4 Tips Main Saham Modal Kecil Untung Besar

0
2858

Tips main saham penting kamu ketahui apabila ingin terjun ke dunia investasi saham. Pasalnya, investasi saham dan investasi lainnya adalah investasi yang memiliki risiko.

Ada banyak risiko yang bisa kamu dapatkan dalam melakukan investasi saham, mulai dari risiko yang kecil hingga risiko investasi yang besar. Untuk meminimalisir hal tersebut maka penting mengetahui tips main saham.

Kini, kamu bisa melakukan transaksi saham dengan modal investasi yang kecil mulai dari 100 ribu. Nominal ini sangat disarankan bagi kamu para investor pemula. Meski begitu, berinvestasi saham dengan modal kecil maupun besar tetap memerlukan kesabaran serta kecermatan.

Money+ telah merangkum 4 tips main saham dengan modal kecil untung besar untuk kamu yang tertarik melakukan investasi saham. Simak tipsnya di bawah ini!

4 Tips Main Saham Modal Kecil Untung Besar

1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Terendah

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam bermain saham adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Meski begitu, pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran rendah dan biaya ringan.

Untuk setoran awalnya sendiri, paling tidak carilah perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal di bawah Rp5 juta. Hal ini penting, sebagai cara bermain saham dengan modal kecil.

Selain itu, pertimbangkan juga biaya transaksi (jual/beli saham) yang ditawarkan perusahaan tersebut. Sebaiknya, cari perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi saham paling rendah dan murah.

Baca Juga: Dear Investor Pemula, Ini Cara Main Saham Yang Aman dan Menguntungkan

2. Pilih Satu atau Dua Emiten Saham Saja

Tips bermain saham dengan modal kecil selanjutnya adalah memilih saham dari emiten perusahaan besar yang sudah dikenal publik. Kamu bisa mencari saham dengan harga di sekitar ratusan Rupiah saja per lembarnya.

Sebagai pemulaan, satu atau dua emiten saham perusahaan saja sudah cukup. Metode bermain saham dengan modal kecil ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan.

Kamu bisa membuka laman Bursa Efek Indonesia dan mulai menyeleksi perusahaan yang telah terdaftar. Kamu bisa memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan cocok dengan modal yang dimiliki. Jika sudah cukup berpengalaman, kamu bisa mulai membeli beberapa emiten saham lainnya.

3. Pakai Bantuan Aplikasi Trading Saham

Saat ini, kamu bisa melakukan investasi dengan mudah, hanya melalui smartphone. udah banyak aplikasi trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening efek. Pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

4. Cari Tahu Indeks Saham Paling Tepat

Buat kamu yang ingin melakukan bermain saham dengan modal kecil, indeks saham wajib untuk diketahui. Indeks saham merupakan portofolio imajiner yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Jika indeks saham naik, berarti harga sebagian besar saham meningkat.

Sedangkan jika indeks saham turun maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun. Sebagai pemula, sebaiknya pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30.

Pasalnya, kedua indeks itu terdiri atas perusahaan-perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Itulah beberapa tips bermain saham dengan modal kecil bagi pemula. Apabila masih bingung, kamu bisa mulai investasi di instrumen lainnya yang lebih mudah seperti investasi di Peer to Peer (P2P) Lending.

P2P Lending Sebagai Alternatif Investasi

Sumber Foto: Shutterstock

P2P Lending adalah investasi yang menghubungkan investor kepada peminjam melalui suatu platform. P2P Lending sendiri terbagi menjadi 2, yaitu P2P Lending yang dananya disalurkan untuk kebutuhan konsumtif dan P2P Lending yang dananya disalurkan untuk kebutuhan produktif.

Ciri dari P2P Lending yang aman adalah sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari segi keuntungan, P2P Lending menawarkan keuntungan yang menguntungkan sesuai standar dari OJK. Dan Amartha sudah memenuhi kriteria tersebut.

Amartha adalah perusahaan investasi yang menghubungkan investor kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Peminjam akan mendapatkan modal usaha tanpa agunan dan potongan administrasi sekaligus pendampingan usaha dan pelatihan keuangan agar bisnis yang dijalaninya dapat berkembang.

Gimana, tertarik mendanai di Amartha? Yuk daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here