4 Tips Mudah Meraih Financial Freedom untuk Generasi Z

0
47

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus bergantung kepada orang lain atau dengan kata lain memiliki pendapatan dan keuangan yang cukup untuk menunjang hidupnya. Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk meraih financial freedom. Namun, sayangnya tidak semua orang dapat mencapainya apabila tidak memiliki strategi dan perencanaan keuangan yang baik. Biasanya, kemandirian secara keuangan ini dicapai seseorang ketika sudah memiliki jenjang karir yang baik, aset yang cukup dan rata-rata seseorang yang benar-benar mandiri secara finansial berusia 31 tahun.

Tips Meraih Financial Freedom di Usia Muda

Nah, bagaimana dengan generasi z? Apakah mungkin generasi z yang dikenal dengan gaya hidup kekinian yang suka healing dengan staycation atau self-reward bisa meraih financial freedom di usia muda? Yuk simak beberapa tips mudah berikut:

1. Spend Money Wisely

Hidup di dunia digital yang selalu terekspos sama informasi dan konten di sosial media sudah pasti banyak tantangannya nih. Salah satunya yang sering dihadapi sama generasi Z adalah fear of missing out – aka FOMO. Berlangganan banyak OTT biar ga ketinggalan series terbaru, atau ikutan hobi sepeda karena lagi trend adalah salah satu contohnya. Kalau kamu mau meraih financial freedom di usia muda maka jangan sering-sering FOMO. Bijaklah di dalam melakukan pengeluaran dan konsumsi. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Kamu dapat membuat skala prioritas atau mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan. Dengan begitu, kamu akan membuat keputusan keunganan dengan lebih bijak dan rasional.

2. Create Another Income Stream

Generasi z adalah generasi muda kelahiran 1997-2012 yang terbilang masih berusia muda, yaitu sekitar 10 – 25 tahun. Di usia ini biasanya masih banyak dari mereka yang berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun professional muda. Nah, banyak dari mereka yang memiliki pemasukan keuangan yang bersumber dari uang saku atau uang jajan.

Kalau kamu generasi z ingin meraih financial freedom di usia muda bisa nih dicoba mencari alternatif pemasukan lain. Kamu bisa nih mencoba menjadi freelancer, ngajar kursus, ikut internship, atau ngerjain side-hustle dengan buka bisnis kecil-kecilan. Selain menambah pengalaman dan portfolio kamu kegiatan tersebut juga akan menambah pundi-pundi keuanganmu. Jadi, kamu akan memiliki sumber income lain yang akan menambah aset keuanganmu. Gimana? Menarik bukan?

Baca Juga: 5 Cara Lakukan Financial Check Up Demi Kesehatan Keuanganmu

3. Raih Financial Fredoom dengan Membuat Financial Plan

Salah satu kunci di dalam mengatur keuangan agar tidak boncos adalah dengan membuat perencanaan keuangan atau financial plan. Perancanaan keuangan ini dapat kamu gunakan untuk menghitung cash flow, menyusun strategi dan financial goals, hingga mengukur net worth yang kamu miliki. Kamu juga dapat membagi perencanaan keuangan ke dalam rencana jangka pendek, jangka sedang, dan jangka panjang.

Dengan perencanaan keuangan yang matang, kamu juga dapat membagi pemasukan ke dalam beberapa kategori untuk digunakan. Seperti kategori pengeluaran untuk kebutuhan, tabungan, amal, atau kesenangan. Dengan begitu pemasukan dan pengeluaran keuanganmu akan tersusun dengan rapi. Selain itu, dengan financial plan kamu juga dapat menyusun rencana anggaran untuk emergency fund untuk keperluan yang tidak terduga.

4. Start Saving and Investing

Salah satu cara meraih financial freedom di usia muda untuk generasi z adalah dengan memulai menabung sedini mungkin. Alih-alih pergi staycation untuk healing atau melakukan self-reward, kamu dapat menggunakan uang atau modal yang kamu punya untuk ditabung atau berinvestasi. Nah, salah satu caranya adalah kamu dapat menginvetasikan uangmu di Amartha. Amartha adalah salah satu perusahaan microfinance martketplace fintech yang terpercaya karena sudah terdaftar secara resmi di OJK.

Selain itu, dengan berinvestasi di Amartha kamu juga bisa mendapat keuntungan sebesar 15% flat per tahun dan juga turut serta membangun UMKM di Indonesia karena Amartha berforkus pada menyalurkan dana kepada para permpuan pengusaha makro di Indonesia. Oleh karena itu, yuk download aplikasi Amartha dan jadi lender di Amartha untuk mendukung usaha mikro di Indonesia sekarang juga!

Author: Agnie Yunnio Wijaya Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here