4 Tips UMKM Go Digital Bagi Semua Pemilik Usaha

0
282
Ilustrasi tips UMKM go digital. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi tips UMKM go digital. sumber: www.istockphoto.com

Tips UMKM Go Digital merupakan suatu hal yang harus dipahami, khususnya bagi kamu yang sedang menjalankan usaha tersebut. Dengan demikian, kamu sebagai pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah bisa lebih mudah beradaptasi untuk mengelola bisnis di era digital saat ini. 

Sudah tidak diragukan lagi jika kemudahan beradaptasi adalah suatu hal positif yang sebaiknya diraih oleh para pegiat UMKM di era digital saat ini. Supaya kamu tidak terlewat, ikutilah sejumlah tips UMKM untuk go digital dengan membaca artikel satu ini!

4 Tips UMKM Go Digital

Perlu kamu ketahui, Go Digital merupakan suatu keharusan agar UMKM milikmu mampu bersaing dengan kompetitor. Untuk bisa melakukan Go Digital secara efektif, maka kamu sebaiknya menerapkan sejumlah tips di bawah ini:

Memahami Betul Seputar Tujuan dari Go Digital

Tips UMKM Go Digital yang pertama yakni mengharuskanmu benar-benar paham mengenai tujuan mengapa harus terjun ke dunia online. Pada intinya, kamu harus tahu bahwa Go Digital tidaklah cuma mendaftarkan nama bisnis di lokapasar daring. 

Akan tetapi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tersebut wajib menemukan pasar atau konsumen baru, mengoptimalkan efektivitas kerja, serta mengembangkan peluang usaha yang tengah dikelola saat ini.  

Memanfaatkan Peralatan dan Layanan Digital

Cara UMKM naik kelas adalah dengan memanfaatkan betul peralatan dan layanan digital. Contohnya yakni menggunakan e-commerce untuk memperjualbelikan produk atau layanan. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk beriklan secara digital.

Sebagai pemilik UMKM, kamu dapat pula mendaftarkan usaha menggunakan Google Bisnisku serta meningkatkan efektivitas UMKM melalui surat elektronik, kalender, platform layanan virtual meeting, hingga penyimpanan cloud.  

Sedangkan untuk cara mengembangkan UMKM supaya lebih luas, bisa menggunakan website atau blog untuk memuat artikel SEO. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, kamu bisa menggunakan Google Analytic. 

Memahami Perilaku Konsumen

Sebagai pemilik atau pengelola UMKM yang siap Go Digital, maka kamu sebaiknya paham betul seputar keinginan dan perilaku konsumen. Sebab, menurut mereka, berbelanja daring memerlukan kewaspadaan agar tidak mudah tertipu atau rugi. 

Memiliki pemahaman yang baik tentang konsumen merupakan salah satu tips bisnis UMKM yang perlu kamu pahami supaya kamu piawai dalam menangani hal tersebut. Misalnya dengan menyediakan fitur obrolan atau chat di laman depan website resmi usahamu. 

Dengan begitu, kamu bisa menjangkau konsumen dengan mudah. Kamu bisa mengetahui apa keinginan, kebutuhan, dan preferensi yang mereka cari ketika menemui usahamu. Selain itu, kamu pun bisa menyediakan kolom testimoni. 

Meningkatkan Kemampuan Digital

Tips UMKM Go Digital ini pastinya menghimbau pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan digital mereka. Nah, bagi kamu yang belum menguasai satupun keahlian digital, maka sebaiknya segeralah untuk mulai mempelajarinya. 

Bagi kamu yang masih mempelajarinya, maka sebaiknya tingkatkan ke jenjang lebih tinggi. Dengan begitu, kamu bisa lebih optimal dalam mengelola dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah secara digital. 

Kamu bisa mengasah kemampuan digital dengan mempelajari dan mendalami search engine optimization, iklan internet mulai dari Google Ad, Instagram Ads, dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya kamu mempelajari sistem pembayaran online

Perlu diketahui, kemampuan digital merupakan suatu aspek penting dalam UKM Go Digital yang berguna untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Intinya, cara ini adalah pondasi untuk menjalankan UMKM milikmu secara online atau digital. Nah, itulah sejumlah informasi seputar 4 tips UMKM Go Digital.

Nah, kamu juga bisa loh berkontribusi dalam mendukung UMKM Indonesia untuk tetap maju dengan cara berinvestasi dan menjadi lender di Amartha. Selain berdampak positif, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, mulai dengan modalin Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here