4 Tantangan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya

0
72
Ilustrasi perencanaan bisnis. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi perencanaan bisnis. sumber: www.freepik.com

Tantangan dalam bisnis dapat muncul dari faktor eksternal ataupun internal. Satu hal yang harus ditanamkan bahwa, setiap bisnis yang hendak bertumbuh tentu akan melewati banyak tantangan. Namun, tak perlu menjadi putus asa karena setiap tantangan pasti menghasilkan jalan dan solusi baru. 

Sebab, memang tidak ada bisnis yang mudah dijalani. Setiap bisnis tentu mengalami pasang surut dan naik turun. Maka, bijaklah untuk menyikapi tantangan yang ada. Berikut akan dibahas tantangan bisnis di Indonesia dan bagaimana menghadapinya.

4 Tantangan dalam Bisnis Berikut Solusinya

Di sini akan dibahas tantangan apa saja yang biasanya dihadapi oleh para pebisnis, serta bagaimana agar kamu bisa mengatasinya. Kalau-kalau di masa depan nanti bisnismu menghadapi tantangan yang sama. 

Tidak Mendalami Bidangnya

Sebaiknya kamu tak perlu heran, masih banyak masalah pebisnis yang tidak mendalami bidang bisnis yang digelutinya. Kurang pengetahuan tentu menjadi satu tantangan yang tak bisa disepelekan. Tiap orang baru akan bisa membuat strategi bisnis yang matang apabila mendalami bidang bisnisnya. 

Tak sedikit orang yang memulai bisnis hanya karena melihat orang lain mendapat untung besar tapi enggan belajar lebih mendalam. Untuk menghadapi hal ini, sebaiknya kamu harus belajar dan terus melakukan riset serta tak segan berdiskusi dengan relasi yang sebidang. 

Kekurangan Waktu

Manajemen waktu yang buruk sering menjadi tantangan dalam menghadapi bisnis. Apalagi jika bisnis hanyalah side hustle, sehingga seringkali tak diurus dengan baik. Karena kekurangan waktu dalam mengurus bisnis, maka bisnis dapat berakhir tak terurus dan mandeg. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu harus mampu mendedikasikan banyak hal termasuk, uang, waktu dan juga tenaga. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan bisnis dengan partner atau atur manajemen waktu sebaik mungkin agar bisnis tetap dapat beroperasi.

Baca Juga: 4 Tantangan Bisnis Online yang Perlu Diwaspadai

Berpikir Bahwa Sukses itu Instan

Salah satu tantangan dalam bisnis adalah mindset yang berpikiran bahwa bisnis itu cepat sukses. Padahal sudah menjadi rahasia umum, tidak ada yang terjadi secara instan di dunia ini. Mindset seperti ini justru dapat menjadi mental block pada pemilik bisnis untuk mencapai kesuksesan. Sebab, akan takut kepada kegagalan. 

Contoh tantangan bisnis di era digital berpikir bahwa pasti sukses cepat, jadi ketika bisnis menghadapi kendala malah  menjadi down dan mudah menyerah. Untuk mengatasi tantangan dari dalam diri ini, kamu sebagai pemilik bisnis harus yakin pada kemampuan dan potensi. Terus asah dengan tak berhenti belajar. Jangan sungkan juga untuk belajar pada yang sudah berpengalaman. Pahami bahwa menuju sukses dibutuhkan proses.

Kelola Keuangan atau Finansial

Masalah ini adalah contoh tantangan bisnis selanjutnya, pengelolaan keuangan yang buruk hingga tidak ada perputaran modal. Bahkan tercampur aduk antara dana pribadi dan dana bisnis. Modal yang banyak jika tidak didukung dengan manajemen finansial yang mumpuni juga akan kesulitan terus bertahan. 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu membuat anggaran dana sejak awal. Membuat laporan harian keluar-masuk dana yang rapi juga. Serta jangan segan untuk merekrut seorang ahli di bidangnya, atau jika perlu mengkonsultasikan strategi finansial kepada konselor bisnis. 

Jangan sampai mencampurkan uang pribadi dengan uang usaha. Serta, jangan pernah mengajukan pinjaman modal besar tanpa memperhitungkan segalanya dengan baik

Demikian tantangan dalam bisnis beserta solusinya yang sering dihadapi para pemilik usaha. Selain berbisnis, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mendanai di Amartha microfinance marketplace yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. 

Keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya bisa jadi passive income yang bermanfaat di masa mendatang atau bisa jadi tambahan modal bagi bisnismu, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here