weiss. Mereka adalah investor perempuan yang sukses dan terkenal di tingkat dunia.

Para perempuan ini melakukan investasi dengan caranya yang unik. Sebut saja Geraldine Weiss yang mulai investasi dari sisa pendapatan sang suami. Ada juga Hetty Green yang berinvestasi dari hasil warisan sang ayah. Mereka memiliki strategi investasi yang masih relevan hingga saat ini.

Berikut ini Money+ rangkum 4 investor perempuan di dunia yang berhasil mengumpulkan kekayaan. Yuk simak!

4 Tokoh Investor Perempuan Terkemuka

1. Geraldine Weiss

Geraldine Weiss adalah investor, analis, penulis, dan pengajar yang paling sukses dan produktif di dunia keuangan. Bahkan ia dijuluki sebagai Ratu Agung Dividen.

Weiss merupakan ibu rumah tangga yang mulai melakukan investasi dengan pendapatan suaminya. Selanjutnya ia memulai karir dengan mendirikan Investment Quality Trends (IQT) di tahun 1996.

Strategi investasi yang diterapkan oleh Weiss adalah melakukan investasi saham bluechip dan fokus pada dividen. Dari perjalanannya itu, ia mendapatkan keuntungan tahunan 11,2 persen.

2. Kathy Xu

Investor asal China ini dikenal atas kebijaksanaan dan keputusannya yang cerdik dalam berinvestasi. Ia adalah tipe yang melakukan investasi jangka panjang. Tak heran ia masuk di posisi keenam di daftar investor venture capital paling berpengaruh.

Salah satu investasi yang dilakukan oleh Kathy Xu adalah menanamkan modal pada perusahaan e-commerce JD.com. Ia mulai investasi dengan modal USD 18 juta dan mendapatkan keuntungan USD2.9 Miliar.

Strategi investasi Kathy Xu sangat bisa kita contoh. Pasalnya, ia melakukan hal dasar sebelum investasi yaitu menentukan dan mengevaluasi secara mendalam mengenai perusahaan atau instrumen investasi yang akan dipilih.

Baca Juga: Alasan Kenapa Perempuan Lebih Jago Investasi Dibanding Laki-laki

3. Abigail Adams

Abigail Adams dijuluki sebagai investor wanita pertama dalam sejarah investasi di Amerika Serikat.

Menurut sejarawan, Abigail Adams adalah wanita pertama yang mendapatkan keuntungan investasi hingga 400% dan digunakan untuk mendukung hak wanita Amerika pada saat itu seperti menghapus perbudakan dan meningkatkan pendidikan.

Strategi yang dijalankan Abigail dalam mengelola portofolio investasi miliknya yaitu dengan “membeli rendah dan menjual saat tinggi”.

4. Hetty Green

Perempuan yang dijuluki sebagai Penyihir dari Wall Street ini berhasil menyembunyikan identitasnya di lantai perdagangan Wall Street.

Hetty Green terjun ke dunia investasi atas warisan dari ayahnya. Ia bergantung pada pembelian saham jangka panjang di sejumlah industri dan menghindari pembelian spekulasi yang saat itu giat dilakukan.

Green memiliki kebiasaan membawa tas yang berisi uang tunai untuk keperluan peminjaman. Ini merupakan salah satu cara kaya raya menurut versinya. 

Kamu juga bisa menjadi perempuan sukses dan investor seperti mereka lho. Kini sudah banyak instrumen investasi yang bisa kamu jadikan tempat untuk membangun portofolio, salah satunya adalah perusahaan investasi P2P Lending Amartha.

Di Amartha, kamu bisa berinvestasi dengan modalin perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan dan mendapatkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk investasi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here