4 Tips Konsisten Olahraga, Biar Badan Lebih Sehat!

0
19
Ilustrasi olahraga di rumah. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi olahraga di rumah. sumber: www.freepik.com

Olahraga sangat penting bagi kesehatan. Bekerja dari rumah selama pandemi ini membuat banyak orang lebih jarang bergerak. Kebanyakan dari kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk didepan komputer, menonton tv atau bermain ponsel di kasur. Padahal kita sadar bahwa penting untuk menjaga kesehatan dan berolahraga. Akan tetapi, sulit dirasa untuk melakukannya secara konsisten khususnya bagi para pemula. Jika kamu mengalami hal yang sama maka yuk intip penjelasan di bawah ini, terdapat empat tips agar kamu bisa konsisten rutin berolahraga :

1. Berhenti Menentukan Tujuan Spesifik

Mungkin ini berlawanan dengan banyak tips yang ada di internet. Masalah dari penetapan tujuan apalagi yang sangat spesifik menyebabkan kita memiliki cara pandang yang salah tentang “apa” yang ingin dicapai dan terjebak pada angan-angan deskripsi yang ingin kita capai. Dari pada fokus pada “apa” yang ingin dicapai fokuslah pada pertanyaan “mengapa” kita ingin mencapai tujuan tersebut. Jika belum bisa menjawab pertanyaan tersebut maka nantinya kita cenderung akan mengesampingkan olahraga dan tidak memprioritaskannya diantara kegiatan sehari-hari. Apabila olahraga sangat penting bagi kita maka kita akan menyediakan waktu untuk itu.

2. Jangan Berlebihan Dalam Berekspektasi

Lakukan olahraga seperti kebiasaan makan yang kita jalani setiap hari. Berhenti melekatkan ekspektasi terhadap setiap kemajuan olahraga.  Sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk menganggap olahraga sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari. Alhasil kita menjadi tidak gampang mengalami demotivasi jika kemajuan yang kita dapat  tidak sesuai dengan target yang kita miliki. Tidak perlu sempurna sekarang untuk bisa melihat hasil yang bagus nantinya. Patut dipahami yang paling penting adalah kita berproses dari hari kemarin. 

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat di Awal Tahun

3. Gabungkan Aktivitas Sehari-hari Sambil Olahraga

Gabungkan rutinitas olahraga dengan kebiasaan sehari-hari atau aktivitas yang kamu sukai. Misalkan kamu setiap hari menyapu rumah, coba berikan sedikit beban misalkan menyapu sambil mengangkat tas berisi botol minum, atau kamu suka menonton drama korea maka kamu bisa menonton korea sambil berlari ditempat selama 15 menit. Jika kamu suka bernyanyi kamu juga bisa mencari video YouTube senam aerobik dengan mendengarkan lagu yang kamu sukai. 

Apabila kamu masih pemula dalam dunia olahraga. Mulailah dengan olahraga yang ringan dengan durasi 15-30 menit. Sehingga lebih mudah bagi kamu untuk menetapkan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian mu.  

4. Berikan Hadiah Pada Diri Sendiri

Dorong semangat dalam diri pada saat berolahraga, contohnya ketika kamu berhasil menyelesaikan rutinitas olahraga selama dua pekan kamu bisa check out satu barang dalam keranjang e-commerce. Kamu juga bisa memberikan hadiah kecil pada setiap kemajuan yang kamu miliki, seperti  jika kamu berhasil bertahan plank  selama 1 menit, kamu bisa mandi dengan air hangat.  Jadilah kreatif dan buat pengalaman olahraga sebagai sesuatu yang kamu nantikan.

Sama seperti konsisten berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, kesehatan finansial kamu juga harus dijaga untuk persiapan masa depan. Diantaranya adalah dengan konsisten melakukan investasi. Salah satu tempat investasi yang bisa kamu pilih adalah Amartha, imbal hasil pendanaan di Amartha sampai 15% flat per tahun. 

Amartha sendiri adalah microfinance marketplace fintech di Indonesia yang telah membantu lebih dari 1.000.000 usaha wanita Indonesia. Nah, apabila kamu tertarik, kamu bisa mulai dengan modal 100 ribu rupiah untuk membantu para perempuan ultra mikro di pedesaan yang membutuhkan modal usaha.

Author: Fasricha Winna Agith

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here