4 Tips Pintar Mencari Partner Bisnis

|

|

|

Dalam berbisnis, mencari partner bisnis bukan hal yang mudah dilakukan. Sebab, jika kamu salah memilih, maka bisnis rintisanmu yang jadi taruhannya. Kamu perlu pintar-pintar dalam mencari dan memilih partner bisnis.

Ada banyak kasus dimana usaha bisnis menjadi berantakan karena cek-cok antara partner bisnis, yang buntut-buntutnya bukan hanya merugikan pebisnis itu sendiri melainkan juga para klien.

4 Tips Pintar Cari Partner Bisnis

Nah, berikut ini adalah beberapa tips pintar dalam mencari partner bisnis!

1. Cari Partner Bisnis yang Keahliannya Melengkapimu

Tips pertama adalah mencari partner bisnis yang punya keahlian berbeda dan saling melengkapi untuk membuat bisnismu sukses. Semakin beragam keahlian masing-masing partner bisnismu, semakin jelas pembagian kerja dan kekuatanmu.

Misalnya, jika kamu adalah seorang visioner kreatif, partner bisnis yang harus kamu cari adalah administrator yang membawa perencanaan dan ketertiban bisnismu menjadi lebih baik lagi.

Kemitraan memiliki keuntungan yang maksimal ketika kedua orang yang bersinergi mampu melakukan fungsi yang berbeda.

2. Cari yang Punya Visi dan Misi Sama

Pastikan bahwa kamu dan calon partner bisnismu memiliki kesamaan visi dan misi.  Kalau visi dan misi kalian berdua berbeda akan sulit rasanya menjalankan bisnis bersama-sama. Kamu dan partner bisnismu akan sering berselisih paham.

Kalau terus-terusan berselisih paham, bagaimana bisnis bisa jalan dan maju?.

Sebaliknya, jika memiliki visi dan misi yang sama maka kamu dan partner bisnismu akan saling dukung, kompak serta bantu dalam mengembangkan bisnis, sehingga usaha akan cepat maju.

3. Cari yang Memahami Bisnis Milikmu

Penting bagi partner untuk memahami bisnis yang kamu jalani. Jangan mencari partner hanya karena kebutuhan modal saja, karena nantinya kamu juga yang akan repot.

Bagaimana jika partner kamu tidak paham dengan bisnis tersebut?

Satu-satunya jalan adalah mengajari sang partner dan memulai bisnis dengan perlahan-lahan. Tetapi bukannya bisnis erat hubungannya dengan kecepatan dan efisiensi? Jadi sebaiknya kamu tidak perlu menghabiskan waktu dengan partner yang masih terhitung pemula.

5 Cara Membangun Networking Untuk Bisnis Kamu

4. Cari Partner Bisnis dengan Kredibilitas Baik

Jangan terburu-buru memilih partner karena kamu sudah sangat berambisi untuk memulai bisnis. Jangan juga asal comot partner yang bermodal besar tapi kamu tidak kenal siapa dia.

Ada baiknya kamu mempelajari latar belakangnya secara teliti. Pastikan si calon itu memiliki pengalaman bisnis yang baik dan tidak memiliki rekam jejak yang buruk, misal sering meninggalkan partner sebelumnya atau membawa lari uang perusahaan.

Well, itulah 4 tips pintar dalam mencari partner bisnis. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.