4 Tips Jadi Pengusaha Sukses Seperti Erick Thohir

0
758

Baru-baru ini nama Erick Thohir, pengusaha sekaligus Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) kembali bergema karena tindakannya yang memecat salah satu petinggi perusahaan BUMN, Garuda Indonesia. Sebelum menjabat sebagai Menteri, Erick Thohir merupakan pengusaha sukses Indonesia.

Erick merupakan putra dari almarhum Mochamad (Teddy) Thohir, salah satu pemilik Astra International Tbk. Saat mengenyam bangku kuliah, Erick mengambil jurusan periklanan di Glendale University, Amerika Serikat lalu mengambil gelar master jurusan Administrasi Bisnis di National University California.

Meskipun terlahir dari orang tua yang berkecukupan, Erick dan semua saudaranya tidak memanfaatkan kekayaan orang tua untuk bermalas-malasan saja. Ayah Erick juga melarang Erick untuk melanjutkan bisnis keluarga malah menyuruhnya untuk mencari kesuksesan sendiri. 

4 Tips Pengusaha Sukses Menurut Erick Thohir

1. Passion

Erick mengaku bahwa dirinya cukup menyukai media, hiburan, dan olahraga sehingga bisnisnya gak jauh-jauh dari tiga hal itu.

Erick memulai bisnisnya pertama kali bersama teman-temannya yaitu Wisnu Wardhana, Harry Zulnardy, dan Muhammad Lutfi dengan mendirikan Mahaka Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media.

Sampai tahun 2009, Mahaka Group berkembang dan menguasai majalah a+, Parents Indonesia, dan Golf Digest. Untuk bisnis surat kabar sendiri Mahaka Group menaungi Sin Chew Indonesia dan Republika. Mahaka Group juga memiliki JakTV, GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan Female Radio. 

2. Fokus

Selain mengikuti passion, Erick juga fokus dan totalitas dalam menjalankan semua bisnisnya. Buktinya, saat bisnisnya sempat terguncang pada tahun 2006 lalu, Erick rela menjual beberapa koleksi miliknya untuk menyelamatkan bisnisnya.

Dalam dunia bisnis, Erick juga fokus dalam mengikuti tren terkini sehingga bisnisnya bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Misalnya ketika Erick berhasil menyelamatkan dan menaikkan pamor Harian Republika. Hingga kini, Republika terus menjaga eksistensinya dengan merambah ke dunia online.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Rasa Jenuh Bagi Pengusaha

3. Upgrade Kemampuan Diri

Tak hanya pekerja kantoran saja yang harus mengupgrade kemampuan diri, namun pengusaha juga. Seorang Erick Thohir adalah orang yang tidak cepat puas dengan hasil yang dimiliki. Pasalnya menurut ia perasaan cepat puas bisa membuat seseorang berada dititik kejatuhan.

Upgrade kemampuan sebagai pengusaha bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja contohnya dengan mengikuti seminar kewirausahaan, baca-baca biografi pengusaha sukses, hingga menonton acara inspiratif. 

4. Network

Tips terakhir yang dimiliki Erick Thohir dalam mengembangkan bisnisnya adalah network atau jaringan. Baginya, seorang pengusaha membutuhkan jaringan yang luas karena persaingan di dunia bisnis sangat ketat dan cepat. Hal tersebut terlihat saat Erick Thohir membeli saham Inter Milan.

Melalui network yang luas, Erick bisa berkenalan dengan Massimo Moratti dan mengakuisisi saham klub sepak bola Inter Milan. Ada juga komunitas atau klub para pengusaha di Indonesia yang bisa kamu dekati untuk menambah network.

Yuk terapkan tips dari Erick Thohir agar bisa jadi pengusaha sukses dan bisa memberikan dampak nyata untuk orang lain. Kamu juga bisa mendorong pengusaha lainnya dengan mendanai mereka di situs investasi Amartha.

Amartha adalah platform investasi P2P Lending yang menyalurkan dana kamu kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui akses permodalan, pendampingan, dan pelatihan kewirausahaan. Kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap mendanai mitra usaha.

Tak perlu khawatir karena Amartha merupakan 3 perusahaan teratas yang memiliki izin usaha OJK. Tunggu apalagi, daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here